Menanti ASITA Jakarta Travel Mart Jadi Travel Mart Dunia

asita 1

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kemeja putih) datang ke ASITA Jakarta Travel Mart (Ist)

Penyelenggaraan ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) di Jakarta pada 13 hingga 15 September 2016 dimulai menyusul pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September 2016 yang telah usai.

Menariknya AJTM memunyai harapan kedepannya kelak bisa menjadi ajang travel mart berskala internasional sekelas ITB Berlin. Berdasarkan pengamatan patainanews.com saat penyelenggaraan AJTM, Rabu (14/9/2016) berlangsung semarak lantaran tampak ramai buyer dan seller bertemu untuk bekerja sama mempromosikan pariwisata Indonesia.

Ya, tak salah memang AJTM kedepan kelak menjelma menjadi Travel Mart berkelas internasional. Pada kesempatan ini, tampak Tanjung Lesung, destinasi wisata yang ada di Banten juga ikut table top AJTM. Seperti diketahui, Tanjung Lesung termasuk 10 Bali baru bersama Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai di Maluku Utara.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto berharap debut ASITA Jakarta menyelenggarakan Travel Mart bisa digelar konsisten setiap tahun sehingga tak menutup kemungkinan menjadi bursa wisata tingkat internasional.

Adapun Catur menghadiri jamuan makan malam bersama para Delegasi ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2016 mewakili Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan panggilan Ahok mengatakan, Pempov DKI Jakarta mendukung inisiatif ASITA Jakarta karena promosi wisata secara gencar harus dilakukan secara konsisten.

“Kota Berlin, Jerman setiap tahun dikunjungi ribuan pelaku industri pariwisata dunia dengan terselenggaranya event bursa wisata terbesar di dunia yang dikenal dengan nama International Tourism Bourse (ITB) Berlin sejak puluhan tahun lalu. Bukan tidak mungkin ATJM kelak menjadi event dunia sekelas ITB Berlin,” kata Catur Laswanto di Jakarta, Selasa (13/9/206).

Catur mengaku optimistis bahwa liburan sudah menjadi gaya hidup (life style) warga Jakarta. “Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pariwisata sudah saatnya menghadapi libur panjang minimal tiga hari itu dengan menambah jadwal penerbangan karena warga Jakarta yang sehari-hari sudah jenuh dengan kemacetan lebih memilih berlibur dengan pesawat karena dalam satu-dua jam sudah sampai di berbagai daerah di Indonesia ketimbang dengan transportasi darat,” kata Catur.

Gaya hidup ini perlu ditunjang dengan tersedianya variasi produk wisata yang dihasilkan kalangan industri wisata anggota dari ASITA Jakarta dan Kementrian Pariwisata yang gencar mempromosikan beragam festival budaya di Nusantara sehingga momen libur panjang bisa mendistribusikan wisatawan Nusantara ke berbagai destinasi yang tersebar di Tanah Air.

Sementara Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta menjelaskan AJTM menjadi wadah untuk melakukan networking guna mendukung pemerintah mencapai target 275 juta pergerakan wisatawan Nusantara pada 2019 mendatang.

“Tidak kurang harapan Presiden Jokowi baru baru ini, yang menginginkan pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan, tulang punggung penghasil devisa negara tercinta kita Indonesia. Oleh karena itu kalau bukan kita, siapa lagi yang bergerak untuk menjawab tantangan tersebut dan melakukan tindakan nyata dengan AJTM ini,” urainya. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Hotel

Asian Games 2018, AP II Siap Berikan Pelayanan Terbaik

Layanan di bandara yang dikelola manajemen PT AP II siap sukseskan ASIAN GAMES 2018 (Ist) Peran penting dimainkan Bandara International Soekarno Hatta Jakarta dan Sultan Badaruddin Palembang. Bandara yang dikelola

Investments

Korsel Serius Investasi di Tanjung Lesung

Wisatawan bisa diiving di Tanjung Lesung (Ist) Tidak sia-sia Menteri Pariwisata Arief Yahya one on one meeting tanpa jeda dengan delapan perusahaan di Seoul, Korea Selatan (Korsel) Jumat (3/6/2016) lantaran

Festival

Wisatawan Malaysia Suka Traveling ke Indonesia

Jakarta (Ist) Wisatawan asal negeri jiran, Malaysia ternyata suka traveling ke Indonesia. Rupanya turis Malaysia ketika berkunjung ke negeri ini senang belanja dan menikmati kuliner khas Nusantara. Demikian disampaikan Niko

Slideshow

Toleransi di Indonesia Sudah Teruji

Tito Hananta Kusuma (Ist) Toleransi di negeri ini sudah teruji sebab sudah sejak lama Indonesia yang beragam mampu hidup bersama dalam NKRI. Pengacara RM Tito Hananta Kusuma sebagai salah satu

Travel Operator

Astindo DKI Jakarta Menolak Penghapusan Insentif Lion Air

Foto bersama dalam Silaturahmi Lebih Dekat Dengan Airlines (Ist) DPD Astindo DKI Jakarta menolak penghapusan insentif Lion Air. Tak hanya itu, Astindo DKI Jakarta juga menolak pengurangan komisi Citilink. Hal

SightSeeing

2017, Turis Tiongkok ke Lombok akan Meningkat

LA Hadi Faishal (Ist) Malaysia Inbound Tourism Association (MITA) menyatakan bahwa siap untuk mendatangkan wisatawan Tiongkok ke Lombok. Presiden MITA Uzaidi Udanis bersama tim diketahui sudah bertolak dari Lombok, Selasa