Menanti Rumah Kita

Direktur UtamaPelindo III,Dirut Pelni, Direktur Komersial Bulog

Nota Kesepahaman Rumah Kita (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) merespons cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan.

Bersama Bulog dan Pelni, Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat logistik dan komoditas serta pengangkutan barang yang murah dan efisien khususnya di wilayah timur Indonesia. Kesepakatan antara Pelindo III, Bulog, dan Pelni tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani besama di Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut program Rumah Kita sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menekan disparitas harga di beberapa wilayah Indonesia. Program ini menuntut ketersediaan pusat-pusat logistik untuk menampung barang-barang komoditas dari daerah-daerah yang ada di sekitar pusat logistik tersebut. 

Selain pusat logistik, program Rumah Kita juga membutuhkan pihak pengelola komoditas dan pihak yang melakukan pengangkutan barang untuk mendistribusikan komoditas tersebut ke wilayah lain.

“Pelindo III nanti sebagai penyedia pusat logistik, mulai pelabuhan, gudang atau tempat penyimpanan lainnya.  Bulog yang menyediakan komoditas-komoditas, sedangkan Pelni nanti yang menyediakan pengangkutan untuk distribusi barang,” jelas Orias..

Menurut Orias, Pelindo III akan menyiapkan beberapa pusat logistik khususnya di beberapa wilayah di Indonesia timur yang menjadi wilayah kerja perusahaan. Kementerian Perhubungan telah menetapkan beberapa pusat-pusat logistik yang ada di wilayah Pelindo III, yakni Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi. 

Program Rumah Kita memanfaatkan jalur-jalur pelayaran yang termasuk dalam rute Tol Laut. “Selain memanfaatkan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, program Rumah Kita juga memanfaatkan fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan seperti yang ada di Dompu dan Rote,” ucapnya.

Direktur Komersial Perum Bulog Febriyanto menyebut pihaknya siap mendukung pelaksanaan program Rumah Kita. Bulog, katanya, berperan dalam penyediaan bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan oleh masyarakat. 

Selain itu, Bulog juga berperan untuk melakukan pendistribusian komoditas kepada masyarakat. “Bulog juga bisa memanfaatkan gudang-gudang logistik yang kami miliki di beberapa daerah,” katanya. 

Sementara Direktur Utama Pelni Elfien Guntoro menyebut peran perseroan yang dipimpinnya dalam program Rumah Kita adalah sebagai penyelenggara angkutan kapal tol laut guna pendistribusian komoditas yang dikelola oleh Bulog. 

Pelni juga diminta untuk menjamin ketersetiaan ruang angkutan di kapal tol laut untuk pendistribusian komoditas khususnya untuk angkutan-angkutan yang sudah terjadwal. “Dari sisi angkutan Pelni siap untuk membawa komoditas Bulog, kami memiliki rute-rute pelayaran yang sudah terjadwal khususnya untuk wilayah timur Indonesia, terangnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Selamat Hari Pariwisata Dunia

Selamat Hari Pariwisata Dunia (Ist) Manajemen, staf, dan redaksi patainanews.com mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia pada 27 September 2016. Semoga pariwisata Indonesia semakin dikenal di pentas internasional dan membawa dampak

Travel Operator

JAS Apresiasi Emirates Dekatkan Wisatawan ke 10 Bali Baru

JAS memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist) Manajemen PT Jasa Amgkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional menyambut positif Emirates yang menambah frekuensi penerbangan dari Dubai ke

Tour Package

Akeyla Sinergi dengan KRIJA Indonesia Promosikan Budaya Nusantara

Sinergi antara Akeyla dengan KRIJA Indonesia (Ist) Desainer cilik yang tengah naik daun dengan segudang prestasi, Akeylanaraya Alyandina bersama Enny Kwan, pemilik Red Cherry Clay & Art Workshop yang mengusung

Festival

Jakarta Tujuan Favorit Wisman

Toko Merah di kawasan Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta memang dikenal macet. Namun, itu tidak membuat wisatawan mancanegara (wisman) membatalkan kunjungan ke Ibukota Republik Indonesia ini. Sebut saja kawasan Kota

World Heritage

Pariwisata NTB Apresiasi Ide Arief Yahya Penataan Cahaya Masjid di Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Pelaku bisnis pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya terhadap ide brilian

Destinations

Flores yang Kece Memikat Nila Tanzil

Nila Tanzil (Ist) Nila Tanzil di Labuan Bajo (Ist) Keindahan alam Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat sosok satu ini jatuh cinta. Ya, Nila Tanzil mengaku pemandangan alam yang