Menanti Raja Arab Saudi ke Pulau Dewata

Tempat Wisata Bali - Danau Beratan

Bali diminati Raja Arab Saudi (Ist)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud pada awal Maret nanti akan berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung, raja ketujuh dalam dinasti Alsaud itu membawa rombongan yang jumlahnya ribuan orang.

Agenda kunjungan Raja Salman pun tak hanya untuk urusan kenegaraan. Sebab, raja berjuluk Penjaga Dua Kota Suci itu juga akan berlibur di Bali.

Kabar tentang liburan Raja Salman ke Bali membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut senang. Menurutnya, liburan Raja Salman Arab Saudi ke Bali itu sangat bagus bagi pariwisata Indonesia.

Arief menyebut liburan Raja Salman di Bali semakin memperkuat citra pariwisata di Pulau Dewata ataupun Indonesia. “Raja Arab Saudi bisa menjadi endorser yang istimewa, seorang raja, pemimpin dan panutan negara, orang nomor satu yang semua perilakunya akan diikuti oleh rakyatnya,” ujar Arief, Jumat (24/2/2017).

Menteri asal Banyuwangi, Jawa Timur itu menambahkan, liburan Raja Salman di Bali pasti akan menjadi perhatian dunia, terutama negara-negara Arab.

Apalagi Indonesia memang membidik negara-negara Arab sebagai pasar pariwisata. “Sebagai tokoh dunia, kehadiran Raja Salman itu sudah pasti akan diliput oleh media internasional, termasuk media massa di Arab Saudi. Ini akan memiliki media value yang tinggi dengan indirect impact yang sangat besar bagi pariwisata Indonesia,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (24/2/2017).

Mantan direktur utama Telkom Indonesia itu menjelaskan, Indonesia punya konsep wisata halal. Pasar terbesar wisata halal adalah Arab dan Timur Tengah.

Dalam setahun, kata Arief, jumlah outbound travellers dari Timur Tengah lebih dari 100 juta wisman. Karenanya liburan Raja Salman bersama rombongan yang mencapai 1.500 orang termasuk para pangeran Kerajaan Arab Saudi juga bisa menjadi ajang promoso bagi pariwisata Bali dan daerah lain.

“Mereka berpotensi untuk datang kembali ke Bali and Beyond. Destinasi wisata halal seperti Lombok, Aceh dan Sumbar bisa berpromosi di Bali,” tuturnya.

Lebih lanjut Arief memerinci, wisman asal Arab selama ini dikenal paling royal dalam membelanjakan uang saat berwisata. Mereka memang suka berbelanja dan menginap di hotel berbintang.

Dalam data Kemenpar, rata-rata setiap wisman asal Arab membelanjakan uangnya hingga USD 1.800. “Rata-rata dunia, UNWTO (Organisasi PBB untuk Dunia Pariwisata, red) itu hanya USD 1.200,” katanya.

Selain itu, wisman asal Arab Saudi juga dikenal punya periode tinggal (lenght of stay) saat berwisata paling lama. “Biasanya di musim haji, musim panas, mereka berlibur dengan keluarga berombongan besar seperti Raja Salman ini,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Investments

Pelindo Daya Sejahtera Bersiap Lakukan Ekspansi Usaha

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) pada tahun ini genap berusia dua tahun, tepatnya 19 Maret 2016. Hari jadi diperingati secara sederhana, diawali dengan makan bersama

Cuisine

Ke Lombok, Nikmati Wisata Bahari di Pantai Kuta

Pantai Kuta Lombok (Ist) Pesona wisata bahari di Lombok, Nusa Tenggara Barat memang beragam sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Pulau Seribu Masjid ini. Ya, begitu

Tourism

Tak Perlu Terbang ke Luar Negeri, Cukup di Indonesia Saja

Kalibiru Yogyakarta (Ist) Tak perlu terbang ke luar negeri ketika traveler memutuskan ingin berlibur. Cukup di Indonesia saja sebab negeri ini dikenal kaya akan pesona wisata dan budaya yang selama

Festival

White Glam FESTIVE SEASON grandkemang Hotel Jakarta

White Glam FESTIVE SEASON grandkemang Hotel Jakarta (Ist) Perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini mengusung tema ‘White Glam’ dimana area lobby hotel akan didekorasi dengan pohon Natal bergaya kontemporer

Destinations

Memotret Kampung Wisata Budaya Langenastran

Istri Wagub DIY GKBRAY A Paku Alam X menandai pembukaan Festival ‘Batik&Bathok Night’ di Jalan Langenastran dengan membatik dan disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro (Ist) GKBRAY A.Paku Alam X (kebaya ungu)

Hotel

Nihiwatu Membanggakan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan pada Press Conference Nihiwatu “#1 Hotel in the World” By Travel + Leisure Magazine’s bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016) (Ist)