Menanti Menteri Pariwisata Hadir di Festival Budaya Lembah Baliem ke-27

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya di Papua disebut sebagai festival tertua di bumi Cendrawasih. Hingga tahun lalu penyelenggaraan ke-26, ironisnya belum pernah satu pun menteri pariwisata yang datang ke sana.

Begitu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaja John Wempi Wetipo saat jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

John mengatakan, festival ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata. “Menteri Pariwisata tidak pernah datang ke festival ini. Pernah ada yang datang perwakilan Kementerian Pariwisata, tapi tidak selevel menteri, hanya direktur dan dirjen. Mungkin asumsinya adalah Wamena tempat terpencil dan jauh jadi sudah takut duluan,” paparnya.

John pun sangat menyayangkan hal tersebut karena menurutnya Festival Budaya Lembah Baliem adalah festival tertua di tanah Papua.

Padahal, 800 hingga 1.000 wisatawan tertarik berkunjung menonton Festival Budaya Lembah Baliem ketika festival tersebut digelar.

Lebih lanjut, John mengungkapkan sebenarnya Papua sudah mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. John bercerita, Presiden Jokowi malah sudah dua kali ke Wamena, bahkan bermalam di sana.

“Kunjungan terakhir itu awalnya Pak Presiden hanya sekitar 4 jam. Tapi beliau malah sampai bermalam di sana, kenapa Presiden Jokowi saja bisa datang dan menginap tapi menterinya tidak,” keluh John.

John mengakui, sudah memberikan surat ke beberapa kementerian termasuk Kementerian Pariwisata namun belum dibalas. Pihaknya masih ingin mendapat support dan promosi dari Kementerian Pariwisata.

“Festival ini sudah terkenal di luar negeri. Festival ini dilakukan rakyat Papua dan untuk Papua dan membawa nama Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Presiden Jokowi Terkesan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi sangat terkesan saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6/2018). Presiden Jokowi bahkan meminta PKB 2018

Culture

Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu Yogyakarta

Berita Foto: Anggrek Executive Lounge ada di Stasiun Tugu Yogyakarta yang menyediakan fasilitas ruang tunggu bagi penumpang keberangkatan dan kedatangan Kereta Api, baik eksekutif, bisnis dan ekonomi.    Adapun penumpang

Tourism

Bali Semakin Siap untuk Cruise

Kapal pesiar sandar di Pelabuhan Benoa, Bali (Ist) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar Rapat Koordinasi Infrastruktur prototype/pilot project Benoa Port. Sebagai upaya memenuhi target kunjungan wisata, pemerintah terus meningkatkan pembangunan

All About Indonesia

Menjaga Indonesia untuk Pariwisata Nusantara

Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharudin Djafar (Ist) Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharudin Djafar mendukung sikap Kapolda Metro Jaya Idham Azis mencabut status siaga satu terkait rangkaian serangan bom di Surabaya,

Cuisine

‘7 Juta Orang Lihat Promosi Indonesia’

  Chef Anita Sobron (Restaurant Indonesia), Direktur FNAC, Manager FNAC Voyages, Eka MONCARRE dari VITO Perancis (Ist) Ada sekitar 7 juta orang diperkirakan akan mengetahui promosi mengenai Indonesia sebab event

Slideshow

25 Agustus, Pacu Jalur 2016 di Riau Dimulai

Ilustrasi Pacu Jalur (Ist) Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Riau, baik kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, Pemerintah Provinsi Riau gencar mempromosikan event pariwisata unggulan daerah. Salah satu event