Menggabungkan Festival Krakatau dengan Sail Krakatau

ukus dan lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kiri) (Ist)

Pemerintah provinsi Lampung ingin Festival Krakatau yang rutin diadakan setiap tahun dapat mendunia.

“Kami rasa tidak sulit menjual nama Krakatau karena hampir setiap orang sudah tahu dengan Krakatau,” ujar Gubernur Lampung M Ridho Ficardo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Permasalahannya, selama ini Festival Krakatau belum dikemas secara baik sehingga festival tersebut belum mendunia.
Selain itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke Anak Gunung Krakatau juga merasa kesulitan jika dari Banten.

Padahal jika dari Lampung, turis bisa berkunjung kapan saja ke tempat itu. “Berbeda jika dari Banten, yang hanya bisa ke Anak Gunung Krakatau pada saat pagi hari. Kalau dari Lampung bisa kapan saja,” urainya.

Karenanya pihaknya ingin mengemas ulang festival tersebut agar lebih mendunia. “Kami akan bekerja sama dengan Pemprov Banten untuk Sail Krakatau,” tuturnya menjawab patainanews.com.

Ia berharap kedepannya Sail Krakatau bisa dipadukan dengan Festival Krakatau. Lampung telah siap menggelar Festival Krakatau 2016 yang akan diselenggarakan mulai 21-28 Agustus 2016.

Adapun Festival Krakatau 2016 mengusung tema Lampung The Treasure of Sumatera akan meliputi banyak kegiatan, seperti pasar seni, jelajah layang-layang, jelajah rasa, jelajah Krakatau, jelajah semarak budaya, dan investor summit.

“Sudah saatnya fokus pada brand, nama Krakatau yang mendunia dan kualitas di Indonesia. Festival ini adalah perhelatan budaya, karena itu tagline nature, culture, dan adventure tepat untuk pariwisata Lampung,” kata Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (18/6/2016).

Festival Krakatau 2016 akan diselenggarakan di beberapa wilayah berbeda di Lampung, yakni di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau.

Kegiatan ini untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata.

“Kami ingin menaikkan grade-nya Festival Krakatau 2016 supaya dapat menjadi ikon pariwisata. Posisi geografis sebagai gerbang Sumatera yang sangat dekat dengan Jakarta,” kata Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Menurut Ridho, selama ini Lampung juga dikenal sebagai daerah pertanian, dengan pembangunan jalan tol, Pemprov Lampung sudah menyiapkan lokasi-lokasi untuk industrialisasi.

“Dengan keindahan alam, Lampung memiliki potensi besar untuk pariwisata. Pembangunan jasa pariwisata dapat menyejahterahkan, empat kali dari pertanian dan dua kali dari industri. Pariwisata harus terus didorong karena potensinya begitu besar,” kata Ridho.

Beberapa destinasi wisata di Lampung yang akan ditonjolkan dalam Festival Krakatau 2016 adalah Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, dan Taman Nasional Way Kambas. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Genjot Wisata Halal, NTB Luncurkan Program Pesona Khazanah Ramadhan

Suasana launching Pesona Khazanah Ramadhan (Ist) Sebagai daerah yang menyandang predikat destinasi wisata Family Friendly terbaik, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memaksimalkan momen Ramadan yang sudah di depan mata. NTB

Slideshow

Roadshow Putri Pariwisata Indonesia 2017

Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto (batik) (Ist) Tahun ini ELJOHN Pageants kembali menggelar pemilihan Putri Pariwisata Indonesia yang rencananya dilaksanakan pada Agustus mendatang. Untuk mendukung hal tersebut, ELJOHN

Hotel

Menyusuri Hutan Meranti di Kotabaru

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berpose di Wahana Hutan Meranti Kotabaru Pesona wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan ternyata beragam. Tak hanya wisata bahari sebab kabupaten ini juga memiliki wisata

Culture

Permintaan Direct Flight ke Bali Bertambah

Suasana jumpa pers Nusa Dua Fiesta 2016 (Ist) Pesona Pulau Dewata sudah sejak lama terkenal hingga mancanegara sehingga banyak yang tertarik ingin membuka penerbangan langsung ke Bali. Kendati demikian, masih

World Heritage

Sinergi Pelaku Bisnis Pariwisata Indonesia dengan Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Nusantara

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (Ist) President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo memberikan apresiasi terhadap kinerja Menteri Pariwisata Arief Yahya yang menggembirakan dalam upaya mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia