Menarik Hotel di Bali Ramah Turis Muslim

keris

Keris Bali jadi daya tarik wisatawan asing ke Pulau Dewata (www.ninaflynnphotography.com)

Tiga destinasi wisata di Indonesia, yakni Lombok di Nusa Tenggara Barar, Sumatera Barat, dan Aceh sepakat mengandalkan wisata halal sebagai data tarik wisatawan, termasuk turis asing, khususnya dari kawasan Timur Tengah berkunjung ke destinasi masing-masing, namun hotel keluarga ramah wisatawan Muslim justru ada di Kuta, Bali.

Menurut Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Riyanto Sofyan, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia optimisitis dapat menjadi destinas pariwisata halal nomor satu dunia pada 2019.

“Indonesia memang sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Mengapa? Karena memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara dan hal semacam itu merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain. Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan muslim atau muslim friendly tourism,” kata Arief Yahya.

“Bali terkenal dengan dugem dan bikininya tapi Bali bisa menang dalam kontes ini,” kata Riyanto Sofyan di Jakarta, Rabu (21/9/2016). Adapun kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik diraih Rhadana Hotel dari Kuta, Bali.

Ya, hotel ini rupanya sudah memiliki sertifikat halal dari badan BPOM. “Fasilitas halal dinilai dari makanan bersetifikat halal, kemudahan air (basuh), tempat ibadah, dan aturan tidak mengizinkan tamu memakai bikini dan minum-minuman beralkohol, seperti kata Riyanto.

“Padahal Bali tidak masuk ke dalam promosi 10 destinasi program Kemenpar,” kata Riyanto. Seperti diketahui, Pulau Dewata sudah sangat terkenal di dunia sehingga Kementerian Pariwisata mengusung destinasi lain, yakni 10 Bali baru dan untuk destinasi wisata halal ada Lombok, NTB, Sumatera Barat, dan Aceh.

“Kami menilai kompetisi ini dengan sangat adil. Kami melakukan equal opportunity untuk semua nominasi,” tambah Riyanto. Menurutnya, Rhadana Hotel memenangkan kompetisi ini bukan hanya karena sertifikat halal yang dimilikinya.

Menariknya komitmen akan wisata halal juga terus dijaga oleh hotel ini. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)



About author



You might also like

Tourism

BPPD Soppeng Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan di Sulsel

Kepala BPPD Soppeng Farouk Adam (kedua dari kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) BPPD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kesempatan menghadiri Rakernas ASITA II sebagai ‘peninjau’ atas undangan

Tourism

Herliansa Chrisnasari Puspita Wakil Jawa Tengah Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

General Manager Hotel Horison NJ Semarang Aditya Maulana (kedua dari kanan) foto bersama dengan Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel (paling kanan) (Ist) Herliansa Chrisnasari Puspita terpilih menjadi wakil

Tour Package

Mercure Jakarta Sabang Dukung Earth Hour 2018

Earth Hour 2018 di Hotel Mercure Jakarta Sabang (Ist) Dalam rangka menyambut Earth Hour 2018 Hotel Mercure Jakarta Sabang mengadakan beberapa rangkaian kegiatan untuk ikut mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.

Indonesiaku

Natal 2017 Bersama Wartawan

Natal 2017 bersama wartawan (Ist) Jaringan Jurnalis Kristiani akan mengadakan Perayaan Natal & Ibadah Syukur Tahun Baru 2018 di Jakarta, Rabu, 17 Januari mendatang mengusung tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus

Slideshow

Pemerintah Dukung Pengembangan KEK Tanjung Lesung

Pengembangan kawasan Tanjung Lesung, Banten, menjadi destinasi wisata besar di negeri ini terus dilakukan. Pemerintah pun tak berdiam diri dengan memberikan dukungan penuh. Karenanya manajemen PT Jababeka Tbk memberikan apresiasi

Airlines

Sulawesi Tenggara Gencarkan Promosi Pariwisata di Paris

Pariwisata Perancis promosi di Paris (Ist) Sebanyak 20 tur operator Perancis akan hadir dalam acara promosi pariwisata bertajuk Célèbes Sud Est : Plongez dans l’inexploré’ pada 11 Juli mendatang bertempat