Menanti Sumsel Jadi Destinasi Sport Tourism

irene dan bule

Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (enam dari kiri) dan Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (lima dari kiri) berpose bersama dalam opening ceremony International Musi Triboatton 2016 di Muba (Ist)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tengah bekerja keras mengupayakan Bumi Sriwijaya menjadi destinasi sport tourism terbaik di Indonesia sehingga semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini, termasuk ke Sumsel.

Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya telah menetapkan Sumsel sebagai model sport tourism di Indonesia. Ya, Sumsel tampak percaya diri bisa menjadi destinasi wisata yang diminati wiatawan Nusantara (wisnus) dan turis asing lantaran di Bumi Sriwijaya telah ada Jakabaring dan Sungai Musi.

“Jakabaring yang ada di Palembang adalah venue yang biasa menggelar event olahraga internasional,” ujar Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel kepada pers di Palembang dalam penutupan International Musi Triboatton 2016, Minggu (15/5/2016).

Ia menjelaskan, selain International Musi Triboatton 2016, Sumsel juga tengah bersiap akan menggelar Kejuaran Asia Triathlon 2017, dan ASIAN Games 2018.

Menariknya Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon 2017 berdasarkan hasil kongres Asian Triathlon Confederation di Jepang pada 1 Mei lalu.

Dan, Palembang, Sumsel bersama Jakarta juga dipercaya menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018 mendatang. “Sejak menjadi tuan rumah SEA Games dan berdirinya Jakabaring membuat Sumsel selalu dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga nasional, internasional, bahkan dunia,” tuturnya.

Adapun Sumsel baru saja selesai menggelar International Musi Triboatton 2016 pada 11 hingga 15 Mei lalu. Jambi tampil sebagai juara umum International Musi Triboatton 2016.

Ya, keberhasilan Jambi tahun ini mengulang sukses yang diperoleh tahun sebelumnya pada International Musi Triboatton 2015. Pada opening ceremony International Musi Triboatton 2016 dihadiri Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kamis (12/5/2016).

Dalam opening ceremony Internasional Musi Triboatton 2016 ini mempromosikan salah satu kuliner khas Muba yang mulai terlupakan, yaitu Sedekah Bumi atau Lemang yang merupakan tradisi khusus Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Target 20 Juta Kunjungan Wisman adalah Tugas Bersama

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Ist) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pariwisata sebagai sektor multidimesi perlu didukung secara multidimensional, termasuk dalam hal investasi dan pembiayaan. Hal ini agar

Destinations

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Nature

2019, Indonesia Siapkan 3 Turnamen Mancing Internasional

Ilustrasi mancing (Ist) Indonesia menyiapkan tiga turnamen mancing internasional pada tahun depan sebagai upaya meningkatkan devisa dari wisata mancing (fishing tourism) sekaligus mempopulerkan Indonesia sebagai fishing destination terbaik di dunia.

SightSeeing

Morotai Percepat Akses dan Amenitas

Destinasi wisata bahari di Morotai (Iat) Morotai, pulau di ujung Pasifik di Maluku Utara sudah lama ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Bahkan sejak masa pemerintahan Presiden SBY, namun

Slideshow

Melihat Peruntungan di Tahun 2016

Logo President University (Ist) Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhist (KMB) Ashokavardhana President University mengadakan kegiatan Tahun Baru China yang biasa disebut Cap Gomeh bertajuk ‘Light up the Spirit of Chinese New

Tourism

FKN 2018 Perkuat Komitmen Kabupaten Sumenep Sebagai Kota Pariwisata

FKN 2018 (Ist) Sebagai upaya dan membangun komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk menjadikan pariwisata sebagai leading sector terus dikumandangkan. Salah satunya dengan menggelar berbagai event sebagai atraksinya. Abuya