Memotret Kota Lama Semarang

20170430_095748

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Destinasi wisata Semarang di Jawa Tengah semakin dikenal sejak pemerintah menetapkan Semarang masuk dalam Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang merupakan bagian dari 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Ya, pemerintah diketahui serius dan tengah gencar mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru, termasuk Joglosemar guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara agar bisa memenuhi target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta turis asing hingga 2019 mendatang.

Adapun kunjungan wisatawan ke Semarang semakin meningkat sejak pemerintah menetapkan Joglosemar, termasuk dalam 10 Bali baru yang merupakan 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara sehingga Semarang kini menjadi destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Sejumlah destinasi wisata menarik di Semarang, seperti Gereja Blenduk di Kota Lama, Lawang Sewu, dan Kelenteng Sam Poo Kong. Budaya Jawa juga masih terasa kental di Semarang. Ya, pesona pariwisata dan budaya selama ini dikenal saling melengkapi sebagai daya tarik tersendiri bagi turis asing berkunjung ke negeri ini.

Karenanya pemerintah optimistis mendukung target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Menariknya kawasan Kota Lama memikat hati traveler sebab kawasan Kota Lama menyimpan banyak potensi wisata dan budaya yang tak boleh dilewatkan selama wisatawan tengah berkunjung ke Semarang.

Tak hanya Gereja Blenduk sebab masih ada Kampung Batik Semarang. Kampung Batik Semarang bisa dibilang menjadi bukti budaya Jawa masih dipertahankan di Semarang. Adapun Kampung Batik Semarang letaknya tidak jauh dari Hotel Horison NJ.

Di Kampung Batik Semarang, wisatawan bisa belajar membuat batik. Di Kampung Batik Semarang, traveler juga bisa membeli batik khas Semarang. Batik yang ada di Kampung Batik Semarang merupakan batik khas Semarang lantaran keberadaan Kampung Batik Semarang di Kota Lama sudah sejak lama ada di Semarang.

Ada Stasiun Tawang Semarang yang memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Semarang dengan menggunakan transportasi kereta api. Ya, Kampung Batik Semarang bisa dibilang memang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota Semarang, termasuk dalam sektor pariwisata dan budaya.

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana menjelaskan, pihaknya akan serius ikut serta mengembangkan dan mempromosikan potensi kawasan Kota Lama, khususnya Kampung Batik Semarang sehingga semakin banyak traveler yang tertarik berkunjung ke Semarang.

“Hotel Horison NJ akan menggandeng Kampung Batik Semarang sehingga keberadaan Kampung Batik Semarang di Kota Lama akan semakin dikenal wisatawan yang datang ke Semarang,” katanya kepada patainanews.com, Minggu (30/4/2017). (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

SightSeeing

Turis Jerman Suka Jaket Kulit Domba Asli Garut

Diki (kanan) sedang menjelaskan jaket kulit domba asli Garut yang diminati wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara Garut di Jawa Barat rupanya tak hanya kaya akan potensi pariwisata dan budaya khas

Festival

Long Weekend ke Tanjung Lesung Lihat Pengibaran Bendera di Bawah Laut

Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, PT Banten West Java Tourism Development (BWJ) sebagai pengembang kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang telah diresmikan pengoperasiannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh

Hotel

ITLA Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Ketua Umum Indonesian Tour Leader Association (ITLA) Tetty DS Ariyanto dalam diskusi ITLA Indonesian Tour Leader Association (ITLA) yang mengusung tagline ‘Energy of Indonesia’ tak bisa dipungkiri ikut serta mempromosikan

Festival

Kenova Dukung Kereta Wisata Promosikan Pariwisata Cirebon

Kenova Arundhati penyuka Batik khas Nusantara (Ist) Kenova Arundhati, seorang penyuka budaya Indonesia, utamanya Batik khas Nusantara mendukung upaya manajemen PT Kereta Api Pariwisata untuk membuka layanan wisata untuk wisatawan

Festival

‘Riau Truly Malay’

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tengah) meluncurkan Calender of Event Riau 2016 (Ist) Tanah tumpah darah Melayu, yang sudah digaungkan Riau dengan branding ‘The Homeland of Melayu’ menurut

Travel Operator

Jual Tiket ke Negeri Orang Pakai Rupiah

Pengusaha travel agent yang tergabung dalam ASTINDO dan ASITA mendukung pemberlakuan Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini dalam transaksi