Mendatangkan Wisman, RI Harus Belajar dari Thailand

menpar dan hadi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)

Mengurus pariwisata Indonesia, termasuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara (wisman) ternyata negeri ini harus belajar dari Thailand. Bukan dari negeri jiran Malaysia atau Singapura.

Tahun 2015 ini, kunjungan turis ke Negeri Gajah Putih tersebut diperkirakan mencapai angka 30 juta. “Thailand mendatangkan banyak turis Tiongkok. Mengapa? Karena ada banyak penerbangan langsung dari Tiongkok atau Hong Kong ke sana,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2015 Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Adapun Turis Tiongkok memang menjadi pasar pariwisata yang besar. AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata bercerita kalau dirinya belum lama ke Thailand dan melihat banyaknya penerbangan langsung dari Hong Kong misalnya.

“Ada 25 penerbangan langsung dari Hong Kong ke Thailand. Indonesia hanya punya sembilan, ke Bali lima dan ke Jakarta empat. Tidak ada setengahnya, ya kalahlah,” paparnya. Selanjutnya, Thailand punya lima kantor Thailand Authority of Thailand (TAT) di luar negeri yang memudahkan untuk promosi wisata negara itu.

Sementara Indonesia belum bisa seperti Thailand saat ini. Kemudian Thailand sudah menggandeng beberapa artis internasional dan atlet-atlet ternama sebagai endorsement wisata. Seperti untuk mendatangkan turis asal Tiongkok, Thailand mengundang superstar Hong Kong, Michelle Yim Wai Ling.

“Rafael Nadal dan Novak Djokovic juga sudah diundang untuk bermain tenis di sana,” kata AY. Adapun Thailand juga tengah mempercantik bandara U-Tapao karena Bandara Suvarnabhumi dan Bandara Don Muang sudah overload.

Hal itu, untuk menjaga pelayanan yang nyaman dan maksimal terhadap turis. “Thailand malah sedang mempersiapkan diri menjadi destinasi nomor satu Sport Tourism di ASEAN pada 2016 mendatang. Kita harus belajar dari apa yang Thailand lakukan,” pungkas Menteri Pariwisata. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Menanti Wisata Napak Tilas Laksamana Cheng Ho di Sumsel

Patung Laksamana Cheng Ho (Ist) Kisah Laksamana Cheng Ho begitu terkenal di Indonesia. Tak hanya di Semarang, Jawa Tengah, namun di Sumatera Selatan (Sumsel) kisah Laksamana Cheng Ho juga begitu

Slideshow

Garuda Indonesia Dicintai Warga Dunia

Garuda Indonesia (Ist) Skytrax, konsultan yang rutin menganalisa ulasan dan peringkat maskapai penerbangan belum lama ini telah mengumumkan 80 perusahaan penerbangan yang paling dicintai di dunia. Menariknya posisi Garuda Indonesia

Destinations

Presiden Jokowi ke Sukabumi Menggunakan Kereta Wisata Bali

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan berangkat dari Jakarta ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta wisata Bali

Hotel

Pemerintah Berharap Kampung Budaya dan Ramah Anak Bisa Menarik Wisatawan

Halimah Munawir (kedua dari kiri), Tazbir, dan Ninik Irawan (Ist) Kementerian Pariwisata berharap keberadaan Kampung Budaya dan Ramah Anak di kawasan Puncak, Jawa Barat bisa menambah destinasi baru wisata budaya

Nature

Jalan-Jalan di Cirebon

Berita Foto: Cirebon, Jawa Barat punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Nikmati jalan-jalan di Cirebon dengan melihat perajin Batik Kanoman, Vihara Dewi Welas Asih, dan perajin Rotan Desa Tegalwangi (Ist)

Heritage

80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Selepas Imlek dan Cap Go Meh 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyambut Gerhana Matahari Total 2016 di Jembatan Ampera Palembang (Ist) Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go