Mendatangkan Wisman, RI Harus Belajar dari Thailand

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Mengurus pariwisata Indonesia, termasuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman) ternyata negeri ini harus belajar dari Thailand. Bukan dari negeri jiran Malaysia atau Singapura.

Tahun 2015 ini, kunjungan turis ke Negeri Gajah Putih tersebut diperkirakan mencapai angka 30 juta. “Thailand mendatangkan banyak turis Tiongkok. Mengapa? Karena ada banyak penerbangan langsung dari Tiongkok atau Hong Kong ke sana,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2015 Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Adapun Turis Tiongkok memang menjadi pasar pariwisata yang besar. AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata bercerita kalau dirinya belum lama ke Thailand dan melihat banyaknya penerbangan langsung dari Hong Kong misalnya.

“Ada 25 penerbangan langsung dari Hong Kong ke Thailand. Indonesia hanya punya sembilan, ke Bali lima dan ke Jakarta empat. Tidak ada setengahnya, ya kalahlah,” paparnya. Selanjutnya, Thailand punya lima kantor Thailand Authority of Thailand (TAT) di luar negeri yang memudahkan untuk promosi wisata negara itu.

Sementara Indonesia belum bisa seperti Thailand saat ini. Kemudian Thailand sudah menggandeng beberapa artis internasional dan atlet-atlet ternama sebagai endorsement wisata. Seperti untuk mendatangkan turis asal Tiongkok, Thailand mengundang superstar Hong Kong, Michelle Yim Wai Ling.

“Rafael Nadal dan Novak Djokovic juga sudah diundang untuk bermain tenis di sana,” kata AY. Adapun Thailand juga tengah mempercantik bandara U-Tapao karena Bandara Suvarnabhumi dan Bandara Don Muang sudah overload.

Hal itu, untuk menjaga pelayanan yang nyaman dan maksimal terhadap turis. “Thailand malah sedang mempersiapkan diri menjadi destinasi nomor satu Sport Tourism di ASEAN pada 2016 mendatang. Kita harus belajar dari apa yang Thailand lakukan,” pungkas Menteri Pariwisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

HELICITY Ikut Promosikan Wonderful Indonesia

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (kedua dari kiri) tengah menandatangani MoU co-branding dengan Kementerian Pariwisata (Ist) PT Whitesky Aviation melalui HELICITY ikut menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata

Slideshow

2017, Operasional BIJB Dimulai

Virda Dimas Ekaputra (Ist) Peletakan batu pertama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ditargetkan bisa dilakukan pada November mendatang setelah pembebasan lahan mencapai 873 Ha

World Heritage

MICE Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Suasana Rakor MICE (Ist) Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) konvensi, insentif, pertemuan, dan even atau MICE (Meeting, Incentive, Convention, and

Airlines

BPPD Soppeng Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan di Sulsel

Kepala BPPD Soppeng Farouk Adam (kedua dari kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) BPPD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kesempatan menghadiri Rakernas ASITA II sebagai ‘peninjau’ atas undangan

Cuisine

Syukuran Laut Kepulauan Seribu

Berita Foto: Pesta rakyat Kepulauan Seribu yang bersyukur nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan kuliner khas masyarakat Kepulauan Seribu dengan mengedepankan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Dua,

Nature

Enny Kwan yang Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia ke Malaysia

KRIJA Indonesia, boneka yang menggunakan pakaian adat khas Nusantara (Ist) Pariwisata Indonesia selama tak bisa lepas dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang beragam terus dipromosikan hingga ke mancanegara.