Menanti Money Changer di Tanjung Lesung

selfie di tanjung lesung

Wisatawan menikmati traveling di Tanjung Lesung (Ist)

Sebagai upaya mendukung pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Bank Indonesia berencana membuka jaringan money changer.

Hal tersebut iungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dalam press conference Kajian Ekonomi Keuangan Regional Provinsi Banten, Selasa (7/3/2017). Menurutnya, adanya money changer atau valuta asing akan memudahkan wisatawan asing dalam penukaran uang.

“Jadi mereka tidak perlu bingung kalau ingin menukarkan uang karena saat berada di Indonesia harus menggunakan rupiah,” tuturnya. Ia menjelaskan, untuk mekanisme pembukaan money changer di KEK Tanjung Lesung Pandeglang belum diputuskan apakah langsung dilakukan Bank Indonesia atau perwakilan dari money changer yang sudah ada.

Adapun penggunaan mata uang rupiah dalam berbagai transaksi tertuang Undang-Undang Mata Uang 2011 dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah NKRI No 17/PBI/3/2015. “Karena hotel dan restoran dilarang menerima pembayaran dalam bentuk valas dan bisa kena sanksi berupa pidana dan denda,” katanya.

Jika rencana pembukaan money changer benar direalisasikan, money changer ini akan menjadi yang pertama di Pandeglang. Saat ini, keberadaan money changer lebih banyak di kota Tangerang karena berdekatan dengan Bandara Soekarno-Hatta.

Pihak BI Banten sendiri belum bisa memastikan kapan jadwal pembukaan dari money changer ini. Dengan adanya rencana pembangunan tol Serang-Panimbang akan semakin mempermudah wisatawan mengunjungi KEK Tanjung Lesung.

“Jarak tempuhnya bisa lebih cepat yakni sekitar 2 jam,” katanya. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Heritage

Presiden Jokowi Kunjungi Booth Batik Fractal

Presiden Jokowi mengunjungi booth Batik Fractal (Ist) Tak salah memang Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Batik Fractal ketika melakukan kunjungan kerja ke Bandung Creative City Forum (BCCF) pada

Festival

Desa Wisata Kental dengan Daya Tarik Budaya Pikat Wisatawan

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 sebagai upaya memperkuat sinergitas semua elemen dalam mewujudkan target

SightSeeing

Pemerintah Apresiasi Palu Serius Sambut GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Palu di Sulawesi Tengah yang serius menyiapkan acara menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016.

Hotel

Sambut ASIAN GAMES 2018, JAS Siapkan Bus Apron Lower Deck

Adji Gunawan, Direktur Utama JAS Airport Services tengah memberikan sambutan peluncuran 5 armada bus apron lowe deck di Bandara Soekarno-Hatta Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 sudah di depan mata. Karenanya JAS

Cuisine

Pesona Lombok Memikat Wisatawan Nusantara

Berita Foto: Halimah Munawir yang membangun Kampung Budaya Ramah Anak di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat berkunjung ke Lombok di Nusa Tenggara Barat. Ia yang berlibur ke Lombok menyempatkan untuk

Destinations

Sumsel Promosi Pariwisata di WTM London

Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diketahui serius mengembangkan dan mempromosikan berbagai potensi pariwisata dan budaya yang ada di Sumsel.