Menanti Chef Degan Mempromosikan Kuliner Indonesia di Perancis

kuliner Nusantara
Chef Degan mempromosikan kuliner khas Indonesia di mancanegara (Ist)
Degan Septoadji, seorang chef profesional asal Indonesia telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Mengenyam pendidikan dan mengawali karirnya di Eropa, Degan bekerja di sejumlah jaringan hotel mewah internasional di mancanegara diantaranya Hilton International, Grand Hyatt, The Ritz-Carlton, Atlantis, Sol Melia dan Banyan Tree Hotels.
Ia kembali ke Indonesia membuka Café Degan di Pulau Dewata tahun 2010 silam. Disamping mengelola restoran, Chef Degan tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, pembicara dan konsultan kuliner.
Mempromosikan kuliner Indonesia di mancanegara merupakan agenda tahunannya, selain menginspirasi para chef muda Indonesia untuk mendalami warisan budaya kuliner.
Menariknya sepanjang 2016 telah membawa kuliner Indonesia ke Thailand, Inggris, Jerman dan Perancis. Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke mancanegara.
Ini kali ke Paris yang dikenal sebagai pusar gastronomi dunia dalam rangkaian acara ‘Festival Colorful Indonesia’ pada 14 hingga 16 Oktober 2016 mendatang berlokasi di Pavillon Dauphine.
 
Adapun promosi kuliner ini menampilkan sejumlah hidangan populer Indonesia yang menjadi bagian acara dalam rangka perayaan HUT ke-71 Republik Indonesia.
 
“Merupakan sebuah kehormatan sekaligus tantangan bagi seorang chef untuk menampilkan kuliner bangsanya di Paris yang terkenal akan haute cuisine atau hidangan tingkat tingginya,” ujar Chef Degan dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (26/9/2016).
 
“Bagaimana kuliner Indonesia ditampilkan agar mendapatkan sambutan baik dari masyarakat yang amat terlatih seleranya dalam mengapresiasi hidangan gourmet,” paparnya.
 
Salah satu upaya yang dilakukan dalam promosi kuliner ini adalah memahami ragam hidangan khas Nusantara dan memilih diantaranya yang cocok dan sesuai dengan selera budaya makan Eropa, khususnya Perancis.
 
Chef Degan menjelaskan, “Masyarakat Eropa umumnya menikmati cita rasa gurih, asam, segar, manis dengan tingkat kepedasan yang wajar agar masih dapat menikmati sensasi aneka rasa lainnya, terutama karena hidangan akan dipadukan dengan wine”. 
 
Hidangan yang ditampilkan diambil dari beberapa menu favorit di Café Degan Bali, restoran milik Chef Degan, seperti Bebek Bumbu Bali, Iga Kambing Bumbu Ketumbar, Daging Sambal Hijau, Salmon Sayur Lodeh, Sambal Goreng Udang, Rendang, dan Ayam Bumbu Rujak.
 
“Semakin banyak diantara kita yang bangga dan mempromosikan kekayaan budaya kita, termasuk kuliner Indonesia, semoga makin mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional seperti kuliner asal Asia lainnya,” tutur Chef Degan. 
 
Festival Colorful Indonesia diinisiasi Duta Besar RI untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan sebagai bentuk komitmen mempromosikan Indonesia dari berbagai aspek budaya, ekonomi dan investasi, yang akan digelar di Pavillon Dauphine di Paris.
 
Acara promosi terpadu ini merupakan kesempatan bagi pemerintah dan pemerintah provinsi serta pihak swasta di Indonesia untuk mengenalkan potensi daerahnya dan menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan di Perancis.
 
Sementara Dubes Hotmangaradja mengatakan, potensi Indonesia masih sangat besar untuk dijelajah dan dipamerkan pada dunia. Khusus bidang kuliner, makan dan makanan adalah sebuah bahasa universal yang dimengerti seluruh masyarakat dunia.
 
“Melalui pengenalan kuliner dapat dilakukan soft power diplomacy yang diharapkan semakin memperkuat hubungan diplomatis antar negara dan membuka peluang temasuk niaga maupun kunjungan ke Indonesia kedepannya,” tandasnya. (Gabriel Bobby) 


About author



You might also like

Slideshow

Jangan Ragu Menghabiskan Libur Lebaran di NTT

Idul Fitri 1436 H akan segera tiba. Dan, tentunya akan ada libur panjang. Kendati tidak ada persiapan khusus menyambut Lebaran tahun ini, traveler yang ingin menghabiskan waktu libur dan memilih

Airlines

Wisatawan Tertarik ke Pulau Bungin

Pulau Bungin (Ist) Pulau Bungin di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sering disebut sebagai pulau terpadat di dunia ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Daya tarik wisata di

Heritage

Pemerintah Kembangkan Desa Wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan), bersama Menteri Perdesaan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Kepala BKPM Thomas Lembong dalam Forum Bisnis dan Investasi yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT

Slideshow

Candi Borobudur yang Diminati Traveler

Candi Borobudur (Iat) Candi Borobudur sudah sejak lama dikenal wisatawan sehingga menjadi destinasi yang sering dikunjungi traveler, baik wisatawan Nusantara maupun turis asing. Pemerintah pun menyadari begitu menariknya Borobudur sehingga

Heritage

Wisata Museum di Yogyakarta Daya Tarik Wisatawan Asing

Wisatawan asing melihat batik (Ist) Sesungguhnya sudah sejak lama museum menjadi destinasi wisata, baik domestik maupun asing. Begitu pula wisata rekreasi maupun minat khusus. Achmad Charris Zubair, Ketua Umum Dewan

Travel Operator

Obama, Endorser Gratis untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisara (Forwapar) selepas buka puasa bersama (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack