Mencintai Alam untuk Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

WhatsApp Image 2018-01-28 at 13.07.29

Elpala SMA 68 Jakarta (Ist)

Kegiatan pencinta alam merupakan salah satu cara pelajar untuk dapat mendekatkan diri kepada Tuhan karena melalui alam para pelajar dapat merasakan betapa besar karunia Tuhan kepada umat manusia. 

Hal itu disampaikan pendiri klub pencinta alam Elpala SMA 68 Jakarta Dar Edi Yoga ketika menanggapi keinginan para pencinta alam di Jakarta agar mencabut Pergub Nomor 179 tahun 2015 Tentang Ekstra Kurikuler dimana dalam surat Surat Edaran Kadis Pendidikan Provinsi DKI tertuang tentang Larangan Berkegiatan Luar Kota.

“Alam beserta isinya dan hukum-hukum yang ada padanya merupakan sekolah yang baik bagi pembinaan watak manusia, oleh sebab itu kegiatan para pelajar di alam bebas patut didukung,” tegas Dar Edi Yoga yang juga Penasehat Top Ranger And Mountain Pathfinder ( TRAMP).

Karenanya Dar Edi Yoga yang juga manajer pendaki tunadaksa dunia Sabar Gorky memohon agar Gubernur DKI Anies Baswedan mencabut Pergub Nomor 179 tahun 2015  karena hal itu justru menghambat kreativitas siswa dan membuat ekstra kurikuler siswa itu tidak terbina dengan baik dan cenderung menjadi liar.

“Jangan gara-gara ulah sekelompok siswa, yang lain kena imbasnya. Sehingga para kepala sekolah mengambil posisi aman dengan melarang kegiatan di luar sekolah dan bahkan ada yang menutup kegiatan klub pencinta alam di sekolah yang dipimpinnya,” jelas Dar Edi Yoga dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Menurut Dar Edi Yoga, mendaki gunung, masuk keluar gua, menyusuri pantai, panjat tebing adalah proses remaja mendewasakan dirinya. Untuk itu ekstra kurikuler di sekolah patut diapresiasi, diberi bimbingan dan pelatihan agar kecelakaan di alam dapat diminimalisir. 

“Daripada siswa berkutat dengan game di gadgetnya, berkeliaran di mall, tawuran, khan lebih baik diisi dengan kegiatan alam bebas yang akan menjadikan mereka generasi yang lebih bertanggung jawab,” imbuh Dar Edi Yoga yang sukses mengantarkan siswa Elpala SMA 68 meraih rekor MURI. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Tiga Program Utama Tugas Badan Otorita Pariwisata Borobudur

Borobudur (Ist( Sejak dikenalkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Badan Otorita Pariwisata Borobudur (BOB) langsung tancap gas dengan mengeluarkan strategi pengembangan kawasan yang menjadi 10 destinasi prioritas pariwisata yang kian dimatangkan.

Indonesiaku

Pentingnya Sektor Maritim untuk Membangun Negeri

Presiden Jokowi mengedepankan untuk membangun sektor maritim dalam pembangunan nasional pada masa kepemimpinannya. Sektor maritim kini menjadi primadona pembangunan nasional, termasuk wisata bahari. Apalagi Presiden Joko Widodo pun memasang target

Indonesiaku

Keberpihakan Dunia Usaha dan Upaya Pencegahan Pariwisata Seks Anak

Turis asing berkunjung ke Indonesia tanpa harus melakukan eksploitasi seks anak (Ist)  Kejahatan eksploitasi seksual komersial anak yang meliputi pelacuran anak, pornografi anak dan pariwisata seks anak dari tahun ke

Slideshow

Pendidikan Karakter Meriahkan HPN 2017

Destinasi wisata di Maluku (youtube) PWI Pusat akan mengadakan pendidikan karakter untuk generasi muda Maluku. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa dan siswa se Maluku. Hal itu diungkapkan Nurjaman Mochtar,

Slideshow

Harus Konsisten Jalin Sister City

Yoseph Umarhadi Rencana Cirebon, Jawa Barat menjadi sister city dengan Hawaii, Amerika Serikat (AS) disambut baik sebab akan membawa dampak positif terhadap perkembangan daerah tersebut. Anggota Komisi V DPR Yoseph

Indonesiaku

‘AKBP Irhamni akan Sukses di POLRI’

Ucapan selamat untuk AKBP M Irhamni (Ist) Sebagaimana pemberitaan media massa, salah satu penyidik senior KPK AKBP M Irhamni telah dikembalikan dari institusi KPK ke POLRI setelah mengabdi selama 10 tahun