Memotret Indonesia lewat Museum

19248081_10213175004160395_8774401816830500332_n

JJI di Museum Wayang (Ist)

Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kota Tua.

Wisata ke museum yang tergolong murah itu sekaligus belajar mengenai Indonesia yang dilakukan JJI, Kamis (29/6/2017) patut diapresiasi. Pengamatan patainanews.com, ada sekitar 10 orang dewasa dan tiga anak kecil dari JJI terlihat antusias mengikuti acara kunjungan ke Museum Wayang, Museum Fatahillah, dan Museum Bahari.

Antrean masuk terlihat panjang. Kendati demikian komunitas JJI tak menyerah begitu saja dan ikut antre bersama wisnus dan wisman untuk beli tiket masuk ke Museum Wayang, Museum Fatahillah, dan Museum Bahari. Di dalam tiga museum itu, komunitas JJI berbaur dengan traveler lainnya untuk mengamati secara detail tiga museum tersebut.

Tampak komunitas JJI menikmati liburan ke Museum Wayang dan Museum Fatahillah, dan Museum Bahari. Museum rupanya dipilih JJI untuk bisa mengenal lebih dekat sejarah Indonesia. Irma Sustika, pendiri JJI mengaku senang bisa bersama anggota komunitas JJI belajar dan mengenal lebih dekat sejarah Indonesia dengan mengunjungi museum.

JJI jalan2.jpg.crdownload

JJI di Museum Fatahillah (Ist)

Irma, begitu ia biasa dipanggil selama ini juga dikenal sebagai CEO and Founder Womanpreneur Community (WPC). Di Museum Wayang, pengunjung bisa melihat beragam koleksi wayang Nusantara yang merupakan bagian dari budaya negeri ini yang selama ini juga diminati turis asing ketika mereka berkunjung ke Indonesia.

Sementara di Museum Fatahillah, traveler bisa belajar mengenai sejarah Jakarta. Dan, di Museum Bahari wisatawan bisa melihat dari dekat dan belajar soal rekam sejarah maritim Indonesia yang sudah sejak lama populer di dunia. “Saya memilih museum-museum yang ada di kawasan Kota Tua karena JJI ingin belajar mengenai sejarah Indonesia juga mengenal lebih dekat heritage yang ada di Jakarta,” tuturnya.

Menariknya sejumlah anggota WPC juga ikut. Berdasarkan pengamatan di lapangan beberapa diantaranya, yakni Inawati, ibunda Akeylanaraya Alyandina, desainer cilik yag namanya lagi naik daun lantaran hasil karyanya semakin diminati di Tanah Air dan Agustus mendatang diundang ke Rusia untuk ikut mempromsikan Indonesia di Rusia, dan Ayu Hermanu yang terpilih untuk ikut SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang merupakan kerja sama ITC UN (International Trade Center United Nation) dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid.

19554950_10213175734138644_897617549210501312_n

JJI di Museum Bahari (Ist)

Lisa Arnida Lisapaly yang suka traveling dan motret untuk koleksi pribadi juga ikut dalam rombongan JJI. Dari kawasan Kota Tua, rombongan JJI yang masih tetap semangat menuju Rumah Si Pitung di Marunda untuk belajar budaya Betawi. Irma menuturkan, JJI merencanakan kegiatan rutin untuk belajar sejarah pada Agustus mendatang akan ke Karawang, Jawa Barat untuk traveling sekaligus belajar sejarah di Candi Jiwa, dan rumah ‘penculikan’ Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di Rengasdengklok, Karawang.

Pastinya komunitas JJI juga melakukan foto bersama di sejumlah destinasi sambil mereka belajar di tiga museum dan di Rumah Si Pitung. (Gabriel Bobby)  

About author



You might also like

Culture

Valentine di Sky Lounge 15

Rayakan Valentine 2017 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Februari selama ini identik dengan bulan romantis. Valentine tinggal hitungan hari! Bagi pasangan yang masih bingung mencari ide, romantic dinner di

Tourism

Wisata Danau Toba Bakal Mendunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya begitu mendarat di Bandara Silangit, langsung cek lokasi dan persiapan fisik Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, di Balige, Toba

Airlines

Kalimantan Utara Genjot Kunjungan Wisatawan Asing

Tari khas Dayak di Pembukaan Kaltara Explore 2015 Kalimantan Utara (Kaltara) rupanya selama ini menyimpan sejumlah potensi wisata yang menarik dan tak kalah dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Airlines

PATA Indonesia Dukung Soppeng Promosi Pariwisata

Sambutan dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (Ist) Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal, masih banyak destinasi wisata yang menarik

Destinations

Mempertahankan Arsitektur Nusantara Daya Tarik Wisman ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan kepada para pemenang Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Festival

Bangka tak Hanya Wisata Pantai

Peserta Sungailiat Triathlon 2016 di Pantai Tanjung Pesona, Bangka (Ist) Meski dikenal punya destinasi wisata bahari, seperti Pantai Tikus, Pantai Tanjung Pesona, dan Pantai Parai Tenggiri namun Bangka tak hanya