Menanti Sumsel Jadi Destinasi Sport Tourism

irene dan bule

Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (enam dari kiri) dan Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (lima dari kiri) berpose bersama dalam opening ceremony International Musi Triboatton 2016 di Muba (Ist)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tengah bekerja keras mengupayakan Bumi Sriwijaya menjadi destinasi sport tourism terbaik di Indonesia sehingga semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini, termasuk ke Sumsel.

Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya telah menetapkan Sumsel sebagai model sport tourism di Indonesia. Ya, Sumsel tampak percaya diri bisa menjadi destinasi wisata yang diminati wiatawan Nusantara (wisnus) dan turis asing lantaran di Bumi Sriwijaya telah ada Jakabaring dan Sungai Musi.

“Jakabaring yang ada di Palembang adalah venue yang biasa menggelar event olahraga internasional,” ujar Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel kepada pers di Palembang dalam penutupan International Musi Triboatton 2016, Minggu (15/5/2016).

Ia menjelaskan, selain International Musi Triboatton 2016, Sumsel juga tengah bersiap akan menggelar Kejuaran Asia Triathlon 2017, dan ASIAN Games 2018.

Menariknya Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon 2017 berdasarkan hasil kongres Asian Triathlon Confederation di Jepang pada 1 Mei lalu.

Dan, Palembang, Sumsel bersama Jakarta juga dipercaya menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018 mendatang. “Sejak menjadi tuan rumah SEA Games dan berdirinya Jakabaring membuat Sumsel selalu dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga nasional, internasional, bahkan dunia,” tuturnya.

Adapun Sumsel baru saja selesai menggelar International Musi Triboatton 2016 pada 11 hingga 15 Mei lalu. Jambi tampil sebagai juara umum International Musi Triboatton 2016.

Ya, keberhasilan Jambi tahun ini mengulang sukses yang diperoleh tahun sebelumnya pada International Musi Triboatton 2015. Pada opening ceremony International Musi Triboatton 2016 dihadiri Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kamis (12/5/2016).

Dalam opening ceremony Internasional Musi Triboatton 2016 ini mempromosikan salah satu kuliner khas Muba yang mulai terlupakan, yaitu Sedekah Bumi atau Lemang yang merupakan tradisi khusus Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba. (Gabriel Bobby)

 





About author



You might also like

Destinations

Kampung Wisata di Yogyakarta Diyakini Memikat Wisatawan

Istri Wakil Gubernur DI Yogyakarta GKBRAY A Paku Alam X membatik menandai pembukaan Festival Batik& Bathok Night di Kampung Wisata Budaya Langenastran disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro di nDalem Dorojaten. (Ist)

Destinations

Wisata Bahari Andalan Lombok

LA Hadi Faishal (Ist) Upaya pemerintah melalui wisata bahari guna mewujudkan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019 mendatang direspons positif industri pariwisata yang ada di Lombok,

Travel Operator

Presiden Jokowi Promosikan Pariwisata RI di Tiongkok

Presiden Jokowi di Tiongkok (Ist) Pemerintah melakukan cara yang cerdas dalam membidik turis Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Tiongkok ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Investments

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Semakin Cepat

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Tim Percepatan 10 Top Destinasi Prioritas, yang oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya sering dijuluki ’10 Bali Baru’ semakin kencang. Menariknya setiap Minggu, tim yang dipimpin

World Heritage

Sambut ASIAN GAMES 2018, Sumsel Gencar Promosi Pariwisata

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan tampak sangat serius untuk mendongkrak kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, yang tentnnya ke Sumatera Selatan. Salah satu langkah yang dilakukan

Nature

Libur Akhir Tahun ke Bali Nikmati Denpasar Festival 2016

Launching Denpasar Festival 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya diwakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman bersama Walikota Denpasar I B Rai Dharmawijaya Mantra melakukan launching