Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

pantai wendu

Pantai Wendu (youtube)

Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten Asmat pun berdiri sendiri dan Kabupaten Merauke harus berupaya memperkenalkan pesona wisata yang ada di daerahnya, tidak lagi ketergantungan dengan apa yang dimiliki Suku Asmat.

Menariknya, di Merauke ada beragam potensi wisata yang pantas ditawarkan kepada wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing. Lantas apa yang menjadi daya tarik wisata di Merauke sehingga bisa menarik minat orang untuk berkunjung ke sana?

“Pantai Wendu bisa dikembangkan sebagai pantai wisata,” kata anggota DPRD Merauke Heribertus Silvinus Silubun ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (5/7/2015).

Heri, begitu ia biasa disapa, mengaku optimistis bahwa Pantai Wendu yang ada di Merauke bisa dikembangkan menjadi pusat wisata bahari di Merauke. Ya, sebagai negara kepulauan, potensi wisata bahari Indonesia sudah pasti menjanjikan.

Namun, kontribusi wisata bahari terhadap total devisa pariwisata Indonesia hanya sebesar 10 persen, yaitu sekitar 1 miliar dollar AS. Karenanya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan beberapa target untuk pengembangan wisata bahari.

Adapun wisata bahari selaras dengan fokus pemerintahan di era Presiden Jokowi mengedepankan pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional.

Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memasang target di sektor wisata bahari hingga 2019 mendatang. Arief menjelaskan bahwa target kunjungan wisman di sektor wisata bahari adalah 4 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019.

Heri yang sudah dua periode menjadi anggota DPRD Merauke ini mengungkapkan bahwa pengembangan Pantai Wendu juga dengan melibatkan komunitas Katolik yang ada di sana, yakni Paroki setempat.

Heri yang berencana maju sebagai bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Merauke pada Pilkada 2015 nanti Desember menjelaskan bahwa jika dirinya terpilih, maka akan semakin giat mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Merauke sehingga akan membuat turis asing bertambah banyak yang tertarik berkunjung ke sana.

“Selama ini wisatawan asal Belanda sudah sering ke Merauke. Tapi, Merauke tentunya ingin dikunjungi wisatawan dari negara lain,” ucapnya. Ia berharap bisa tercipta sinergi yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten Merauke dalam mempromosikan potensi wisata yang ada di kabupaten yang ada di Bumi Cendrawasih ini.

Heri juga berharap adanya perhatian pemerintah pusat untuk memperbaiki infrastruktur, seperti jalan yang menjadi akses ke destinasi wisata yang ada di Merauke. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tour Package

Menteri Pariwisata dan Chairman PATA Indonesia Diskusi PATA Travel Mart 2016 di Metro TV

Berita Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono menjadi narasumber mengenai PATA Travel Mart 2016 pada acara Metro Plus Siang di Metro TV di Studio

Festival

ITTA Foundation Fokus Tingkatkan Perkembangan Pendidikan Pariwisata Indonesia

Candi Borobudur menjadi destinasi favorit kunjungan traveler di Indonesia (Ist) Selama enam tahun terakhir, ITTA Foundation telah menyelenggarakan Indonesia Travel and Tourism Awards dan Bali Tourism Award yang menjadi ajang

SightSeeing

Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Hari Batik Nasional 2 Oktober (Ist) Batik, kain tradisional khas Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia pada masa lalu dan sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit.

Cuisine

Dunia Apresiasi Pariwisata ASEAN Berkembang

  Prita Kemal Gani (kiri) (Ist) London School and Public Relations (LPSR) Jakarta menggelar ASEAN TALKS#5 bertemakan Telling The Unique Story of ASEAN Community atau kisah unik tentang organisasi regional

Culture

Wisatawan Dimanjakan Fasilitas di Tanjung Lesung

Nawang Wulan (Ist) Tanjung Lesung di Banten dengan luasnya yang mencapai 1500 Hektar merupakan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang amat potensial. Bukan hanya menawarkan tempat yang nyaman untuk berlibur dan

Slideshow

Kadin Apresiasi FPMDI

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan akan menyiapkan sinergitas dengan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyusul hasil musyawarah dan mufakat Forum yang