Menariknya Kaligrafi Mongolia

20160625_114144

Hasil karya kaligrafi Mongolia yang penuh seni memikat pengunjung

Sosok Jengis Khan dan Kubilai Khan begitu dikenal dari Mongolia. Dua nama itu pada masa lalu populer di dunia. Menariknya selama ini kaligrafi identik dengan kawasan Timur Tengah.

Ya, dunia mengakui dua sosok dari Mongolia. Namun, Mongolia rupanya juga memiliki kaligrafi yang khas. Kaligrafi sepertinya bukan lagi monopoli negeri di kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi lantaran kaligrafi ternyata juga dikenal di Mongolia.

Ya, paneran kaligrafi Mongolia diadakan di kawasan Kota Tua, Jakarta (25/6/2016). Adapun Mongolia terletak di wilayah Asia tak jauh dari Tuongkok.

kaligrafi Mongolia

Tanpak Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (batik coklat) dan Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo (batik merah) mengamati proses pembuatan kaligrafi Mongolia (Ist) 

Pada kesempatan ini, President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berkesempatan hadir. Poernomo juga merupakan direktur utama PT Banten West Java (BWJ) yang mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Tanjung Lesung di Banten.

Menariknya Kota Tua berdasarkan penganatan patainanews.com banyak dikunjungi wisatawan. Dan, manajemen PT Jababeka Tbk diketahui tengah membangun Mongolian Culture Center di Tanjung Lesung, Banten yang akan beroperasi pada November mendatang.

Hal terxebut disampaikan Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo dalam sambutannya di pembukaan pameran kaligrafi Mongolia di kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (25/6/2016).

Seperti diketahui, PT BWJ adalah anak perusahaan dari PT Jababeka. Poernomo menjleaksan bahwa pada Mei lalu telah dilaksanakan Golf Tournament di Cikarang Golf untuk memperkenalkan kuliner dan budaya Mongolia.

“Dan hari ini Bapak SD Darmono, Founder Jababeka Group mendukung pelaksanaan pameran kaligrafi Mongolia di Kota Tua Jakarta ini.,” ucap Poernomo yang juga President/CEO PATA Indonesia Chapter.

Menarik Minat Wisatawan

Memperingati 60 tahun kerja sama hubungan bilateral pemerintah Mongolia dengan Indonesia, Kedutaan Besar Mongolia menggelar acara pameran seni kaligrafi.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama hadir dalam pembukaan acara tersebut. Ahok mengaku terkesan dengan kesenian dan budaya Mongolia.

Hal itu dilontarkannya usai menghadiri pembukaan acara The Mongolian Calligraphy and IQ Toys Exhibition di Gedung Kantor Pos Lama kawasan Kota Tua, Sabtu (25/6/2016).

Pada kesempatan itu, Ahok sempat diajak Duta Besar Mongolia untuk Indonesia Battsetseg Shagdar mengamati dan melihat proses pembuatan kaligrafi serta cuplikan video tentang kesenian Mongolia.

“Kebetulan saya suka juga dengan budaya Mongol. Kita kan tahu ada Jengis Khan, Kubilai Khan. Terus tadi ada dilihatin cara ngelatih elang untuk berburu. Kehidupannya menarik,” katanya.

The Mongolian Calligraphy and IQ Toys Exhibition diadakan selama dua hari, pada 25-26 Juni 2016. Ahok berharap ke depannya akan banyak event-event serupa digelar di Jakarta.

“Di sini kan kedubes ada banyak nih. Kalau setiap negara bisa adakan yang seperti ini, saya rasa bagus untuk pariwisata kita,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Hotel

Garuda Indonesia Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata-Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (28/4/2016) oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo (kanan) dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (tengah) disaksikan Menteri Pariwisata Arief

SightSeeing

Madrim Promosikan Pariwisata Jabar ke Mancanegara

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Madrim Kusumah Andhini, pengusaha asal Bandung dengan bendera CV Tigamadhiatama serius mempromosikan beragam potensi pariwisata Jawa Barat (Jabar) hingga ke mancanegara. “Etnik Bandung menjadi nama tour

Slideshow

JAS Apresiasi Emirates Dekatkan Wisatawan ke 10 Bali Baru

JAS memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist) Manajemen PT Jasa Amgkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional menyambut positif Emirates yang menambah frekuensi penerbangan dari Dubai ke

Travel Operator

Januari 2017, Kampung Lawas Maspati Undang Presiden Jokowi

Undangan untuk Presiden Jokowi (Ist) Kampung Lawas Maspati di Surabaya, Jawa Timur memutuskan untuk mengundang Presiden Jokowi hadir dalam Deklarasi Kebangkitan Wong Kampung pada 14-15 Januari 2017 mendatang. Hal tersebut

SightSeeing

Presiden Jokowi Kunjungi Booth Batik Fractal

Presiden Jokowi mengunjungi booth Batik Fractal (Ist) Tak salah memang Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Batik Fractal ketika melakukan kunjungan kerja ke Bandung Creative City Forum (BCCF) pada

SightSeeing

Tanjung Lesung Berjaya dalam Lomba Menulis Wisata Bahari 2016

Para pemenang lomba menulis wisata bahari Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (Ist) Pesona Tanjung Lesung di Banten yang termasuk destinasi wisata bahari favorit di Nusantara yang diminati wisatawan ternyata menarik untuk