Menggairahkan Kota Lama Semarang, Destinasi yang Diminati Wisatawan

kota-lama-semarang

Kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Semarang, Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan warisan sejarah.

Kareanaya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah berusaha merevitalisasi kawasan Kota Lama Semarang agar bisa ‘hidup’ kembali.

Ketimbang Kota Tua Jakarta, Kota Lama Semarang masih kalah gaungnya soal wisata heritage. Padahal, banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, seperti Gereja Blenduk dan Stasiun Semarang Tawang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tergerak untuk merevitalisasi kawasan Kota Lama Semarang sehingga kembali ‘hidup’ dan lebih layak dikunjungi wisatawan.

“Kita sedang dalam upaya revitalisasi, menghidupkan kembali Kota Lama Semarang. Belasan tahun belakangan kita dibantu oleh orang Belanda dalam upaya ini,” tutur Ganjar di Jakarta, Rabu (13/4/2016) malam.

Ganjar menyebutkan revitalisasi Kota Lama Semarang butuh desain penataan ulang. Mulai dari pemugaran fisik, pengisian dengan kegiatan dan event yang berkelanjutan, berujung pada upaya pelabelan Kota Lama sebagai Warisan Dunia UNESCO.

“Coba lihat sekarang, gedung-gedung nggak ada pemiliknya. Isinya demit semua,” candanya. Sementara¬†Menteri Pariwisata Arief Yahya membenarkan bahwa revitalisasi Kota Tua bisa mencontoh negara-negara barat, terutama Belanda.

“Kemudian yang harus dilakukan adalah identifikasi Kota Semarang. Bandung misalnya, didaulat UNESCO sebagai Kota Kreatif. Dengan event Semarang Great Sale mendatang, saatnya menjadikan Semarang kota yang kurang lebih setara dengan itu,” papar Arief.

Semarang Great Sale dan Semarang Night Carnival adalah dua agenda utama dalam merayakan HUT ke-469 Kota Semarang. Pesta diskon Semarang Great Sale akan digelar mulai 16 April hingga 15 Mei 2016, sementara Semarang Night Carnival akan digelar pada Sabtu, 7 Mei mendatang. 

Parade Semarang Night Carnival akan dimulai di kawasan Kota Lama, dan berakhir di Balaikota. Akan ada 500 peserta karnaval yang ikut serta, terdiri dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Mereka akan memeragakan kostum kreasi mereka dipadu dengan riasan menarik, konsep fashion yang unik, formasi serta koreografi yang apik. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Pariwisata Banyuwangi Memikat Wisatawan Mancanegara

Wisatawan di Pulau Merah (Ist) Banyuwangi yang terletak di ujung timur Jawa selama ini dikenal dengan beragam potensi pariwisata yang tak kalah menarik dengan tetangganya Pulau Dewata. Karenanya kabupaten yang

Nature

Indahnya Kebersamaan LBI

Silaturahmi LBI (Ist) Indonesia kaya akan budaya khas yang diminati traveler, termasuk wisatawan mancanegara. Lintas Budaya Indonesia (LBI). Karenanya LBI sebagai wadah yang fokus dan peduli kebudayaan negeri ini yang

Tourism

80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Selepas Imlek dan Cap Go Meh 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyambut Gerhana Matahari Total 2016 di Jembatan Ampera Palembang (Ist) Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go

Nature

Presiden Jokowi Serius Kembangkan Wisata Bahari

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Presiden Jokowi semakin tegas sikapnya terhadap potensi bahari di Tanah Air sebab laut tidak hanya menjadi sumber kehidupan dan masa depan bangsa, namun juga alat

Festival

Pariwisata NTB Apresiasi Ide Arief Yahya Penataan Cahaya Masjid di Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Pelaku bisnis pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya terhadap ide brilian

World Heritage

Kotabaru Resmi Jadi Member PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo di Wahana Hutan Meranti Kotabaru Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru memutuskan bergabung menjadi member PATA Indonesia Chapter. Hal tersebut dilakukan karena Pemkab Kotabaru menilai PATA