Menanti Celebration of Life

WhatsApp Image 2017-12-21 at 14.30.12

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kementerian Pariwisata menyambut baik dan mendukung kegiatan Festival Indonesia Festival (Festinfest) yang akan berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Selasa hingga Rabu (30 dan 31 Januari 2018).

Festinfest tahun ini gelaran yang kedua kalinya mengangkat tema Visit Wonderful Indonesia (ViWi) 2018: Celebration of Life. Festinfest merupakan forum pertemuan para penyelenggara festival di Indonesia dalam rangka membangun kerjasama, bertukar pengalaman, menyusun komunikasi, mengembangkan audiens dan dukungan pendanaan.

Melalui tema Perayaan Kehidupan (Celebration of Life) tercermin upaya mendorong keterlibatan partisipasi masyarakat untuk berkarya dan berekpresi menjadikan festival sebagai daya tarik pariwisata.Siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (23/1/2018) menulis, terlebih pada satu tahun ini tidak kurang dari 100 event dan 10 national event menjadi Calender of Event Wonderful Indonesia (CeO WI) 2018 akan digelar di seluruh Indonesia, termasuk dua event internasional, yakni Asian Games 18 di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 dan pertemuan IMF Bank Dunia di Bali pada Oktober mendatang yang juga menjadi fokus utama kemeriahan perayaan kehidupan.

Menurut panitia penyelenggara, berbagai pemangku kepentingan festival akan hadir di Festinfest 2018. Ada empat kegiatan utama di Festinfest 2018 yang berlangsung selama dua hari yakni; Pembukaan Festinfest 2018; Eksposisi dan Table Top, 100 Wonder Festival; Pertemuan Bisnis; dan BLUEMOON Festival.

Pada hari pertama pembukaan Festinfest dan peluncuran publik CoE 2018 oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Ketua VIWI 2018 Hariyadi Sukamdani dan Ketua Pelaksana CeO 2018 Esthy Reko Astuti. Acara pembukaan akan dimeriahkan dengan konser musik.

Rangkaian acara pada hari yang sama, di Lobi Nusa Indah Gedung Sapta Pesona, juga berlangsung Pameran dan Eksposisi 100 Wonder Festival. Pameran berlansung mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Acara berlanjut dengan diskusi CoE dan VIWI 2018 : Orientasi dan Kebijakan, sebagai pembicara Hariyadi Sukamdani (Ketua VIWI 2018) dan Esthy Reko Astuti (Ketua Pelaksana CeO 2018).

Sesi selanjutnya dengan topik Platform dan Kerjasama Pamasaran Digital Travex (pembicara Samsriyono); Program dan Jaringan Genpi (pembicara Noer Sardono); dan Jaringan Kerja Festival dengan pembicara Taufik Rahzen. Acara hari pertama akan diakhiri dengan Table Top dan Tayangan Ragam Event.

Pada hari kedua adalah Pameran dan Eksposisi 100 Wonder Even yang berlangsung pada pagi hari hingga malam (pukul 09.00 – 21.00 WIB). Acara ini dimulai dengan Pertemuan Penyelenggara Festival/Event dengan Pemangku Kepentingan: Persoalan, Pengalaman dan Kerjasama berlangsung pkl. 10.00 – 12.00 WIB dengan menampilkan empat tema pengelompokan yakni; Greater Destinasi : Jakarta, Bali dan Kepri; Festival Budaya; Event Buatan : Olahraga, Alam dan MICE; 10 Dest.I.Nation.

Acara dilanjutkan dengan Pleno: Sepuluh Even Nasional (14.00 – 15.30); Pendampingan 100 Wonder Event berdasarkan kawasan (pkl 15.30 – 17.00); dan diakhiri dengan Bluemoon Festival (pkl. 18.00 – 22.00). Bluemoon Festival adalah peristiwa langka terjadi saat jarak bulan terdekat dengan bumi; supermoon, bluemoon dan gerhana terjadi serentak.

Peristiwa seperti ini terakhir pernah terjadi pada 31 Maret 1866 silam. Bluemoon Festival akan dapat disaksikan kembali bersama di puncak Gedung Sapta Pesona Jakarta. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesia itu Bagus

Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’

Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’ (Ist) Buku ‘Sepotong Surga di Kaki Pesagi’ karya para pemenang dan terpilih dalam Lomba Menulis Pesona Lampung Barat telah diluncurkan dalam hajatan Jambore Literasi

Tourism

Nikmati Kereta Wisata ke Joglosemar

Tampak dalam kereta wisata kelas Priority (Ist) Wisatawan yang mau traveling ke Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah kini bisa menikmati layanan kereta wisata yang dilayani secara VVIP sekelas layanan yang

Cuisine

Inovasi untuk Menarik Wisatawan Lebih Banyak

Turis asing di Indonesia (Ist) President University bekerja sama dengan PATA Indonesia Chapter mengadakan seminar yang bertemakan Smart Destination – Future Tourism yang bertempat di President Lounge, Menara Batavia. Seminar

Heritage

PATA Indonesia Chapter Transfer Ilmu Pariwisata untuk Mahasiswa STP Bandung

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo dan Ina Veronika Ketua Program Studi Bisnis  Perjalanan STP Bandung (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwista (STP) Bandung mendapat kesempatan untuk menimba ilmu langsung dari

Slideshow

Tanjung Lesung, Destinasi Wisata yang Menyatukan Bumi Nusantara

Managing Director pengelola KEK Tanjung Lesung, PT Banten West Java Rully Lasahido (tengah) (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten memang menarik bagi wisatawan sebab destinasi wisata yang termasuk

Destinations

GMT 2016 di Palembang Bisa untuk Edukasi

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan berlangsung pada