Menikmati Hidup dengan Traveling

marischa-prudence
Marischka Prudence (Ist)
Marischka Prudence diketahui mulai dikenal menjadi travel blogger sejak 2012 silam.
Pada masa itu, meski belum seperti saat ini tren melancong sudah mulai terlihat dimana pameran wisata selalu penuh dikunjungi mereka yang berburu tiket murah.
“Media sosial, terutama Instagram, itu berpengaruh,” kata Prue dalam konferensi pers Zurich Insurance Indonesia Travel Insurance di Astindo Fair 2017 di Jakarta, Jumat (24/3/2017).
Adapun informasi, foto dan video destinasi wisata kini bertebaran di media sosial sehingga mendorong wisatawan untuk mendatanginya. 
Menurut Prue, tren melancong semakin pesat selama tiga tahun terakhir. Salah satu indikatornya adalah pameran wisata yang tak pernah sepi, dijejali orang-orang yang berburu tiket murah.
“Traveling jadi kebutuhan untuk orang-orang di kota besar untuk melepas stres,” ucapnya. Ia juga berbagi kiat bepergian yang menyenangkan namun tetap aman.
1. Anggaran
 
Buat perencanaan yang detail agar bisa menentukan berapa anggaran yang diperlukan. Jika ingin menghemat anggaran di bagian tiket, coba kunjungi pameran wisata dan beli tiket dari jauh-jauh hari sebelumnya. 
Soal penginapan, ada harga ada kualitas. Selain itu, Prue menegaskan bahwa estimasi anggaran tidak hanya meliputi tiket pesawat dan penginapan. 
Perhitungkan berapa ongkos transportasi dan biaya makan di tempat liburan. Misalnya Anda ingin mengunjungi Tokyo dan Kyoto di Jepang, cari tahu moda transportasi yang terbaik.
2. Jangan salah kostum
 
Busana adalah hal penting yang bisa menentukan suasana liburan Anda. Tempat wisata yang menyenangkan bisa jadi bencana kalau kita salah kostum. Cari tahu kondisi tempat yang akan dikunjungi, sesuaikan busana yang dibawa.
“Kalau di Raja Ampat pakai hak tinggi, hancur perjalanan,” dia mencontohkan.
3. Asuransi
Prue berpendapat orang Indonesia belum menganggap asuransi perjalanan sebagai hal wajib kecuali memang menjadi syarat pembuatan visa. Ia membuat hitungan sederhana. Menurut Prue, rata-rata orang Indonesia di kota besar bepergian selama dua kali dalam setahun. 
“Kalau beli travel insurance, enggak mahal bila dihitung itu untuk setahun,” katanya.
Prue selalu memakai asuransi perjalanan ketika tengah melancong ke luar negeri sebagai upaya berjaga-jaga. Risikonya bukan hanya soal keselamatan jiwa tapi hal sepele namun merepotkan seperti pembatalan keberangkatan, kehilangan bagasi atau paspor.
Salah satu temannya pernah kehilangan bagasi selama tiga hari saat bepergian ke negara yang sedang bersalju. Alhasil ia harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli busana yang sesuai dengan cuaca.
“Karena enggak asuransi, biaya liburannya jadi lebih mahal,” ujar dia.
Yang pasti, Prue menyarankan untuk memilih asuransi yang cocok dengan kegiatan Anda saat bepergian. Kemudian cari tahu seberapa besar nilai yang ditanggung asuransi. 
“Kalau saya misalnya mau scuba diving, harus pertimbangkan asuransi yang cover aktivitas itu,” katanya.  (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Garuda Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses

Slideshow

PT Pelindo III Perusahaan Informatif di Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia III ditetapkan sebagai salah satu dari 10 BUMN terinformatif oleh Komisi Informasi Pusat. Penetapan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat John Fresly di hadapan Wakil

Heritage

Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Terbang ke Silangit

Pesawat Garuda Indonesia (Ist)  Manajemen maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia memastikan akan menambah pesawat dan jam penerbangan rute Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara. Begitu juga rute sebaliknya. Rencana penerbangan itu akan

Nature

Sinergi Menteri Pariwisata dengan Forwarpar

Ucapan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H dari Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) (Ist) Media massa merupakan satu dari lima unsur pentahelix yang posisinya diakui

Hotel

Indonesian Women in Diving Dukung Pengembangan Wisata Bahari Nasional

Indonesian Women in Diving (Ist) Wanita yang suka diving kini bisa berkumpul di Komunitas Indonesian Women in Diving. Dan, komunitas ini mengaku siap mendukung pengembangan wisata bahari di Indonesia. Adapun

Heritage

Syukuran Laut Kepulauan Seribu

Berita Foto: Pesta rakyat Kepulauan Seribu yang bersyukur nikmat Tuhan Yang Maha Esa dengan kuliner khas masyarakat Kepulauan Seribu dengan mengedepankan kearifan lokal masyarakat Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Dua,