Menanti KA Sleeper

Direktur Operasional dan Administrasi PT Kereta Api Pariwisata Sunarjo (kedua dari kanan)

Rencana manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengeluarkan gerbong kereta model terbaru, ‘Sleeper’ akan segera terwujud. Kereta yang akan menjalani tahap uji coba ini direncanakan segera dioperasikan sebelum Lebaran 2018.

“Rencananya masih tanggal 11 Juni 2018 akan diluncurkan, dan tanggal 10 Juni kita mulai coba jual tiketnya ke masyarakat,” kata Totok Suryono, Presiden Direktur PT KA Pariwisata kepada pers di Gambir, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Gerbong kereta Sleeper dari PT KAI tersebut rencananya akan diluncurkan untuk angkutan mudik Lebaran mulai 11 hingga 25 Juni mendatang dengan rute Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Gambir-Malang pulang pergi. “Dari PT INKA selaku produsen sudah ada empat (gerbong) kereta, nanti kita tempelkan ke Gajayana untuk Malang dan Argo Anggrek untuk ke Surabaya,” kata Sunarjo, Direktur Operasi dan Administrasi PT KA Pariwisata pada kesempatan yang sama.

Adapun satu gerbong kereta sleeper hanya memuat 18 seat sehingga untuk saat ini hanya tersedia 54 seat, sedangkan satu gerbong atau 18 seat lagi untuk cadangan operasional. Sementara tiket akan dijual dengan cara yang sama dengan KA lainnya, yaitu secara konter offline dan online melalui KAI Acess, OTA, dan WEB KAI.

“Soal harga kita belum bisa bilang ya karena informasi sleeper car ini masih menunggu pusat. Pokoknya ini kereta eksklusif pelayanannya, pastinya harganya juga lumayan,” tuturnya dalam jumpa pers. Menurutnya, harga tiket diperkirakan sekitar Rp1 juta lebih, di atas harga KA Priority.

Nantinya, kelas sleeper ini akan melebihi kelas priority selaku layanan kereta paling mewah di Indonesia sampai saat ini. Kedepan kereta yang bisa memanjakan wisatawan dengan pelayanan seperti pesawat ‘first class’ tersebut akan dioperasionalkan PT KA Pariwisata.

Totok mengatakan, pihaknya menunggu instruksi dari PT KAI kapan operasional dimulai. Kereta terbaru PT KAI ini disebut sleeper karena penumpangnya bisa mengatur tempat duduknya sampai ke posisi tidur. Hal ini sama dengan seat penumpang di pesawat first class yang selama ini tidak hanya bisa tidur, namun juga dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti televisi, sajian makanan, wifi, dan sebagainya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Investments

Tingkatkan Infrastruktur, Turis Asing Datang

Falentina Cotton (tengah) (Ist) Pemerintah dinilai perlu meningkatkan kualitas infrastruktur yang menunjang pariwisata Indonesia sehingga wisatawan asing, termasuk turis dari Tiongkok akan semakin tertarik datang ke negeri ini untuk berlibur.

Hotel

11 November, Istri Wapres ke Maumere

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Istri Mufidah Jusuf Kalla (Ist) Pemerintah kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur memastikan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla akan datang ke Maumere

Festival

Temukan Cinta di Tahun Ayam Api

Sambut Valentine’s Day di grandkemang Jakarta (Ist) Tahun Baru 2017 sudah berjalan disertai dengan harapan dan resolusi baru. Karenanya grandkemang Jakarta telah menyiapkan beberapa perayaan spesial seperti Chinese New Year

Heritage

Mengenal Lebih Dekat Irene Camelyn Sinaga

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Sosok satu ini memang dikenal sebagai pekerja keras. Ya, perempuan berparas manis

World Heritage

El John Dukung 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Dikna Faradiba (Ist) El John Pageants mendukung upaya pemerintah bisa mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2017 mendatang. Karenanya El John Pageants pun ikut mempromosikan budaya asli

World Heritage

Mengajak Orang Indonesia Lari dan Wisata di Kompleks Candi Prambanan

Jumpa Pers Teh Javana Candi ke Candi 10K Lari kini menjadi olahraga yang semakin populer di Indonesia. Dan, lari kian diminati masyarakat negeri ini. Dan, bertambah menarik olahraga ini karena digelar