Menanti ASIAN GAMES 2018, Event Berkelas Internasional

WhatsApp Image 2017-09-26 at 21.21.42
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)
Pemerintah telah memasang target selama tahun 2018 bisa menggelar 100 event di Indonesia berkelas internasional. Penyelenggaraan 100 event itu bukan tanpa alasab sebab negeri ini dinilai masih memiliki kekurangan dalam menyajikan agenda tingkat dunia dan harus serius untuk menyiapkan acara internasional pada 2018 mendatang.
Karenanya Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta jajarannya dan para pelaku industri pariwisata untuk segera bersiap menyambut dua agenda internasional yang diharapkan bisa mendatangkan puluhan ribu wisatawan mancanegara (wisman).
Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III pada 26-27 September lalu di Jakarta. “Bersiap untuk ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus dan pertemuan Bank Dunia-IMF di Bali pada Oktober 2018 yang akan membawa dampak langsung terhadap pencapaian target 17 juta wisman tahun depan,” kata Arief Yahya saat pembukaan Rakornas, Selasa (26/9/2017).
Adapun kedua agenda tersebut dianggap sangat potensial untuk mencapai terget wisman yang sudah ditetapkan, sebanyak 17 juta tahun 2018. “Namun tercapai atau tidaknya, menurutnya sangat bergantung pada kesiapan kita, penyelenggara acara hingga pelaku wisata,” ujarnya.
Ia berharap bisa menyuguhkan atraksi yang memukau untuk wisatawan di dua acara tersebut. Salah satu yang Arief Yahya contohkan adalah seperti pembukaan Olimpiade Beijing 2008, dengan tarian kolosan yang menggabungkan teknologi dan kearifan lokal China.
“Untuk pembukaan ASIAN GAMES misalnya, apakah kita bisa membuat seperti Olympic Ceremony-nya Beijing 2008, begitu kolosal, formasinya sangat bagus. Misalkan di Indoneaia bisa diformulasikan dengan Tari Saman, Rampak Gendang atau lainnya, dengan kolaborasi teknologi tinggi,” katanya.
Selain itu juga ia mencontohkan olimpiade-olimpiade lain yang berkelas internasional, seperti di London yang dikemas dengan tema revolusi industri. “Poin inti saya, jadikanlah benchmark (contoh) itu untuk persiapan kita opening ceremony-nya ASIAN GAMES2018,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Maluku Luncurkan Tour de Molvccas 2017

Launching Tour de Molvccas 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata dan Pemeritah Provinsi Maluku meluncurkan Tour de Molvccas 2017, yaitu lomba balap sepeda bertaraf internasional yang akan diselenggarakan di sepanjang pulau Maluku mulai

Slideshow

Jual Pariwisata ke Negeri Orang Libatkan Travel Agent Lokal

Wisata bahari di Indonesia (Ist) Promosi dianggap sebagai cara yang efektif untuk memperkenalkan keunggulan pariwisata kepada wisatawan sehingga tertarik berkunjung ke destinasi. Dan, itu banyak dilakukan berbagai negara, tak ketinggalan

Tour Package

Indonesia Berpartisipasi di Australia Dive Expo 2017

Indonesia kaya akan wisata bahari. Kepulauan Seribu yang termasik dalam 10 Bali baru juga punya potensi wisata bahari (Ist)  Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang memfasilitasi 10 operator diving dari

SightSeeing

Wonderful Indonesia Dipromosikan dalam Bo Sang Umbrella Festival 2017

Wonderful Indonesia (Ist) Pariwisata Indonesia yang dikemas dalam brand Wonderful Indonesia dipromosikan dalam Bo Sang Umbrella Festival 2017 yang digelar di Chiang Mai, Thailand pada 20 hingga 22 Januari 2017.

Tour Package

Summer Rainbow Holiday di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist)  It’s summer time! Musim panas merupakan momen paling sempurna untuk berlibur di pantai. Menghadirkan suasana liburan musim

Cuisine

Bali Memang Indah

Imelda Budiman (Ist) Mrs Indonesia World Imelda Budiman mengakui Bali memang indah sehingga Pulau Dewata menjadi pilihan bagi wisatawan Nusantara maupun turis asing untuk berlibur. Imelda menjelaskan bal tersebut kepada