Mempromosikan Destinasi Wisata Jakarta Lewat Lenong Denes

lenong

Pementasan Lenong Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’ (Ist)

Pariwisata Indonesia selama ini tak bisa dipisahkan dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal lantaran wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tak hanya sekadar menikmati beragam destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air, namun banyak juga yang tertarik dengan budaya negeri ini.

Budaya khas Betawi, seperti pantun yang unik tak pernah ditinggalkan. Tak ketinggalan destinasi wisata di Jakarta, seperti Kepulauan Seribu yang termasuk dalam 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Belum lagi Jakarta juga punya destinasi wisata pesisir di kawasan Jakarta Utara. Kuliner Betawi juga tak kalak enak, seperi Kerak Telor. Bahkan, Jakarta juga memiliki Batik khas Betawi. Pantauan patainanews.com, semuanya terlihat begitu semarak dalam perayaan HUT Bamus Betawi ke-35 dan HUT Kota Jakarta ke-490 di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

halimah duduk

Halimah Munawir Anwar (duduk) (Ist)

Pemerintah provinsi DKI Jakarta menyatakan komitmen akan terus mengembangkan dan melestarikan budaya Betawi di Jakarta. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sandi, sapaan akrab Sandiaga pada kesempatan itu melantukan sejumlah pantun.

Sementara Halimah Muuawir Anwar yang dikenal begitu concern memberikan perhatian terhadap budaya Betawi mengatakan, dirinya bersama Bang Tutur mempersembahkan Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’. Halimah optimistis kedepan acara ini akan didukung Kementerian Pariwisata. 

Sedangkan Ninik Irawan, Koordinator Bidang Domestik dan Minat Khusus ASITA Jakarta yang terlibat dalam Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’ memainkan lakon sebagai Menteri Pariwisata menuturkan bahwa pariwisata Jakarta harus semakin gencar dipromosikan ke dunia sehingga akan semakin banyak wisatawan asing yang tertarik datang ke negeri ini, khususnya ke Jakarta.

“Jakarta punya Kepulauan Seribu yang bagus untuk destinasi wisata bahari yang disukai turis asing. “Mempromosikan destinasi wisata di Jakarta, seperti Kepulauan Seribu harus dilakukan bersama. Kita bisa bergandengan tangan antara ASITA, PATA Indonesia Chapter, dan ASTINDO,” paparnya.

ninik lenong

Ninik Irawan (tengah) (Ist)

Adapun kegiatan di Graha Bakti Budaya TIM itu didukung sejumlah pihak, antara lain Rumah Kebaya, Batik Danar Hadi, dan Poppy Dharsono Cosmetics. (Gabriel Bobby)  

 

 

About author



You might also like

Nature

Wisman Menikmati Ikut Nelayan Tradisional Naik Sampan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Kendati sudah terkenal di dunia, wisata bahari di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak melulu Gili Trawangan.

Travel Operator

Teknologi Canggih Pengaruhi Masa Depan Anak

Claudia Ingkiriwang tengah memberikan pemaparan Teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Rupanya teknologi canggih itu bisa memberikan pengaruh kepada seorang anak dalam memilih profesi pada masa mendatang sebab pekerjaan orang

Slideshow

El John Pageants Kirim Wakil Indonesia ke Miss ASEAN Friendship 2017 di Vietnam

Johnnie Sugiarto, Founder & Cairman El John Pageants (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Dessy Natalia Siburuan dan Ni Luh Putu Lilyk Rahmawati dipercaya menjadi wakil Indonesia dalam Miss ASEAN Friendship

Nature

FMIPA UI Wisata ke Cirebon

Rombongan FMIPA UI wisata ke Cirebon (Ist) Rombongan FMIPA Universitas Indonesia (UI) wisata ke Cirebon, Jawa Barat. Selain itu, selama di Cirebon rombongan FMIPA UI juga melakukan capacity building. Menurut Ninik

Nature

Budi Daya Salak Tanjung, CSR BWJ untuk Masyarakat Desa Tanjung Jaya

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Sebagai salah satu bentuk komitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata

Cuisine

Long Weekend Jalan-Jalan ke Sulsel

Kalong di langit Soppeng (Ist) Pesona pariwisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya ada di Makassar dan Tana Toraja saja sebab Sulsel masih banyak menyimpan beragam potensi wisata dan budaya