Menhub Dukung Pengembangan Pelabuhan di Pelindo III

Kunjungan Menhub 1

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) (Ist)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran terkait melakukan kunjungan kerja di Semarang, Kamis (12/1/2017).

Singgah di Ruang VIP Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, jajaran Menhub mendengarkan paparan dari PT Angkasa Pura I dan PT Pelindo III. Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III M Iqbal hadir didampingi General Manager Pelabuhan Tanjung Emas Agus Hermawan memaparkan mengenai Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Pengembangan Kali Baru Barat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sebelumnya, General Manager Bandara Ahmad Yani Priyo Jatmiko juga memberikan informasi tentang perkembangan bandara yang dikelola manajemen Angkasa Pura I. Menhub Budi Karya Sumadi juga sempat berdiskusi dengan M Iqbal mengenai tarif yang ada di pelabuhan, terutama yang melalui APBS.

Iqbal menyampaikan adanya kenaikan signifikan di APBS, dengan alur yang semakin dalam kapal dengan GT (Gross Tonnage) besar dapat memasuki kawasan tersebut dimana kapal dengan GT besar, maka muatan yang ditampung juga semakin banyak.

Dalam suasana yang akrab, Menhub juga memberikan arahan mengenai pengembangan pelabuhan yang ada. “Laut itu hadiah dari Tuhan, sudah tersedia tinggal kita kelola dengan baik”, ucapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (13/1/2017).

Diskusi pun dilanjutkan dengan membahas mengenai tarif di APBS, sebelumnya tarif disesuaikan dengan permintaan pengguna jasa dengan menghitung GT kapal, namun kemudian disetujui bahwa tarif dihitung berdasarkan muatan.

“Tarif APBS akan disesuaikan berdasrkan muatan, saya setuju dengan hal tersebut,” kata Menhub saat ditanya awak media massa sebelum meninggalkan bandara. Selain itu, Menhub juga memberikan dukungannya pada pengembangan Kalibaru Barat di Pelabuhan Tanjung Emas.

“Saya (kami) berterima kasih atas dukungan yang diberikan Menhub atas rencana pengembangan pelabuhan, khususnya di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dan juga penyesuaian tarif di APBS,” pungkas Iqbal. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Jababeka Gandeng Zoomy Bidik Bisnis TI

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja Sidarta Darmono (Ist) PT Jababeka bekerja sama dengan Zoomy, konten platform dan periklanan digital berbasis Smart Wi-fi Router mengadakan event Business to Business (B2B)

Heritage

Festival Senua 2018 Promosikan Pariwisata Natuna

Wisata bahari di Natuna (Ist) Festival Senua 2018 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal pada Minggu (24/6/2018) berhasil menyedot ribuan pengunjung yang datang dari Pulau Natuna

Tourism

Pelajari Strategi Membangun Kota Wisata, Teguh Santosa Berkunjung ke Melaka

Teguh Santosa (Ist) Melaka merupakan salah satu kota bersejarah di kawasan Asia Tenggara. Di masa lalu, Melaka adalah titik yang menghubungkan kawasan ini dengan dunia luar, Asia Selatan, Timur Tengah,

Slideshow

Aksi Sosial Pelindo III di Kalimantan Tengah

Logo PT Pelindo III (Ist) Berkaitan dengan rangkaian  kegiatan dari Kementerian BUMN hadir untuk negeri, PT Pelindo III merealisasikan program tersebut berupa aksi sosial di Kalimantan Tengah. Beberapa kegiatan diantaranya

Slideshow

Ketika President University Bicara Medsos untuk Calon Mahasiswa

Suasana Social Media One Day (Ist) President University mengajak para calon mahasiswa untuk memahami media sosial dari sisi positif. Kid Zaman Now, istilah untuk anak muda saat ini membuat media

World Heritage

Dua Menteri Kerja Realisasikan Target Presiden Jokowi

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist) Menpar Arief Yahya dan Menhub Budi Karya Sumadi semakin kompak saja untuk membangun akses dan connectivity dalam upaya pemerintah