Menikmati Cirebon Kala Weekend

KERATON CIREBON

Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon, Jawa Barat kini semakin dekat. Sejak dibuka Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), jarak Cirebon semakin dekat dari Jakarta lantaran jarak tempuh Jakarta menuju Cirebon semakin cepat sehingga bisa membuat warga Jabodetabek bisa dengan mudah untuk pergi ke Cirebon ketika akhir pekan tiba.

Bahkan, tidak hanya ke Cirebon saja sebab masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa juga mengunjungi Kuningan yang letaknya tidak terlalu jauh dari Cirebon.

“Masyarakat Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, Bekasi, dan Karawang kini punya alternatif weekend ke Cirebon dan Kuningan yang hanya dua jam melalui tol Jakarta ke Cirebon,” tutur Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (30/7/2015).

Sultan menjelaskan bahwa banyak obyek wisata yang tersebar di Cirebon dan Kuningan, yakni Keraton Kasepuhan, Taman Gua Sunyaragi, Astana Gunung Jati, sentra Batik Trusmi, sentra kerajinan rotan Tegalwangi, sentra kerajinan kerang, dan Wanawisata Plangon,” urainya.

Tak hanya itu, lanjutnya, masih ada Gedung Naskah Perjanjian Linggarjati yang menjadi saksi bisu perjuangan Indonesia, Air Panas dan Spa Sangkanurrip, Kolam Air Gunung Cibulaan, dan Cigugur, serta Taman Purbakala Cipari.

Sultan menjelaskan, untuk melepas lelah, tidak perlu khawatir karena wisatawan bisa menikmati kuliner khas setempat, yakni Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Empal Gentong, Empal Asem, Tahu Gejrot, Mie Koclok, Emping Melinjo, mangga gedong gincu, dan es Tjampolay.

“Jadi, tidak perlu ragu datang ke Cirebon dan Kuningan. Selamat menikmati libur akhir pekan. Segera saja datang ke Cirebon,” ucapnya. (Gabriel Bobby)      

About author



You might also like

World Heritage

Erupsi Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Gunung Agung di Bali (Ist) Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali terhitung mulai hari ini, 28 November 2017 ditutup. Mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA Rabu, 29 November 2017.

Tourism

RWS Menang di PATA Gold Awards 2015

Kampanye Resorts World Sentosa (RWS) menang di ajang bergengsi PATA Gold Awards 2015 dalam kategori marketing hospitality yang diselenggarakan oleh Asosiasi Travel Asia Pasifik (PATA). Adapun RWS salah satu dari

SightSeeing

Jokowi Resmikan Perluasan Pelabuhan Sibolga

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi melakukan groundbreaking atau peresmian perluasan dan pembangunan Pelabuhan Sibolga, Sabtu (20/8/2016). Diharapkan, dengan perluasan tersebut, Pelabuhan Sibolga dapat ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi  di Pantai Barat

Nature

Kembangkan Wisata Kuliner Indonesia, Dapur Solo Gelar Cita Rasa Solo 2015

Ny Swan (Ist) Restoran Dapur Solo Ny Swan kembali menggelar acara tahunan bertema kuliner dan budaya Jawa untuk ketiga kalinya. Tetap dengan nama Gelar Cita Rasa Solo (GCRS), acara ini

Hotel

Presiden Jokowi akan Ikut Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Jumpa pers karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memimpin jumpa pers rencana penyelenggaraan ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan’ di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian

Cuisine

Wonderful Indonesia Quiz 2017

Semarang yang terkenal dengan Kelenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi pemenang Wonderful Indonesia Quiz 2017 (Ist) Kuis Wonderful Indonesia adalah salah satu program unggulan di Voice of Indonesia. Tujuan dari kuis