Menggabungkan Festival Krakatau dengan Sail Krakatau

ukus dan lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kiri) (Ist)

Pemerintah provinsi Lampung ingin Festival Krakatau yang rutin diadakan setiap tahun dapat mendunia.

“Kami rasa tidak sulit menjual nama Krakatau karena hampir setiap orang sudah tahu dengan Krakatau,” ujar Gubernur Lampung M Ridho Ficardo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Permasalahannya, selama ini Festival Krakatau belum dikemas secara baik sehingga festival tersebut belum mendunia.
Selain itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke Anak Gunung Krakatau juga merasa kesulitan jika dari Banten.

Padahal jika dari Lampung, turis bisa berkunjung kapan saja ke tempat itu. “Berbeda jika dari Banten, yang hanya bisa ke Anak Gunung Krakatau pada saat pagi hari. Kalau dari Lampung bisa kapan saja,” urainya.

Karenanya pihaknya ingin mengemas ulang festival tersebut agar lebih mendunia. “Kami akan bekerja sama dengan Pemprov Banten untuk Sail Krakatau,” tuturnya menjawab patainanews.com.

Ia berharap kedepannya Sail Krakatau bisa dipadukan dengan Festival Krakatau. Lampung telah siap menggelar Festival Krakatau 2016 yang akan diselenggarakan mulai 21-28 Agustus 2016.

Adapun Festival Krakatau 2016 mengusung tema Lampung The Treasure of Sumatera akan meliputi banyak kegiatan, seperti pasar seni, jelajah layang-layang, jelajah rasa, jelajah Krakatau, jelajah semarak budaya, dan investor summit.

“Sudah saatnya fokus pada brand, nama Krakatau yang mendunia dan kualitas di Indonesia. Festival ini adalah perhelatan budaya, karena itu tagline nature, culture, dan adventure tepat untuk pariwisata Lampung,” kata Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (18/6/2016).

Festival Krakatau 2016 akan diselenggarakan di beberapa wilayah berbeda di Lampung, yakni di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau.

Kegiatan ini untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata.

“Kami ingin menaikkan grade-nya Festival Krakatau 2016 supaya dapat menjadi ikon pariwisata. Posisi geografis sebagai gerbang Sumatera yang sangat dekat dengan Jakarta,” kata Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Menurut Ridho, selama ini Lampung juga dikenal sebagai daerah pertanian, dengan pembangunan jalan tol, Pemprov Lampung sudah menyiapkan lokasi-lokasi untuk industrialisasi.

“Dengan keindahan alam, Lampung memiliki potensi besar untuk pariwisata. Pembangunan jasa pariwisata dapat menyejahterahkan, empat kali dari pertanian dan dua kali dari industri. Pariwisata harus terus didorong karena potensinya begitu besar,” kata Ridho.

Beberapa destinasi wisata di Lampung yang akan ditonjolkan dalam Festival Krakatau 2016 adalah Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, dan Taman Nasional Way Kambas. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Tourism

Memotret Indonesia lewat Museum

JJI di Museum Wayang (Ist) Mentari pagi menyambut kedatangan komunitas Jalan Jalan Indonesia (JJI) di kawasan Kota Tua Jakarta. Bangunan Museum Fatahillah tampak kokoh di tengah begitu ramainya wisatawan Nusantara

Travel Operator

Pemprov Maluku Undang Investor Kembangkan Potensi Pariwisata

Logo HPN 2017 (Ist) Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku ternyata serius mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Maluku dengan meningkatkan infrastruktur. Wakil Gubernur Zeth Sahuburua menjelaskan hal tersebut menjawab patainanews.com disela-sela

World Heritage

Hotel Neo Samadikun Ikut Promosikan Pariwisata Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Pariwisata Cirebon kini semakin bergairah yang kunjungan wisatawan pun meningkat ke Kota Udang ini. Kendati demikian, pariwisata Cirebon tak berpuas diri. Sebut saja Hotel Neo Samadikun

Cuisine

Pariwisata Indonesia, Primadona Baru Perekonomian Nasional

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan pariwisata Indonesia kini menjadi primadona baru perekonomian nasional. Hal tersebut disampaikan Arief Yahya dalam konferensi pers 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Festival

Presiden Jokowi Hadir di HPN 2016, Wisman Tetap Ramai di Pantai Kuta Lombok

Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia ketika berkunjung ke Lombok, NTB didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) (Ist)   (Ist) Perhelatan Hari Pers

Slideshow

Workshop Fotografi untuk Anak Kepulauan Seribu

Berita Foto: Workshop fotografi untuk anak-anak di Kepulauan Seribu ternyata diminati anak-anak dari Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Kelapa 2, Jumat (20/5/2016). Kegiatan positif ini didukung oleh berbagai pihak,