Memotret Indonesia Saat Libur Lebaran 2016

pari 2

Wisatawan menikmati destinasi wisata bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu (Ist)

Pemerintah patut diacungi jempol lantaran berhasil dalam program Pesona Lebaran 2016. Kendati sempat menghadapi ancaman teror bom di Batam dan Bintan di Kepulauan Riau, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajarannya di Kementerian Pariwisata pantas diberikan apresiasi lantaran pemudik yang sekaligus wisatawan Nusantara (wisnus) memenuhi berbagai destinasi yang ada di Indonesia.

Ya, pemudik tak hanya sekadar silaturahmi dengan keluarga besar saat Idul Fitri 1437 H, namun juga tertarik datang ke beragam destinasi wisata yang ada di daerah. Berdasarkan pantauan patainanews.com di Pantai Angsana di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada Sabtu (9/7/2016) dan Minggu (10/7/2016), wisnus begitu banyak yang berkunjung ke Pantai Angsana.

Tampak mereka menikmati banana boat. Tak hanya itu, di Pantai Angsana turis juga bisa melakukan snorkeling dan diving. Dan, sebagian wisnus terlihat menggunakan kapal tradisonal milik nelayan menuju Karang Anjir, spot yang bagus untuk snorkeling di kawasan Pantai Angsana.

biota laut di tanah bumbu

Wisatawan bisa melihat biota laut di Karang Anjir, spot yang bagus di Pantai Angsana di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Ist)

Alfian, wisatawan asal Banjarmasin mengaku senang bisa jalan-jalan ke Pantai Angsana selama libur Lebaran 2016 selepas silaturahmi dengan keluarga. Said Umar Al Idrus, anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kepada patainanews.com di Pantai Angsana, Minggu (10/7/2016) menjelaskan bahwa wisatawan mancanegara sudah mulai tertarik berkunjung ke Pantai Angsana.

“Turis dari Australia, Jepang, Tiongkok, dan Perancis tercatat sudah pernah datang ke Pantai Angsana,” ucapnya. Tokoh masyarakat Desa Angsana ini mengatakan, wisatawan bisa menikmati snorkeling dan diving di sejumlah spot, seperti di Karang Anjir untuk melihat terumbu karang dan biota laut lainnya.

Sementara pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung ke beragam destinasi yang tersebar di Bumi Sriwijaya selama libur Lebaran 2016 kendati sempat beredar kabar ada ancaman bom di Kepulauan Riau sehingga pemerintah Singapura mengeluarkan travel warning kepada warga negara Negeri Singa itu yang berniat ke Indonesia.

Sebelumnya pasca kejadian ledakan bom di Solo, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta masyarakat tidak perlu takut berwisata. “Palembang aman. Sampai saat ini meski Palembang tengah disibukkan dengan pembangunan persiapan Asian Games tapi Palembang tetap menyambut wisatawan dengan hangat dan aman,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga saat dihubungi patainanews.com, Kamis (7/7/2016).

Irene menuturkan, “Sebelum IdulFitri 1 Syawal 1437 H tiba, kita juga sudah mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak, baik keamanan dan industri”. Perempuan berparas manis ini menjelaskan bahwa Gubernur Alex Noerdin yang memimpin langsung apel kesiapan aparat keamanan untukLebaran 2016.

irene

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

“Sumsel aman. Jadi, silakan wisatawan jalan-jalan menikmati libur Lebaran 2016 ke berbagai destinasi yang ada di Sumsel,” ucap Irene. Sedangkan saat patainanews.com berkunjung ke Tegal, Jawa Tengah pada Rabu (13/7/2016) dan Kamis (14/7/2016), informasi yang dikumpulkan okupansi hotel di Tegal sangat tinggi sebab banyak wisatawan yang memilih menginap di hotel selama mereka ada di Tegal.

Yudika, sapaan akrab Sayudi pemilik Warteg Kharisma Bahari (WKB) ketika ditemui patainanews.com di Tegal tengah menghibur masyarakat Desa Sidakaton, Kabupaten Tegal dengan alunan musik yang menampilkan Ade Irma, penyanyi dangdut yang populer lewat tembang ‘Bang Toyib’.

Adapun WKB selama ini dikenal ikut serta melestarikan kuliner khas Indonesia, seperti tempe orek yang diminati masyarakat Indonesia. Dan, ketika itu arus balik Lebaran 2016 dari Tegal ke sejumlah kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bandung, Jawa Barat masih padat.

Informasi lain yang diperoleh, Ayyen Tjahjadi, seorang pembaca patainanews.com bersama keluarga menikmati libur Lebaran 2016 berkunjung ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu, Senin (11/7/2016).

“My beautiful Indonesia. we were there …
Exploring… Enjoying… Embracing … Appreciating…
Living life in my homeland”.

Begitu yang ditulis Ayyen Tjahjadi dalam media sosial, facebook yang dilihat patainanews.com, Kamis (14/7/2016). Ya, wisata bahari di Kepulauan Seribu memang menarik lantaran wisatawan bisa melihat langsung biota laut yang ada.

Dan, Joko Sulistiyo, wisatawan Nusantara dan keluarga berkunjung ke Tanjung Lesung, Banten menikmati destinasi wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata bahari lainnya yang ada di Indonesia.

Adapun Tanjung Lesung termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan pemerintah yang sering disebut sebagai Bali Baru. 10 destinasi unggulan yang diperkenalkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, yakni Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Tanjung Lesung Banten, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok Selatan NTB, Labuan Bajo-Komodo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara yang disebut sebagai 10 Bali Baru.

“Tanjung Lesung sangat indah. It’s very beautiful,” tutur Joko ketika dihubungi patainanews.com, Jumat (15/7/2016) di Jakarta. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

Juli, Jumlah Kunjungan Wisman Meningkat

Perkembangan wisman di Indonesia Juli 2017 (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wisman pada Juli lalu menyentuh angka 1,35

Tour Package

Natal 2017, Wisatawan Mancanegara Kunjungi Gereja Katolik Katedral Jakarta

Gereja Katolik Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Katedral Jakarta Perayaan Natal 25 Desember 2017 di Jakarta tampak meriah dan membuat bahagia banyak orang. Bahkan, ada sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang

Airlines

Orang Indonesia Pemegang Paspor Asing tak Bebas Visa?

Wisatawan Australia di Bali (Ist) Orang Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk yang menetap di negeri orang yang sudah tidak memegang paspor RI, namun menggunakan paspor negara setempat tengah

Slideshow

GrandKemang Jakarta Ajak Anak Yatim Bukber

Manajemen grandkemang Jakarta rupanya tak hanya sebatas mengejar profit semata. Di bulan penuh rahmat ini, hotel ini pun ikut berbagi dengan sesama, yakni mengajak anak-anak yatim piatu menikmati makanan yang

Slideshow

I Have a Dream untuk Indonesia

Acara retreat di Papua (Ist) Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus memberikan pembekalan patriotisme Dalam Mengejar Cita-Cita kepada 850 siswa-siswi SSB, SMP, dan SMA Kristen Yayasan Biji Sesawi Indonesia yang

Tour Package

Jual Pariwisata ke Negeri Orang Libatkan Travel Agent Lokal

Wisata bahari di Indonesia (Ist) Promosi dianggap sebagai cara yang efektif untuk memperkenalkan keunggulan pariwisata kepada wisatawan sehingga tertarik berkunjung ke destinasi. Dan, itu banyak dilakukan berbagai negara, tak ketinggalan