Mengenal Batik Kebanggaan Indonesia

koleksi baru lindy ann

Batik Lindy Ann (Ist)

Selamat Hari Batik Nasional. Itu yang terlihat di media sosial, seperti facebook pada hari ini. Tak salah memang setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Idealis, nasionalis, dan stylish itulah batik Indonesia. Dalam memperingati Hari Batik Nasional, sejumlah batik nasional, seperti Batik Fractal ternyata terpilih menjadi pemenang ISIF Award (Information Society Innovation Fund) untuk kategori Code for The Common Good dan CEO Batik Fractal Nancy Margried akan berangkat ke Brasil menerima penghargaan ini November mendatang.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam mewujudkan visi kami untuk menerapkan teknologi dalam kebudayaan tradisional Indonesia,” ucap Nancy ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu.

“Belum lagi PRibuMI…dan batik Lindy Ann. Adapun batik Indonesia memang beragam motifnya. Sebut saja batik Papua, dan dari daerah lainnya di Nusantara ini.

Motif dan corak batik setiap daerah berbeda. Corak ini mengakomodasi flora dan fauna. Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing.

Mulanya batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun, batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya para penjajah.

Menarik memang mengenal batik Indonesia lebih dekat. Sejak 2009 silam, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.

Namun, dalam prosesnya banyak kendala terutama pembuktian bahwa batik memang benar berasal dari Indonesia.

Sejarah Batik Indonesia

Kata ‘Batik’ berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yakni ‘amba’, yang bermakna ‘menulis’ dan ‘titik’ yang bermakna ‘titik’. Sementara batik dibuat dengan menggunakan teknik pewarnaan kain dan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain.

Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak lama.

Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian sehinga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya ‘Batik Cap’ yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Potensi batik yang sangat besar menjadikan batik diburu sebagai budaya luar sehingga negeri jiran, Malaysia sempat mengakui batik sebagai warisan leluhur mereka.

Batik di Dunia

Desainer-desainer Indonesia mulai mengenalkan batik terhadap luar negeri. Keindahan coraknya dikenalkan melalui berbagai ajang prestise. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan.

Pembuatan batik jenis ini memakan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan. Sedangkan batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap yang biasanya terbuat dari tembaga.

Proses pembuatan batik jenis ini hanya membutuhkan 2 hingga 3 hari. Dan, batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Menariknya ada mitos mengganti batik. Dalam budaya Jawa, motif batik tidak boleh digunakan dalam sembarang waktu, salah satunya motif batik parang yang dilarang untuk acara pernikahan.

Setiap motif memiliki makna dan penempatan penggunaan dalam tradisi adat yang berbeda. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Airlines

Qatar Airways Promosikan Pariwisata Bali

Wisatawan mancanegara dari kawasan Timur Tengah (Ist) Maskapai penerbangan Qatar Airways ikut mempromosikan pariwisata Indonesia, terutama mengenai Bali. Adanya promosi pariwisata Pulau Dewata di Qatar Airways bisa memberikan dampak positif

All About Indonesia

Venue Pernikahan Berkonsep Intimate

Restoran Mandalika (Ist) Menikah merupakan salah satu hal sakral yang diinginkan setiap orang untuk terjadi sekali dalam seumur hidupnya dan tidak heran resepsi pernikahan menjadi agenda penting bagi para pengantin

Tourism

Kesadaran Wisatawan Indonesia untuk Berasuransi Rendah

Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2018 yang diinisiasi oleh Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar), Rabu (1/11/2017) (Ist) Jumlah perjalanan wisatawan Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat, baik ke destinasi wisata yang tersebar di

Festival

Koleksi Museum Bertambah, Segera Wisata ke Morotai

Morotai yang indah (Ist) Pulau Morotai di Maluku Utara pasti sering mampir di telinga wisatawan. Tapi, pernahkah ke sana? Posisinya di mana dalam peta? Mungkin banyak yang belum tahu meski

Airlines

Ke Yogyakarta Jangan Lupa Mampir Sendangsono

Sendangsono (Ist) Menyambut Paskah 2016, mungkin ada pembaca patainanews.com yang juga tertarik untuk melakukan wisata religi. Bagi wisatawan yang menyukai wisata religi, banyak destinasi menarik yang dapat dikunjungi di Indonesia.

Travel Operator

Syukuran Laut Kepulauan Seribu

Berita Foto: Pesta rakyat Kepulauan Seribu yang bersyukur nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan kuliner khas masyarakat Kepulauan Seribu dengan mengedepankan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Dua,