Menggairahkan Kota Lama Semarang, Destinasi yang Diminati Wisatawan

kota-lama-semarang

Kawasan Kota Lama Semarang (Ist)

Semarang, Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan warisan sejarah.

Kareanaya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah berusaha merevitalisasi kawasan Kota Lama Semarang agar bisa ‘hidup’ kembali.

Ketimbang Kota Tua Jakarta, Kota Lama Semarang masih kalah gaungnya soal wisata heritage. Padahal, banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, seperti Gereja Blenduk dan Stasiun Semarang Tawang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tergerak untuk merevitalisasi kawasan Kota Lama Semarang sehingga kembali ‘hidup’ dan lebih layak dikunjungi wisatawan.

“Kita sedang dalam upaya revitalisasi, menghidupkan kembali Kota Lama Semarang. Belasan tahun belakangan kita dibantu oleh orang Belanda dalam upaya ini,” tutur Ganjar di Jakarta, Rabu (13/4/2016) malam.

Ganjar menyebutkan revitalisasi Kota Lama Semarang butuh desain penataan ulang. Mulai dari pemugaran fisik, pengisian dengan kegiatan dan event yang berkelanjutan, berujung pada upaya pelabelan Kota Lama sebagai Warisan Dunia UNESCO.

“Coba lihat sekarang, gedung-gedung nggak ada pemiliknya. Isinya demit semua,” candanya. Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya membenarkan bahwa revitalisasi Kota Tua bisa mencontoh negara-negara barat, terutama Belanda.

“Kemudian yang harus dilakukan adalah identifikasi Kota Semarang. Bandung misalnya, didaulat UNESCO sebagai Kota Kreatif. Dengan event Semarang Great Sale mendatang, saatnya menjadikan Semarang kota yang kurang lebih setara dengan itu,” papar Arief.

Semarang Great Sale dan Semarang Night Carnival adalah dua agenda utama dalam merayakan HUT ke-469 Kota Semarang. Pesta diskon Semarang Great Sale akan digelar mulai 16 April hingga 15 Mei 2016, sementara Semarang Night Carnival akan digelar pada Sabtu, 7 Mei mendatang. 

Parade Semarang Night Carnival akan dimulai di kawasan Kota Lama, dan berakhir di Balaikota. Akan ada 500 peserta karnaval yang ikut serta, terdiri dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Mereka akan memeragakan kostum kreasi mereka dipadu dengan riasan menarik, konsep fashion yang unik, formasi serta koreografi yang apik. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

All About Indonesia

Ayi Putri Tjakrawedana Luncurkan Buku Inspiratif Wanita Indonesia di Mancanegara

Buku karya Ayi Putri Tjakrawedana (Ist) Penulis wanita Indonesia Ayi Putri Tjakrawedana kembali menetaskan buku baru, Selasa 28 Maret 2017 secara jarak jauh dari Amerika Serikat. Buku tersebut merupakan rangkaian kisah

Culture

Pengumuman Pemenang Kuis GMT 2016

Ilustrasi GMT 2016 di Indonesia (Ist) Kuis menyambut fenomena alam unik, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang dibuat patainanews.com telah resmi ditutup pada Kamis, 3 Maret 2016. Seperti yang telah

SightSeeing

Amazing Hotel Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Manajemen Amazing Hotel Management (AHM) tampak antusias untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Adapun Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan

Tour Package

Tanjung Lesung, Sensasi Surga Tersembunyi di Banten

Menikmati sunset di Tanjung Lesung (Ist) Menikmati cantiknya matahari terbenam di sore hari dan melihat keindahan alam bawah laut tak melulu harus traveling mencari destinasi wisata lainnya sebab wisatawan bisa

Slideshow

Korsel Kritik Menteri Pariwisata untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Foto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama delegasi Indonesia, termasuk Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Budianto Liman (keempat dari kiri) dengan Minister of Culture, Sports and Tourism of Republic of

World Heritage

Mancing Jadi Andalan Wonderful Morotai Islands Festival 2017

Launching Calendar Of Events Wonderful Morotai Iskandar Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta.(21/4/2017) (Ist) Calender of Events Wonderful Morotai Island Festival (CoE WMIF) 2017