Menanti Rumah Kita

Direktur UtamaPelindo III,Dirut Pelni, Direktur Komersial Bulog

Nota Kesepahaman Rumah Kita (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) merespons cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan.

Bersama Bulog dan Pelni, Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat logistik dan komoditas serta pengangkutan barang yang murah dan efisien khususnya di wilayah timur Indonesia. Kesepakatan antara Pelindo III, Bulog, dan Pelni tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani besama di Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut program Rumah Kita sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menekan disparitas harga di beberapa wilayah Indonesia. Program ini menuntut ketersediaan pusat-pusat logistik untuk menampung barang-barang komoditas dari daerah-daerah yang ada di sekitar pusat logistik tersebut. 

Selain pusat logistik, program Rumah Kita juga membutuhkan pihak pengelola komoditas dan pihak yang melakukan pengangkutan barang untuk mendistribusikan komoditas tersebut ke wilayah lain.

“Pelindo III nanti sebagai penyedia pusat logistik, mulai pelabuhan, gudang atau tempat penyimpanan lainnya.  Bulog yang menyediakan komoditas-komoditas, sedangkan Pelni nanti yang menyediakan pengangkutan untuk distribusi barang,” jelas Orias..

Menurut Orias, Pelindo III akan menyiapkan beberapa pusat logistik khususnya di beberapa wilayah di Indonesia timur yang menjadi wilayah kerja perusahaan. Kementerian Perhubungan telah menetapkan beberapa pusat-pusat logistik yang ada di wilayah Pelindo III, yakni Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi. 

Program Rumah Kita memanfaatkan jalur-jalur pelayaran yang termasuk dalam rute Tol Laut. “Selain memanfaatkan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, program Rumah Kita juga memanfaatkan fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan seperti yang ada di Dompu dan Rote,” ucapnya.

Direktur Komersial Perum Bulog Febriyanto menyebut pihaknya siap mendukung pelaksanaan program Rumah Kita. Bulog, katanya, berperan dalam penyediaan bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan oleh masyarakat. 

Selain itu, Bulog juga berperan untuk melakukan pendistribusian komoditas kepada masyarakat. “Bulog juga bisa memanfaatkan gudang-gudang logistik yang kami miliki di beberapa daerah,” katanya. 

Sementara Direktur Utama Pelni Elfien Guntoro menyebut peran perseroan yang dipimpinnya dalam program Rumah Kita adalah sebagai penyelenggara angkutan kapal tol laut guna pendistribusian komoditas yang dikelola oleh Bulog. 

Pelni juga diminta untuk menjamin ketersetiaan ruang angkutan di kapal tol laut untuk pendistribusian komoditas khususnya untuk angkutan-angkutan yang sudah terjadwal. “Dari sisi angkutan Pelni siap untuk membawa komoditas Bulog, kami memiliki rute-rute pelayaran yang sudah terjadwal khususnya untuk wilayah timur Indonesia, terangnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

All About Indonesia

WKB Dipercaya Panasonic

Yudika, pemilik WKB (kanan) Keberadaan Warteg Kharisma Bahari (WKB) semakiin diminati masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek. Yudika, sapaan akrab Sayudi, pemilik WKB mengaku senang mendapat kepercayaan dari Panasonic. “WKB digandeng

Cuisine

PHRI Dukung Visit Wonderful Indonesia 2018

Ketua PHRI Haryadi Sukamdani (Ist) PHRI menyatakan siap mendukung Visit Wonderful Indonesia 2018 dalam upaya merealisasikan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun depan. Hal tersebut disampaikan

Heritage

Helicity Dukung Digital Tourism

Berita Foto: CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakor Kemenpar tentang Digital Tourism di Bali (Ist) Berita Foto: CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja menjadi pembicara

World Heritage

Gegeni, Masyarakat Suku Tengger Menyapa Akrab Wisatawan

Gegeni, cara masyarakat Suku Tengger menyapa akrab wisatawan (Ist) Pemerintah telah menetapkan Bromo Tengger Semeru termasuk 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga

Destinations

151 Paket Wisata Disiapkan Sambut Asian Games 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olah raga Asian Games 2018. Berbagai hal telah dipersiapkan guna menyambut kehadiran puluhan ribu atlet

Airlines

Borobudur International Festival 2017 Perkuat Destinasi Joglosemar

Candi Borobudur (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan launching Borobudur International Festival (BIF) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta,