Mengenalkan Sejarah Indonesia pada Generasi Muda yang Diminati Turis Asing

177230_wisata-kota-tua_663_382

Indonesia terbentang luas mulai dari ujung timur, Papua hingga bagian barat di Aceh. Negeri ini dikenal sebagai negara kepulauan. Dan tak bisa dipungkiri NKRI memang harus diwariskan kepada penerus negeri ini, yakni generasi muda dengan melibatkan anak muda untuk mengenal sejarah Nusantara.

Karenanya komunitas Sahabat Museum sejak 31 Agustus 202 silam mulai berkeliling Indonesia untuk mengunjungi destinasi menarik, termasuk museum dan tempat-tempat yang dinilai mengandung sejarah negeri ini.

Menurut Ade Purnama dari Sahabat Museum, kegiatan edukatif ini bermula dari hobi orang yang menyukai wisata museum. “Kami sudah datang ke Bandung, Ambon, Menado, dan lainnya,” ucapnya ketika ditemui patainanews.com di kawasan Kota Tua akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, sejarah Indonesia penting untuk diketahui generasi muda. Menariknya beragam kegiatan yang dilakukan Sahabat Museum ternyata juga menarik minat turis asing yang tengah berkunjung ke Indonesia untuk bergabung dalam sejumlah acara yang menjadi program komunitas ini.

“Sudah banyak turis dari Amerika Serikat, Belanda, dan Australia yang ikut dalam acara yang dibuat oleh Sahabat Museum,” ujar Adep, begitu ia biasa disapa.

Adep mengemukakan bahwa kegiatan ini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah. Ia mengaku beberapa waktu lalu kegiatan Sahabat Museum mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun, lanjutnya, belum mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata. “Kegiatan Sahabat Museum tentunya ada hubungan dengan dunia pariwisata nasional sebab kami memilih destinasi yang menarik. Tapi, kami belum pernah didukung pihak Kementerian Pariwisata,” urainya.

Adep menjelaskan bahwa selama ini kebanyakan kegiatan Sahabat Museum dilakukan secara swadaya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

PATA Travel Mart 2016, Ajang Mendulang Wisman dan Investasi ke Indonesia

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Wakil Presiden Jusuf Kalla telah meresmikan PATA Travel Mart 2016  yang diselenggarakan di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten.  Ya, tahun ini,

Tour Package

Nongsa Regatta 2019 Sukses

Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau (Ist) Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau pada 25 hingga

Nature

Kepulauan Seribu Promosi Wisata Lewat Film Layar Lebar

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Sebagai upaya mempromosikan potensi wisata dan kearifan lokal yang ada di Kepulauan Seribu, maka pemerintah daerah Kepulauan Seribu akan membuat film layar lebar

Slideshow

Lebaran Cantik Ala Chef Chitra

Bolu pandan santan buatan Chef Chitra Idul Fitri 1 Syawal 1436 H sudah di depan mata. Dan, masyarakat Indonesia pun tengah melakukan persiapan untuk menyambut hari kemenangan umat Islam ini,

Slideshow

Toleransi di Indonesia Sudah Teruji

Tito Hananta Kusuma (Ist) Toleransi di negeri ini sudah teruji sebab sudah sejak lama Indonesia yang beragam mampu hidup bersama dalam NKRI. Pengacara RM Tito Hananta Kusuma sebagai salah satu

World Heritage

Akhir Maret, Bisa Golf di Tanjung Lesung

Berita Foto: Manajemen PT Banten West Java (BWJ) merencanakan pada akhir Maret ini di Tanjung Lesung sudah bisa dipakai untuk main golf trial pertama (Ist)