Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu pun menteri pariwisata yang datang ke sana.

Begitu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaja John Wempi Wetipo saat jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

John mengatakan, festival ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata. “Menteri Pariwisata tidak pernah datang ke festival ini. Pernah ada yang datang perwakilan Kementerian Pariwisata, tapi tidak selevel menteri, hanya direktur dan dirjen. Mungkin asumsinya adalah Wamena tempat terpencil dan jauh jadi sudah takut duluan,” paparnya.

John pun sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya Festival Budaya Lembah Baliem adalah festival tertua di tanah Papua.

Padahal, 800 hingga 1.000 wisatawan tertarik berkunjung menonton Festival Budaya Lembah Baliem ketika festival tersebut digelar.

Lebih lanjut, John mengungkapkan sebenarnya Papua sudah mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. John bercerita, Presiden Jokowi malah sudah dua kali ke Wamena, bahkan bermalam di sana.

“Kunjungan terakhir itu awalnya Pak Presiden hanya sekitar 4 jam. Tapi beliau malah sampai bermalam di sana, kenapa Presiden Jokowi saja bisa datang dan menginap tapi menterinya tidak,” keluh John.

John mengakui, sudah memberikan surat ke beberapa kementerian termasuk Kementerian Pariwisata namun belum dibalas. Pihaknya masih ingin mendapat support dan promosi dari Kementerian Pariwisata.

“Festival ini sudah terkenal di luar negeri. Festival ini dilakukan rakyat Papua dan untuk Papua dan membawa nama Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

1 Oktober, Indonesia Siap Sambut Hari Kopi Internasional

Kopi Luwak Ratu (Ist) Masyarakat Indonesia diketahui termasuk penggemar kopi. Karenanya negeri ini siap menyambut Hari Kopi Internasional nanti 1 Oktober. Menjadi kebanggaan dengan perayaan Hari Kopi Internasional lantaran kopi

Slideshow

Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan di Pelindo III

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) (Ist) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran terkait melakukan kunjungan kerja di Semarang, Kamis (12/1/2017). Singgah di Ruang VIP Bandara Internasional Ahmad Yani,

Travel Operator

Turis di Bali Tertarik Terapi Bambu Spa

Terapi Bambu di Bambu Spa (Ist) Turis yang berkunjung ke Pulau Dewata, Bali rupanya tidak hanya sekadar mengunjungi destinasi wisata, namun mereka juga tertarik merasakan layanan SPA (Solus Per Aqua/

Destinations

Sinergi PT BRI dan Lion Group untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi CEO Lion Group Edward Sirait dan Director of Consumer Business PT BRI Handayani PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank milik pemerintah. Kendati sebagai bank BUMN,

World Heritage

Batik, dari Tradisi Jadi Kekinian

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist) Batik adalah wastra tradisional Indonesia warisan leluhur. Dan, batik itu ternyata lebih dari sekadar motif kain. Karenanya warisan wastra tradisional

Destinations

ITO, Optimisme Kunjungan 20 Juta Wisman

ITO 2018 (Ist) Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 segera digelar di Jakarta pada 1 November mendatang sebagai upaya untuk menganalisis prospek, peluang, dan mengumpulkan masukkan dari berbagai pihak menuju optimisme