Mengenal Batik Kebanggaan Indonesia

koleksi baru lindy ann

Batik Lindy Ann (Ist)

Selamat Hari Batik Nasional. Itu yang terlihat di media sosial, seperti facebook pada hari ini. Tak salah memang setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Idealis, nasionalis, dan stylish itulah batik Indonesia. Dalam memperingati Hari Batik Nasional, sejumlah batik nasional, seperti Batik Fractal ternyata terpilih menjadi pemenang ISIF Award (Information Society Innovation Fund) untuk kategori Code for The Common Good dan CEO Batik Fractal Nancy Margried akan berangkat ke Brasil menerima penghargaan ini November mendatang.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam mewujudkan visi kami untuk menerapkan teknologi dalam kebudayaan tradisional Indonesia,” ucap Nancy ketika dihubungi patainanews.com beberapa waktu lalu.

“Belum lagi PRibuMI…dan batik Lindy Ann. Adapun batik Indonesia memang beragam motifnya. Sebut saja batik Papua, dan dari daerah lainnya di Nusantara ini.

Motif dan corak batik setiap daerah berbeda. Corak ini mengakomodasi flora dan fauna. Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing.

Mulanya batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun, batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya para penjajah.

Menarik memang mengenal batik Indonesia lebih dekat. Sejak 2009 silam, Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.

Namun, dalam prosesnya banyak kendala terutama pembuktian bahwa batik memang benar berasal dari Indonesia.

Sejarah Batik Indonesia

Kata ‘Batik’ berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yakni ‘amba’, yang bermakna ‘menulis’ dan ‘titik’ yang bermakna ‘titik’. Sementara batik dibuat dengan menggunakan teknik pewarnaan kain dan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain.

Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak lama.

Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian sehinga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya ‘Batik Cap’ yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Potensi batik yang sangat besar menjadikan batik diburu sebagai budaya luar sehingga negeri jiran, Malaysia sempat mengakui batik sebagai warisan leluhur mereka.

Batik di Dunia

Desainer-desainer Indonesia mulai mengenalkan batik terhadap luar negeri. Keindahan coraknya dikenalkan melalui berbagai ajang prestise. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan.

Pembuatan batik jenis ini memakan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan. Sedangkan batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap yang biasanya terbuat dari tembaga.

Proses pembuatan batik jenis ini hanya membutuhkan 2 hingga 3 hari. Dan, batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Menariknya ada mitos mengganti batik. Dalam budaya Jawa, motif batik tidak boleh digunakan dalam sembarang waktu, salah satunya motif batik parang yang dilarang untuk acara pernikahan.

Setiap motif memiliki makna dan penempatan penggunaan dalam tradisi adat yang berbeda. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Pariwisata Danau Toba Dijual di Yogyakarta

Pembukaan table top Kementerian Pariwisata mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba melalui kegiatan sales mssion yang diadakan di Hartono Mal dan Hotel Marriot, Yogyakarta mulai Jumat, 7 September lalu hingga 9

Festival

Turis AS Belum Banyak yang Mengenal Indonesia

Imelda Budiman (Ist)  Turis asal Amerika Serikat (AS) harus diakui memang belum banyak yang mengenal Indonesia. Namun, tidak semua turis dari Negeri Paman Sam itu juga mengenal Bali. Demikian disampaikan Mrs Indonesia

World Heritage

Putri Pariwisata Indonesia 2017 Promosikan Pariwisata Indonesia di Berlin

Putri Pariwisata Indonesia 2017 Astari Vernideani (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2017 Astari Vernideani terbang menuju Berlin, Jerman untuk bertugas bersama Kementerian Pariwisata di International Tourism Board) ITB Berlin. Adapun acara

Slideshow

Great Wall Bantu Orang Indonesia Kuliah di Tiongkok

Professor Stephen L Morgan, Associate Provost (Planning) Professor of Chinese Economic History The University of Nottingham (kiri) dan Yuanita Aditya Dewi, perwakilan dari Great Wall (Ist) Tiongkok saat ini diakui

Tour Package

Menteri Pariwisata Apresiasi Gubernur Bangka Belitung Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Babel sehingga perlu ada event pariwisata yang konsisten untuk menarik perhatian

Tour Package

Tanjung Lesung Terima Penghargaan Bupati Pandeglang

Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo (Batik biru) dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita (Ist) Bertepatan dengan HUT Kabupaten Pandeglang, Banten ke-144, Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan penghargaan kepada PT Banten