Menanti Rumah Kita

Direktur UtamaPelindo III,Dirut Pelni, Direktur Komersial Bulog

Nota Kesepahaman Rumah Kita (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) merespons cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan.

Bersama Bulog dan Pelni, Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat logistik dan komoditas serta pengangkutan barang yang murah dan efisien khususnya di wilayah timur Indonesia. Kesepakatan antara Pelindo III, Bulog, dan Pelni tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani besama di Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut program Rumah Kita sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menekan disparitas harga di beberapa wilayah Indonesia. Program ini menuntut ketersediaan pusat-pusat logistik untuk menampung barang-barang komoditas dari daerah-daerah yang ada di sekitar pusat logistik tersebut. 

Selain pusat logistik, program Rumah Kita juga membutuhkan pihak pengelola komoditas dan pihak yang melakukan pengangkutan barang untuk mendistribusikan komoditas tersebut ke wilayah lain.

“Pelindo III nanti sebagai penyedia pusat logistik, mulai pelabuhan, gudang atau tempat penyimpanan lainnya.  Bulog yang menyediakan komoditas-komoditas, sedangkan Pelni nanti yang menyediakan pengangkutan untuk distribusi barang,” jelas Orias..

Menurut Orias, Pelindo III akan menyiapkan beberapa pusat logistik khususnya di beberapa wilayah di Indonesia timur yang menjadi wilayah kerja perusahaan. Kementerian Perhubungan telah menetapkan beberapa pusat-pusat logistik yang ada di wilayah Pelindo III, yakni Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi. 

Program Rumah Kita memanfaatkan jalur-jalur pelayaran yang termasuk dalam rute Tol Laut. “Selain memanfaatkan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, program Rumah Kita juga memanfaatkan fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan seperti yang ada di Dompu dan Rote,” ucapnya.

Direktur Komersial Perum Bulog Febriyanto menyebut pihaknya siap mendukung pelaksanaan program Rumah Kita. Bulog, katanya, berperan dalam penyediaan bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan oleh masyarakat. 

Selain itu, Bulog juga berperan untuk melakukan pendistribusian komoditas kepada masyarakat. “Bulog juga bisa memanfaatkan gudang-gudang logistik yang kami miliki di beberapa daerah,” katanya. 

Sementara Direktur Utama Pelni Elfien Guntoro menyebut peran perseroan yang dipimpinnya dalam program Rumah Kita adalah sebagai penyelenggara angkutan kapal tol laut guna pendistribusian komoditas yang dikelola oleh Bulog. 

Pelni juga diminta untuk menjamin ketersetiaan ruang angkutan di kapal tol laut untuk pendistribusian komoditas khususnya untuk angkutan-angkutan yang sudah terjadwal. “Dari sisi angkutan Pelni siap untuk membawa komoditas Bulog, kami memiliki rute-rute pelayaran yang sudah terjadwal khususnya untuk wilayah timur Indonesia, terangnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

HPN 2018 Berikan Anugerah Jurnaslistik Adinegoro di Sumbar

Rapat persiapan HPN 2018 (Ist) Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada Februari 2018 mendatang semakin matang. HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan

Nature

Wisatawan Belanda Suka View dari Kereta Wisata

Wisatawan menggunakan kereta wisata (Ist) Wisatawan mancanegara dari Eropa, seperti Belanda menikmati view pemandangan alam Indonesia yang ada di Jawa ketika menggunakan kereta wisata dalam perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta.

Heritage

Terlalu Banyak yang Urus Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Pemerintah menilai di Indonesia selama ini terlalu banyak pihak yang mengurus pariwisata. Karenanya pemerintah pun mengevaluasi pariwisata negeri ini sepanjang 2015. Terlalu banyak pihak

Slideshow

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Semakin Cepat

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Tim Percepatan 10 Top Destinasi Prioritas, yang oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya sering dijuluki ’10 Bali Baru’ semakin kencang. Menariknya setiap Minggu, tim yang dipimpin

Slideshow

Kemenpar Gandeng Asosiasi Pariwisata Siaga Bantu Wisman

Wisatawan mancanegara di LIA (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tanpa henti terus memantau perkembangan kondisi pelayanan dan pengantaran wisatawan mancanegara (wisman) keluar dari Pulau Lombok. Karenannya Menpar Arief telah

Festival

KKPDT 2016 Dihadiri Presiden Jokowi dan 9 Menteri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Gaung Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 semakin menyita seluruh petinggi negeri ini. Bukan hanya Presiden Jokowi,