Mendekap Sunrise di Bromo Tengger Semeru yang Penuh Kehangatan

gw di b29

Wartawan patainanews.com Gabriel Bobby (kiri) bersama wisatawan Nusantara di Puncak B29 Lumajang, Jawa Timur (Ist)

Destinasi wisata di Indonesia sungguh indah. Tersebar mulai dari kawasan timur hingga wilayah barat negeri ini membuktikan pariwisata Nusantara memang tak terbantahkan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk memastikan mereka berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Tanah Air.

Menariknya pariwisata Indonesia didukung penuh oleh budaya khas Nusantara yang beragam dan kearifan lokal. Ya, budaya dan kearifan lokal tak pernah bisa dipisahkan sebagai upaya mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Nusantara hingga ke mancanegara.

Pemerintah pun telah menetapkan 10 Bali baru, termasuk Bromo Tengger Semeru yang merupakan 10 destinasi wisata yang dikembangkan dan dipromosikan hingga ke mancanegara guna merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Di kawasan Bromo Tengger Semeru ada yang menarik perhatian wisatawan, khususnya yang suka mengejar sunrise, yaitu Puncak B29. Harus diakui keindahan Bromo Tengger Semeru yang tampak begitu jelas dari Puncak B29 di Lumajang, Jawa Timur. 

Puncak B29 rupanya sudah semakin dikenal dikalangan traveler. Bersama sejumlah jurnalis dari Jakarta, patainanews.com mendapat kesempatan mendaki Puncak B29, Sabtu (11/11/2017). Dari atas Puncak B29, sejauh mata memandang traveler bisa melihat langsung Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Batok, dan Gunung Raung. 

Sebelumnya Puncak B29 dikenal dengan nama Puncak Songolikur. Di atas ketinggian Puncak B29, tampak wisatawan menikmati sunrise. Meski udara dingin menyergap, traveler tetap bertahan di atas puncak yang memiliki ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ada juga wisatawan yang menikmati Puncak B29 dengan menyeruput segelas kopi untuk mengurangi dingin. Bahkan, ada traveler yang memilih menginap dengan mendirikan kemah sebelum matahri terbit guna melihat malam yang gelap namun beribah menjadi indah lantaran bertaburan cahaya bintang. 

Puncak B29 rupanya sudah menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk menikmati momen matahari terbit.  Wisatawan dari Eropa, seperti dari Belanda cukup sering yang datang ke Puncak B29 setelah mereka keliling destinasi wisata yang ada di Malang dan meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo dan Puncak B29. 

Untuk mencapai Puncak B29, traveler dari Desa Argosari bisa menggunakan ojeg motor yang siap mengantar ke Puncak B29. Terlihat di Puncak B29 wisatawan mengabadikan momen sunrise ini. Tak ketinggalan traveler pastinya melakukan foto selfie yang biasanya di-share ke beberapa media sosial mereka, seperti facebook, dan instagram sehingga Puncak B29 semakin dikenal dan kini kian populer di seluruh dunia. (Gabriel Boibby)   

 

 

About author



You might also like

Slideshow

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.

Culture

Bali yang Tetap Aman untuk Wisatawan

Pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 (Ist) Pesta Kembang Api heboh mewarnai pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017. Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir acara itu tidak memberikan sambutan

Culture

Pemerintah Gandeng Accor Hotels Promosikan Pariwisata Indonesia

Batik asli Indonesia (Ist) Promosi pariwisata untuk market Perancis tidak pernah berhenti untuk Indonesia. Setelah partisipasi yang signifikan di pameran TOP RESA dan sukses di acara roadshow di empat kota

Slideshow

Pelindo III Siapkan Rp1,7 Triliun Garap Pelabuhan Benoa

President Director Pelindo III Ari Askhara (kedua dari kiri) tengah  memberikan penjelasan (Ist)  Manajemen PT Pelindo III terus berupaya mengembangkan salah satu pelabuhan wisatanya guna mendongkrak kunjungan wisatawan terutama wisatawan kapal

Airlines

Wisatawan Eropa Suka ke Cirebon

 Gifta Oktavia Rappe (Ist) Wisatawan Eropa diketahui suka berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat. Turis asal Benua Biru itu banyak yang datang untuk melihat destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya. “Turis

SightSeeing

Menyatu dengan Puncak B29, Negeri di Atas Awan Bromo Tengger Semeru

Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berfoto bersama di Puncak B29 (Ist) Menyatu dengan alam yang indah, melestarikan budaya khas Nusantara, dan menjaga kearifan lokal ada di Indonesia