Menanti Sumsel Jadi Destinasi Sport Tourism

irene dan bule

Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (enam dari kiri) dan Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation (lima dari kiri) berpose bersama dalam opening ceremony International Musi Triboatton 2016 di Muba (Ist)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tengah bekerja keras mengupayakan Bumi Sriwijaya menjadi destinasi sport tourism terbaik di Indonesia sehingga semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke negeri ini, termasuk ke Sumsel.

Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya telah menetapkan Sumsel sebagai model sport tourism di Indonesia. Ya, Sumsel tampak percaya diri bisa menjadi destinasi wisata yang diminati wiatawan Nusantara (wisnus) dan turis asing lantaran di Bumi Sriwijaya telah ada Jakabaring dan Sungai Musi.

“Jakabaring yang ada di Palembang adalah venue yang biasa menggelar event olahraga internasional,” ujar Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel kepada pers di Palembang dalam penutupan International Musi Triboatton 2016, Minggu (15/5/2016).

Ia menjelaskan, selain International Musi Triboatton 2016, Sumsel juga tengah bersiap akan menggelar Kejuaran Asia Triathlon 2017, dan ASIAN Games 2018.

Menariknya Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon 2017 berdasarkan hasil kongres Asian Triathlon Confederation di Jepang pada 1 Mei lalu.

Dan, Palembang, Sumsel bersama Jakarta juga dipercaya menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018 mendatang. “Sejak menjadi tuan rumah SEA Games dan berdirinya Jakabaring membuat Sumsel selalu dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga nasional, internasional, bahkan dunia,” tuturnya.

Adapun Sumsel baru saja selesai menggelar International Musi Triboatton 2016 pada 11 hingga 15 Mei lalu. Jambi tampil sebagai juara umum International Musi Triboatton 2016.

Ya, keberhasilan Jambi tahun ini mengulang sukses yang diperoleh tahun sebelumnya pada International Musi Triboatton 2015. Pada opening ceremony International Musi Triboatton 2016 dihadiri Phil Reader, Sports Development Representative International Dragon Boat Federation di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kamis (12/5/2016).

Dalam opening ceremony Internasional Musi Triboatton 2016 ini mempromosikan salah satu kuliner khas Muba yang mulai terlupakan, yaitu Sedekah Bumi atau Lemang yang merupakan tradisi khusus Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Slideshow

Indonesia Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 yang mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Festival

Prospek Cerah Bisnis Wisata Kapal Pesiar Indonesia

Kapal pesiar sandar di Pelabuhan Benoa, Bali (Ist) Komitmen PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III dalam mendukung sektor pariwisata nasional menunjukkan prospek cerah. Ini ditunjukkan dengan tingginya arus kunjungan

Destinations

Tenun Ikat Kediri Diminati Wisatawan Eropa

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Wisatawan mancanegara asal Eropa rupanya selama ini menyukai kain tradisional

SightSeeing

Yogyakarta tak Pernah Membosankan

Candi Borobudur yang merupakan ikon Joglosemar yang menjadi tujuan favorit wisman (Ist) Destinasi wisata Yogyakarta tak pernah membosankan bagi traveler. Wisatawan Nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) kerap kali menyambangi

SightSeeing

Kementerian Pariwisata Sosialisasikan Program Homestay Desa Wisata di Tana Toraja

Wisatawan di Tana Toraja (Ist) Sebagai rangka gencarkan sektor pariwisata, Kemenpar sosialisasikan program Homestay Desa Wisata di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Program Homestay Desa Wisata termasuk dalam 3 program prioritas

SightSeeing

Pemprov NTB Harus Perhatikan Pantai Kuta Lombok

Wisatawan mancanegara tidak terlihat khawatir ketika melintas dan melihat ada penjagaan ketat saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok yang dihadiri Presiden Jokowi pada 9 Februari 2016  Pemerintah