Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu pun menteri pariwisata yang datang ke sana.

Begitu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaja John Wempi Wetipo saat jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

John mengatakan, festival ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata. “Menteri Pariwisata tidak pernah datang ke festival ini. Pernah ada yang datang perwakilan Kementerian Pariwisata, tapi tidak selevel menteri, hanya direktur dan dirjen. Mungkin asumsinya adalah Wamena tempat terpencil dan jauh jadi sudah takut duluan,” paparnya.

John pun sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya Festival Budaya Lembah Baliem adalah festival tertua di tanah Papua.

Padahal, 800 hingga 1.000 wisatawan tertarik berkunjung menonton Festival Budaya Lembah Baliem ketika festival tersebut digelar.

Lebih lanjut, John mengungkapkan sebenarnya Papua sudah mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. John bercerita, Presiden Jokowi malah sudah dua kali ke Wamena, bahkan bermalam di sana.

“Kunjungan terakhir itu awalnya Pak Presiden hanya sekitar 4 jam. Tapi beliau malah sampai bermalam di sana, kenapa Presiden Jokowi saja bisa datang dan menginap tapi menterinya tidak,” keluh John.

John mengakui, sudah memberikan surat ke beberapa kementerian termasuk Kementerian Pariwisata namun belum dibalas. Pihaknya masih ingin mendapat support dan promosi dari Kementerian Pariwisata.

“Festival ini sudah terkenal di luar negeri. Festival ini dilakukan rakyat Papua dan untuk Papua dan membawa nama Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Desa Adat Batak Bersatu Menopang Pariwisata

Tari khas Batak (Ist) Spirit ‘Indonesia Incorporated’ yang tak putus-putus dilontarkan Menpar Arief Yahya direspons Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak tiga desa adat di Batak di Bona Pasogit yang berada

Cuisine

IMF WBG Sukses, Pariwisata Indonesia Berkibar di Dunia

Wisatawan di Bali (Ist) Perhelatan akbar Internasional Monetary Fund World Bank Group (IMF WBG) di Bali semakin dekat. Segala persiapan pun terus dilakukan untuk mensukseskan acara tersebut sehingga pariwisata Indonesia akan

Tour Package

Promosi Wisata Bahari Undang Turis Asing ke Indonesia yang Sejahterakan Masyarakat Negeri

Wisatawan menikmati wisata bahari di Kepulauan Seribu (Ist) Indonesia dinilai sebagai pilihan tepat untuk tujuan wisata bahari lantaran negeri ini adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau dan

Airlines

Indonesia-Singapura Kian Erat Kerja Sama Pariwisata

Penandatanganan MoU on Tourism Indonesia-Singapore (Ist) Indonesia dan Singapura kian kokoh memantapkan kerja sama di bidang pariwisata. Penguatan itu ditandai dengan penandatanganan MoU on Tourism Indonesia-Singapore di sela-sela Leaders’ Retreat,

Tourism

Putri Pariwisata 2016 Promosi Pariwisata Indonesia di AS

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel dan Miss Culinary 2016 Dewa Ayu Windu Sari Devi ikut terlibat langsung dalam kegiatan dan

Indonesiaku

RI Tuan Rumah Konferensi Pelabuhan Dunia

PT Pelindo III menjadi sebagai salah satu pelaksana  he 30th IAPH Port World Conference di Bali (Ist) Para pelaku usaha kepelabuhanan dan pendukungnya dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di