Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu pun menteri pariwisata yang datang ke sana.

Begitu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaja John Wempi Wetipo saat jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

John mengatakan, festival ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata. “Menteri Pariwisata tidak pernah datang ke festival ini. Pernah ada yang datang perwakilan Kementerian Pariwisata, tapi tidak selevel menteri, hanya direktur dan dirjen. Mungkin asumsinya adalah Wamena tempat terpencil dan jauh jadi sudah takut duluan,” paparnya.

John pun sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya Festival Budaya Lembah Baliem adalah festival tertua di tanah Papua.

Padahal, 800 hingga 1.000 wisatawan tertarik berkunjung menonton Festival Budaya Lembah Baliem ketika festival tersebut digelar.

Lebih lanjut, John mengungkapkan sebenarnya Papua sudah mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. John bercerita, Presiden Jokowi malah sudah dua kali ke Wamena, bahkan bermalam di sana.

“Kunjungan terakhir itu awalnya Pak Presiden hanya sekitar 4 jam. Tapi beliau malah sampai bermalam di sana, kenapa Presiden Jokowi saja bisa datang dan menginap tapi menterinya tidak,” keluh John.

John mengakui, sudah memberikan surat ke beberapa kementerian termasuk Kementerian Pariwisata namun belum dibalas. Pihaknya masih ingin mendapat support dan promosi dari Kementerian Pariwisata.

“Festival ini sudah terkenal di luar negeri. Festival ini dilakukan rakyat Papua dan untuk Papua dan membawa nama Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Asita Yogyakarta Andalkan Teknologi Kembangkan Pariwisata

Potensi Wisata Goa Pindul di Daerah Istimewa Yogyakarta Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini dipimpin nakhoda baru. Dan, ia pun mengusung visi menjadikan Asita sebagai motor

Tour Package

Irene Camilyn Sinaga Bertekad Majukan Pariwisata Sumsel

Irene Camilyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camilyn Sinaga bertekad memajukan potensi pariwisata Sumsel yang beragam sehingga menjadi daya

Slideshow

Memotret Indonesia dengan Tulisan

Peluncuran buku #sayabelajarhidup SIMFONI (Ist) Kekayaan Indonesia tak sebatas budaya dan pariwisata yang selama ini dikenal saling melengkapi sebab Nusantara yang indah ini terbentang luas dari kawasan timur Indonesia hingga

Cuisine

ITdBI 2016 Sukses Perkenalkan Pariwisata Banyuwangi

Tari Gandrung, tari khas Banyuwangi (Ist) Puncak penyelenggaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 dinilai sukses dan lancar. Event kelas dunia di Banyuwangi, Jawa Timur sukses menghidupkan industri pariwisata

Slideshow

NTB Kian Dilirik Investor

LA Hadi Faishal (Ist) Pariwisata semakin menjadi primadona di Nusa Tenggara Barat (NTB). Investor pun semakin tertarik untuk membangun hotel di Lombok. “Ini di luar dugaan saya. Begitu gencarnya investor

Investments

Creating New Cities, Semangat Anak Bangsa Membangun Kota Baru di Indonesia

SD Darmono, Founder Jababeka Group PT Jababeka Tbk selama ini dikenal menjadi top of mind di bidang Kawasan Industri. Sudah lebih dari 27 tahun perusahaan ini berkiprah membangun negeri sehingga