Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu pun menteri pariwisata yang datang ke sana.

Begitu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaja John Wempi Wetipo saat jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

John mengatakan, festival ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata.¬†“Menteri Pariwisata tidak pernah datang ke festival ini. Pernah ada yang datang perwakilan Kementerian Pariwisata, tapi tidak selevel menteri, hanya direktur dan dirjen. Mungkin asumsinya adalah Wamena tempat terpencil dan jauh jadi sudah takut duluan,” paparnya.

John pun sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya Festival Budaya Lembah Baliem adalah festival tertua di tanah Papua.

Padahal, 800 hingga 1.000 wisatawan tertarik berkunjung menonton Festival Budaya Lembah Baliem ketika festival tersebut digelar.

Lebih lanjut, John mengungkapkan sebenarnya Papua sudah mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. John bercerita, Presiden Jokowi malah sudah dua kali ke Wamena, bahkan bermalam di sana.

“Kunjungan terakhir itu awalnya Pak Presiden hanya sekitar 4 jam. Tapi beliau malah sampai bermalam di sana, kenapa Presiden Jokowi saja bisa datang dan menginap tapi menterinya tidak,” keluh John.

John mengakui, sudah memberikan surat ke beberapa kementerian termasuk Kementerian Pariwisata namun belum dibalas. Pihaknya masih ingin mendapat support dan promosi dari Kementerian Pariwisata.

“Festival ini sudah terkenal di luar negeri. Festival ini dilakukan rakyat Papua dan untuk Papua dan membawa nama Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Ketika President University Bicara Medsos untuk Calon Mahasiswa

Suasana Social Media One Day (Ist) President University mengajak para calon mahasiswa untuk memahami media sosial dari sisi positif. Kid Zaman Now, istilah untuk anak muda saat ini membuat media

Tourism

Sambut Annual Meeting IMF-WB, Paket Wisata Banyuwangi Dimatangkan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Ist) Jelang Annual Meeting IMF РWorld Bank 2018 di Bali, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta

Heritage

Thailand Aman, Turis Asing Datang ke Negeri Gajah Putih

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia tengah bersaing ketat dengan negeri jiran, Malaysia dan Thailand untuk menjadi yang terbaik dari kawasan Asia Tenggara. Adapun Indonesia mengusung Wonderful Indonesia, sementara

All About Indonesia

Perjalanan Super Gemilang Moriska Momo The Supermodel Indonesia 2017

Moriska Momo (Ist) Perasaan bangga dan bahagia bagi seorang model terkenal yang juga pemenang The Supermodel Indonesia 2017 Moriska Momo. Hampir setahun dirinya menjadi The Supermodel Indonesia dan berkarya di

Travel Operator

Ini 3 Destinasi Wisata Kesukaan Menparekraf Wishnutama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio ternyata suka traveling di Indonesia. “Bali, Yogyakarta, dan Lombok adalah destinasi wisata kesukaan saya ,” kata

Tourism

patainanews.com Jadi Media Partner Diskusi Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017

Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017 (Ist) patainanews.com akan menjadi media partner dalam diskusi ‘Sosialisasi Kota Tua Jakarta Menuju UNESCO World Heritage 2017’ yang akan menghadirkan sejumlah