Mengenal Lebih Dekat Kota Kinabalu, Destinasi Wisata Terkini di Negeri Jiran

Kota Kinabalu (Ist)

Kota Kinabalu adalah kota kecil yang terletak di wilayah Malaysia Kalimantan yang menjadi ibu kota dari negara bagian Sabah. Belakangan, kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah diperhitungkan di Asia Tenggara dengan catatan jumlah kunjungan turis mencapai puluhan ribu orang di sepanjang 2017 lalu.

Mungkin wisatawan bertanya-tanya mengapa kota ini disebut Kota Kinabalu. Jawabannya adalah karena berlokasi tidak jauh dari Gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, yang menjadi asal muasal penamaan kota pelabuhan tersebut.

Seorang pegiat pariwisata, Iman Opa mengungkapkan, meskipun aneh untuk dicatat bahwa kota ini dulunya dikenal sebagai Jesselton, Kota Kinabalu secara populer disebut sebagai KK, baik di dalam komunitas lokal dan internasional.

”Jadi jika Anda mendengar seseorang berbicara tentang KK, Anda tahu bagian mana dari peta yang akan dituju,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (10/7/2018). Dia memaparkan kira-kira 40.000 orang berupaya mendaki puncak Gunung Kinabalu setinggi 4.095 meter setiap tahunnya namun setiap wisatawan tidak perlu berkomitmen untuk mendaki, yangdisarankan paling baik berlangsung selama tiga hari.

Suasana KK (Ist)

“Dalam tur sehari penuh dari KK, Anda dapat mengikuti jejak alam taman botani di kaki gunung yang kaya akan pertanian anggrek, berenang di Poring Hot Springs, dan berhenti di sudut pandang populer untuk mengambil foto siluet gunung yang sempurna. Selain itu, tidak jauh dari kaki Gunung Kinabalu terdapat Kundasang War Memorial yang dibangun untuk memperingati tewasnya 2.345 tentara Australia dan Inggris dalam Perang Dunia II,” paparnya.

Sebagai salah satu kota yang paling cepat berkembang di Malaysia, Kota Kinabalu tidak lagi digambarkan sebagai bekas pos perdagangan kolonial Inggris. Tapi dengan hanya tiga bangunan yang selamat dari pemboman Sekutu tahun 1945 silam, termasuk Menara Jam Atkinson yang terkenal, dan telah menjadi galeri seni jalanan tidak resmi, orang masih akan mengenali kota ini sebagai destinasi yang kaya akan sejarah.

Di tepi pantai, Pasar Utama KK adalah suguhan wisata menarik, yang tidak hanya memanjakan visual, namun juga perut. Dari segala sesuatu mulai dari buah-buahan tropis eksotis hingga udang seukuran lobster kecil, pasar basah dan kering ini buka sepanjang hari, dan memberikan peluang obyek foto yang luar biasa unik.

Berjalan keselatan, wisatawan akan menemukan Pasar Kerajinan yang penuh warna, dan mungkin menjadi tempat terbaik di Sabah untukmembeli tekstil, mutiara, dan suvenir murah lainnya. “Penerbangan sekitar lima jam dari Jakarta, tersedia via Kuala Lumpur oleh maskapai penerbangan andalan Negeri Jiran, Malaysia Airlines.Ketikamendarat di bandara internasional setempat, maka Anda akan disuguhi pemandangan indah pesisir wilayah kepala pulau Kalimantan, yang menyatu dengan perairan lepas Laut China Selatan,” tandasnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Menteri Pariwisata Sapa 40 Pelaku Industri Pariwisata di Travex ATF 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (dasi merah) (Ist) Selepas Ministrial Meeting dan Lunch Meeting dengan cruisers di Pan Pacific Hotel Singapore, 19 Januari 2017, Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung berkunjung ke

Destinations

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Pastikan Siap Layani Peserta PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan besar bagi Indonesia menjadi tuan rumah event berskala internasional dan terbesar di kawasan Asia Pasifik, yaitu PATA Travel Mart 2016.

SightSeeing

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Pemerintah Perlu Perhatikan Kantong Destinasi Wisata Penyumbang Wisman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Meski pemerintah tengah giat mempromosikan dan mengembangkan 10 destinasi wisata unggulan yang

Slideshow

Menikmati GMT 2016 dan Wisata Religi di Palembang

Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Palembang di Sumatera Selatan tak hanya sebatas untuk melihat fenomena alam langka, gerhana matahari total (GMT) 2016. Namun, ada juga yang tertarik mengemas GMT

Tourism

Maybank Ikut Promosikan Pariwisata Nusantara

‘Lebih Dekat dengan Airlines’ serta buka puasa bersama dengan anggota ASTINDO (Ist) Maybank Indonesia ternyata sudah lama berkecimpung dalam industri pariwisata Nusantara. Hal tersebut disampaikan Muzzammil, Vice President Cash &