Menanti Penghargaan TripAdvisor untuk Hotel Neo Samadikun Cirebon

gifta lg

Gifta Oktavia Rappe (Ist)

Pariwisata Indonesia semakin diminati wisatawan Nusantara dan turis asing sehingga kini semakin banyak penghargaan yang diterima pariwisata Indonesia.

Penghargaan prestise juga kerap diperoleh pariwisata Indonesia, seperti dari TripAdvsior. Ya, situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon.

Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah naik daun sebab banyak traveler yang meninggalkan kesan positif mengenai pengalaman mereka selama menginap di Hotel Neo Samadikun Cirebon.

Menariknya hotel yang dluncurkan pada tahun lalu kini memimpin sebagai hotel terbaik di wilayah Cirebon. Adapun TripAdvisor sebagai salah satu sumber informasi wisata yang terbesar dan terpercaya, dimana traveler dapat menemukan ulasan tentang hotel, restoran, dan destinasi wisata lainnya untuk membantu wisatawan merancang liburan impian mereka.

Di Cirebon kini banyak hotel sehingga turis pun bisa memilih hotel. Tak salah jka traveler memutuskan untuk menginap Hotel Neo Samadikun Cirebon ketimbang hotel lainnya.

“Hotel Neo Samadikun punya kelebihan lain yang tidak dimiliki hotel lain di Cirebon, yakni ada sea view di lantai 5, 6, dan 7,” kata Gifta Oktavia Rappe, Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon di Cirebon, Senin (3/10/2016).

Gifta optimistis Hotel Neo Samadikun Cirebon akan mampu mempertahankan prestasi ini sehingga pada bulan ini akan mendapat penghargaan dari TripAdvisor.

Sebelumnya pada penyelenggaran pameran pariwisata terbesar di kawasan AsiaPasifik, PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September lalu sembilan predikat terbaik diserahkan TripAdvisor kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Mulai dari destinasi wisata, pulau, pantai, hotel, dan landmark terbaik mendapat apresiasi dari portal perjalanan wisata terbesar versi ComScore Media Metrix for TripAdvisor Sites, worldwide, May 2016.

Bagi Indonesia, award-award tadi sangat bernilai. Sangat membanggakan. Sebagai situs ulasan pariwisata, sejak tahun 2000 silam TripAdvisor telah menjadi rujukan para calon wisatawan dunia untuk berwisata.

Menariknya setiap bulannya TripAdvisor dikunjungi 350 juta unique user. Datanya bisa di-cross check di TripAdvisor log files, Q2 2016.

Penyebarannya pun luas. Sudah ada 48 negara yang menggunakan TripAdvisor sebagai panduan berwisata. Dan sekarang, sudah ada 6,6 juta akomodasi, restoran dan atraksi wisata di berbagai belahan dunia yang bergabung di TripAdvisor.

Ulasan yang terjaring pun terbilang fantastis. Jumlahnya mencapai 385 juta ulasan. “Award itu menaikkan level 3C kita, confidence, credibility y dan calibration. Ini sangat membanggakan,” tutur I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Rabu (7/9/2016).

Pitana pantas bangga sebab pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat wisatawan seluruh dunia.

Semua dihimpun dari penilaian 12 Bulan. “Pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan. Jadi semuanya dihitung secara fair,” tambahnya.

Dan, di malam pembukaan PATA Travel Mart 2016, Menteri Pariwisata Arief Yahya secara simbolis menerima penghargaan yang diserahkan Martin Verdon-Roe, VP Global Display Sales at TripAdvisor.

Ribuan buyer dan seller papan atas Asia Pasifik ikut menyaksikan. Begitu juga petinggi-petinggi PATA. Di 2016 ini, Indonesia menerima sembilan penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice Award dalam lingkup Global dan Asia dari empat kategori.

Empat kategori itu adalah destinations, islands, landmarks dan beaches. Masing-masing kategori ini memiliki penilaian tersendiri. Bagi kategori Landmarks dan Beaches didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang mengulas tempat tersebut di TripAdvisor.

Untuk kategori Islands dan Destinations merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata dan restoran serta kecenderungan booking melalui TripAdvisor pada pulau maupun destinasi yang terpilih.

“Ada juga kategori ‘Top 25 Destinations in the World’. Di sini Indonesia diwakili Ubud. Peringkatnya ada di atas Dubai (13), Bangkok (15), Tokyo (21) dan Sydney (24),” terang Pitana dalam siaran pers yang diterima patainanews,com, Rabu (7/9/2016).

Pulau Dewata diganjar peringkat 5 kategori ‘Top 10 Islands in the World’ yang juga menjadikan Pulau Bali sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok (5) dan Gili Trawangan (6).

Pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia. 

9 penghargaan yang diterima Indonesia sebagai tujuan wisata para pelancong internasional versi TripAdvisor:

1. Ubud – #10 Top 25 Destinations in the World – #3 Top 25 Destinations in the Asia
2. Bali – #5 Top 10 Islands in the World – #1 Top 10 Islands in the Asia
3. Lombok – #5 Top 10 Islands in Asia
4. Gili Trawangan – #6 Top 10 Islands in Asia
5. Tanah Lot Temple – #18 Top 25 Landmarks in Asia
6. Borobudur Temple – #21 Top 25 Landmarks in Asia
7. Gili Meno Beach – #11 Top 25 Beaches in Asia
8. Balangan Beach – #17 Top 25 Beaches in Asia
9. Nusa Dua Beach – #24 Top 25 Beaches in Asia (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Ketika Teknologi Berperan Besar Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pariwisata Indonesia kini semakin dikenal di dunia sehingga kunjungan wisatawan asing ke negeri ini semakin banyak yang tertarik datang ke beragam destinasi wisata yang ada

Airlines

Garuda Indonesia Masuk 10 Besar Airlines Dunia

Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia mencetak prestasi membanggakan, ada di posisi 8 Top 20 Best Airlines ff The World 2015 (Ist)

World Heritage

Selamat Pemenang Kuis Batik Putra Fakhrudin

Batik Putra Fakhrudin (Ist) Pemenang kuis di patainanews.com mengenai batik khas Indonesia berhadiah Batik Putra Fakhrudin adalah Tomi Nala Prabayaksa. Ya, Tomi berhasil menjawab tiga pertanyaan yang diajukan patainanews.com mengenai kain

Tourism

Yogyakarta Curi Perhatian di TTE Expo 2016 Manila

Menteri Pariwisata Arief Yahya Filipina bukan pasar terbesar Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. Critical

Investments

Kemeriahan HUT RI ke-71 Jababeka di Cikarang

Berita Foto: Founder Jababeka Group SD Darmono (kemeja putih) memberikan sambutan dalam perayaan peringatan HUT RI ke71 yang dibuat oleh PT Jababeka dan kemudian SD Darmono berkelling melihat kemeriahan HUT

Cuisine

Magnificent Indonesia

Buku Magnificent Indonesia (Ist) Keindahan Indonesia memang diakui banyak orang. Dan, terekam dari 21 perempuan negeri ini.Bidikan kamera 21 wanita Indonesia ini tertuang dalam buku ‘Magnificent Indonesia’. “Menikmati keindahan Indonesia