Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

pantai wendu

Pantai Wendu (youtube)

Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten Asmat pun berdiri sendiri dan Kabupaten Merauke harus berupaya memperkenalkan pesona wisata yang ada di daerahnya, tidak lagi ketergantungan dengan apa yang dimiliki Suku Asmat.

Menariknya, di Merauke ada beragam potensi wisata yang pantas ditawarkan kepada wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing. Lantas apa yang menjadi daya tarik wisata di Merauke sehingga bisa menarik minat orang untuk berkunjung ke sana?

“Pantai Wendu bisa dikembangkan sebagai pantai wisata,” kata anggota DPRD Merauke Heribertus Silvinus Silubun ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Minggu (5/7/2015).

Heri, begitu ia biasa disapa, mengaku optimistis bahwa Pantai Wendu yang ada di Merauke bisa dikembangkan menjadi pusat wisata bahari di Merauke. Ya, sebagai negara kepulauan, potensi wisata bahari Indonesia sudah pasti menjanjikan.

Namun, kontribusi wisata bahari terhadap total devisa pariwisata Indonesia hanya sebesar 10 persen, yaitu sekitar 1 miliar dollar AS. Karenanya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan beberapa target untuk pengembangan wisata bahari.

Adapun wisata bahari selaras dengan fokus pemerintahan di era Presiden Jokowi mengedepankan pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional.

Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memasang target di sektor wisata bahari hingga 2019 mendatang. Arief menjelaskan bahwa target kunjungan wisman di sektor wisata bahari adalah 4 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019.

Heri yang sudah dua periode menjadi anggota DPRD Merauke ini mengungkapkan bahwa pengembangan Pantai Wendu juga dengan melibatkan komunitas Katolik yang ada di sana, yakni Paroki setempat.

Heri yang berencana maju sebagai bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Merauke pada Pilkada 2015 nanti Desember menjelaskan bahwa jika dirinya terpilih, maka akan semakin giat mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Merauke sehingga akan membuat turis asing bertambah banyak yang tertarik berkunjung ke sana.

“Selama ini wisatawan asal Belanda sudah sering ke Merauke. Tapi, Merauke tentunya ingin dikunjungi wisatawan dari negara lain,” ucapnya. Ia berharap bisa tercipta sinergi yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten Merauke dalam mempromosikan potensi wisata yang ada di kabupaten yang ada di Bumi Cendrawasih ini.

Heri juga berharap adanya perhatian pemerintah pusat untuk memperbaiki infrastruktur, seperti jalan yang menjadi akses ke destinasi wisata yang ada di Merauke. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Destinations

Arief Yahya, Pahlawan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Nama Menteri Pariwisata Arief Yahya tak salah jika disebut sebagai pahlawan pariwisata Indonesia sebab dirinya bersama jajaran di Kementerian Pariwisata terus bekerja keras mengupayakan merealisasikan

Tourism

Aksi The Golden Route di JFW 2015

Koleksi Lindy Ann di JFW 2015 (Ist) Batik yang merupakan bagian wastra Indonesia rupanya terus dipertahankan banyak orang sebagai kebanggaan akan negeri ini. Dan, batik yang telah secara resmi diakui

Cuisine

Kukar Semakin Diminati Wisatawan

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat

SightSeeing

Hotel Neo Samadikun Cirebon Lestarikan Kuliner Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Tradisi kuliner Cirebon selama ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik bagi wisatawan Nusantara maupun turis asing ketika mereka berkunjung ke Kota Udang ini.

Slideshow

Transportasi Dukung Pariwisata Indonesia

Menikmati layanan kereta wisata Priority (Ist) Pariwisata Indonesia selama ini tak pernah bisa dilepaskan dari peran transpotasi sebab wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara yang ingin berkunjung ke beragam destinasi wisata

Airlines

1000 Homestay Dukung Pengembangan Pariwisata Banyuwangi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Momen Diaspora Banyuwangi, Jumat (8/7/2016) tak hanya menjadi ajang silaturahmi sesama perantau yang mudik ke Banyuwangi. Di sela-sela ajang silaturahmi Idul Fitri itu, disisipkan agenda