Mendekap Sunrise di Bromo Tengger Semeru yang Penuh Kehangatan

gw di b29

Wartawan patainanews.com Gabriel Bobby (kiri) bersama wisatawan Nusantara di Puncak B29 Lumajang, Jawa Timur (Ist)

Destinasi wisata di Indonesia sungguh indah. Tersebar mulai dari kawasan timur hingga wilayah barat negeri ini membuktikan pariwisata Nusantara memang tak terbantahkan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk memastikan mereka berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Tanah Air.

Menariknya pariwisata Indonesia didukung penuh oleh budaya khas Nusantara yang beragam dan kearifan lokal. Ya, budaya dan kearifan lokal tak pernah bisa dipisahkan sebagai upaya mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Nusantara hingga ke mancanegara.

Pemerintah pun telah menetapkan 10 Bali baru, termasuk Bromo Tengger Semeru yang merupakan 10 destinasi wisata yang dikembangkan dan dipromosikan hingga ke mancanegara guna merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Di kawasan Bromo Tengger Semeru ada yang menarik perhatian wisatawan, khususnya yang suka mengejar sunrise, yaitu Puncak B29. Harus diakui keindahan Bromo Tengger Semeru yang tampak begitu jelas dari Puncak B29 di Lumajang, Jawa Timur. 

Puncak B29 rupanya sudah semakin dikenal dikalangan traveler. Bersama sejumlah jurnalis dari Jakarta, patainanews.com mendapat kesempatan mendaki Puncak B29, Sabtu (11/11/2017). Dari atas Puncak B29, sejauh mata memandang traveler bisa melihat langsung Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Batok, dan Gunung Raung. 

Sebelumnya Puncak B29 dikenal dengan nama Puncak Songolikur. Di atas ketinggian Puncak B29, tampak wisatawan menikmati sunrise. Meski udara dingin menyergap, traveler tetap bertahan di atas puncak yang memiliki ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ada juga wisatawan yang menikmati Puncak B29 dengan menyeruput segelas kopi untuk mengurangi dingin. Bahkan, ada traveler yang memilih menginap dengan mendirikan kemah sebelum matahri terbit guna melihat malam yang gelap namun beribah menjadi indah lantaran bertaburan cahaya bintang. 

Puncak B29 rupanya sudah menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk menikmati momen matahari terbit.  Wisatawan dari Eropa, seperti dari Belanda cukup sering yang datang ke Puncak B29 setelah mereka keliling destinasi wisata yang ada di Malang dan meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo dan Puncak B29. 

Untuk mencapai Puncak B29, traveler dari Desa Argosari bisa menggunakan ojeg motor yang siap mengantar ke Puncak B29. Terlihat di Puncak B29 wisatawan mengabadikan momen sunrise ini. Tak ketinggalan traveler pastinya melakukan foto selfie yang biasanya di-share ke beberapa media sosial mereka, seperti facebook, dan instagram sehingga Puncak B29 semakin dikenal dan kini kian populer di seluruh dunia. (Gabriel Boibby)   

 

 



About author



You might also like

Destinations

Wisata Bahari yang Tercemar

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Wisata bahari memang sudah sejak lama dikenal menjadi andalan Kepulauan Seribu. Gugusan Kepulauan Seribu tidak hanya menawarkan pasir putih dan keindahan panorama bawah

Airlines

Budaya Indonesia Dipuji dalam Pembukaan Olimpiade Rio

Kostum tim Indonesia saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 (Ist) Keputusan tim Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016 tidak sia-sia. Banyak media asing yang memuji penampilan kontingen Indonesia

Tourism

Menggabungkan Lari dan Gunung untuk Memikat Wisman

Ilustrasi lari di alam Olahraga lari kini menjadi tren masyarakat urban, naik daun di kalangan penduduk perkotaan di Indonesia. Namun, tak hanya sekadar menjadi gaya hidup untuk menyehatkan, olahraga lari

Indonesiaku

Menentukan Gaya Hidup di Usia Emas

Senior Living (Ist) Ayo daftarkan diri Anda dalam Gathering ‘Senior Living & Baby Boomer Lifestyle’. Membahas segala sesuatu yang harus direncanakan oleh Senior dalam menentukan gaya hidup di usia emas.

World Heritage

Walikota Ramlan Siapkan 20 Persen Anggaran untuk Majukan Pariwisata Bukittinggi

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias (Ist) Pemerintah Kota Bukittinggi yang ada di Sumatera Barat serius mempromosikan pariwisata di kota kelahiran Sang Proklamator Bung Hatta. Keseriusan Pemkot Bukittinggi itu diperlihatkan Walikota Bukittinggi

Slideshow

Jika IATA Siap, Travel Agent Dukung Penggunaan Rupiah

Peraturan BI No 17/3/2015 mengenai kewajiban penggunaan Rupiah di wilayah NKRI, termasuk penggunaan mata uang negeri ini di industri travel agent sepertinya belum bisa sepenuhnya diterima semua pengusaha travel agent