Mempertahankan Budaya Lokal Lewat Generasi Muda

 

ninik dan dewi motik

Tokoh Perempuan Dewi Motik Pramono Hadir dalam Peresmian Kampung Budaya dan Ramah Anak

Budaya asli negeri ini sepertinya mulai memudar. Dan, generasi muda pada masa kini sepertinya mulai tidak menyukai budaya lokal. Namun, ternyata masih ada asa lantaran tetap ada anak muda yang menyukai budaya milik negeri ini, termasuk budaya Sunda.

“Kami ingin memperkenalkan kegiatan yang ada di Kampung Budaya dan Ramah Anak, seperti seni tari, pencak silat, angklung, gending, musikalisasi puisi, calung, cerita rakyat, dan handy craft,” kata Ketua Yayasan Aksi Halimah Munawir di Desa Kute Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/07/15).

Halimah menambahkan, kegiatan itu dalam rangka membangun kreativitas anak dan karena tugas pengembangan anak ada di pundak semua pihak, maka perlu peran pemerintah dan swasta dalam mewujudkannya.

Ketua Panitia Liza Thaher menuturkan bahwa kampung budaya dan ramah anak menggandeng relawan dari mahasiswa dan mahasiswi untuk mengajarkan cerita rakyat.

“Cerita rakyat ini penting untuk digalakkan kembali dan kami mengajarkannya dengan bahasa Sunda, Indonesia, dan Inggris. Cerita rakyat yang kami ajarkan sendiri, seperti Telaga Warna, Telaga Sarangan, Ciung Wanara, Roro Jonggrang, Sri Tanjung, dan lainnya,” urainya.

Pada kesempatan itu hadir tokoh perempuan nasional Dewi Motik Pramono, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor Rahmat Surdjana, dan Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata Mandiri. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Batik tak Hanya Sekadar Kain

Ella V Brizadly (Ist) Batik itu lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional asli Indonesia ini memang terus dijaga dan dilestarikan lantaran semakin diminati warga dunia. “Menyambut hari

Travel Operator

Ayo Ikut Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Ist) Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, dan ahli gambar bentuk rumah di manapun mereka berada.

Tourism

Wisatawan Perancis Suka ke Samosir

Berita Foto: Akhir-akhir ini kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai objek wisata alam di Kecamatan Harian di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara semakin menunjukkan tanda menggembirakan. Seperti tampak pagi hari ini (23/2/2018)

World Heritage

Batik Indonesia Melekat di Hati

Ella V Brizadly (Ist) Batik Indonesia selalu menjadi juara, tidak ada yang bisa mengalahkan, termasuk batik asal Tiongkok. “Produk batik dari Tiongkok itu tidak bisa dikatakan batik karena memang itu bukan

Nature

Branding dalam Pariwisata Penting

Wisata bahari di Indonesia (Ist) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, maka Kementerian Pariwisata pun melakukan promosi. Dalam melakukan promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara, maka promosi yang dilakukan

Festival

Layang-Layang Penuhi Langit Tanjung Lesung

Pemain layang-layang memeriahkan Rhino Kites Festival (Ist) Puluhan pelayang (pemain layang-layang) ikut memeriahkan Rhino Kites Festival yang dimulai sejak Sabtu (12/5/2018) di kawasan pantai Tanjung Lesung, Banten. Rhino Kites Festival