Menjelajah Wisata Bahari Indonesia

kotabaru

Samber Gelap, destinasi wisata bahari di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist)

Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata, termasuk wisata bahari yang memang diminati wisatawan mancanegara (wisman) pun tertarik berkunjung ke detinasi wisata bahari yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Sebut saja Raja Ampat di Papua Barat yang kini semakin dikenal di dunia. Belum lagi Pulau Dewata, Bali, dan Lombok di Nusa Tenggara Barat yang banyak didatangi turis asing.

Kendati demikian, masih ada sejumlah destinasi di Tanah Air yang punya potensi wisata bahari yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Berdasarkan pantauan patainanews.com, ada Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Pantai Galesong, Takalar di Sulawesi Selatan, dan Pantai Tanjung Pesona, Bangka di Bangka Belitung.

Tak hanya itu, ada juga Tanjung Lesung, Banten. Wisman di Samber Gelap bisa mencoba diving dan snorkeling. Menumpang speedboat dari Siring Laut, turis menikmati perjalanan sekitar dua jam menuju gugusan empat pulau di Samber Gelap.

Picture4 TL

Wisatawan juga bisa menikmati diving di Tanjung Lesung, Banten (Ist)

Cipratan air laut yang terasa asin menerpa kulit dan sinar matahari menyapa hangat selama perjalanan menuju Samber Gelap yang terletak di Laut Makassar membuat wisata bahari ini semakin seru.

Jika beruntung, traveler saat perjalanan bisa melihat hiu. Menariknya selama perjalanan tidak terlihat sampah di perairan sehingga petualangan wisata bahari ke Samber Gelap tidak membosankan.

Menjelang tiba di pantai Samber Gelap, speedboat berada di atas gugusan terumbu karang yang memikat hati. Dan, di pantai terbentang pasir yang lembut dan putih.

Gelombang pun tidak terlalu besar sehingga untuk berenang dan berjemut pas untuk dicoba sehingga Samber Gelap tak salah menjadi pilihan saat berlibur.

Tak hanya itu, wisata memancing juga bisa dilakukan di Samber Gelap karena di sana banyak ditemukan spot ikan, terutama ikan Tenggiri dengan bobot yang cukup besar.

Belum lagi konservasi penyu yang merupakan alternatif pengembangan wisata sehingga diharapkan kelestarian penyu bisa terjaga lantaran wisatawan akan tertarik dengan aktivitas penyu yang sedang bertelur dan populasi penyu yang ada.

Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan ini memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing untuk datang ke Takalar.

Ya, Pantai Galesong adalah salah satu wisata bahari yang ada di Takalar. Menariknya di Pantai Galesong ada Wisata Pantai Bintang Galesong.

Ketika patainanews.com berkunjung ke Takalar, sempat melihat destinasi ini. Memang menarik lantaran dari Wisata Pantai Bintang Galesong sehingga wisatawan bisa memandang laut dan menikmati sunset.

Dari Wisata Pantai Bintang Galesong juga bisa menyeberang ke Pulau Sanrobengi. Wisatawan asal Jepang dan turis dari Tiongkok suka mengunjungi Pulau Sanrobengi di Takalar.

Mereka datang untuk melihat pasir putih dan sumur jodoh yang ada di pulau itu. Tak hanya dari kawasan Asia, turis dari Eropa, seperti dari Jerman suka ke Pulau Sanrobengi.

Wisatawan harus menyeberang dari Pantai Galesong ke Pulau Sanrobengi dengan menggunakan perahu sekitar lima menit. Di Pulau Sanrobengi ada sumur air tawar yang dikenal dengan nama Sumur Jodoh.

Padahal, Pulau Sanrobengi sekelilingnya adalah laut sehingga seharusnya air asin, namun ternyata ada satu sumur yang keluar air tawar.

Adapun air tawar dari Sumur Jodoh itu konon bisa menyembuhkan penyakit kulit yang dialami orang dengan cara menyiram badannya sendiri.

Traveler yang ingin menyeberang ke Pulau Sanrobengi harus memerhatikan kondisi alam agar tidak terjadi hal yang merugikan dirinya.

Sementara di Pantai Tanjung Pesona dijadikan lomba triathlon yang terdiri dari olahraga renang, sepeda, dan lari. Meski begitu, Bangka juga punya pantai lain, seperti Pantai Tikus.

Dan, di Tanjung Lesung wisatawan juga bisa diving. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Festival Senua 2018 Promosikan Pariwisata Natuna

Wisata bahari di Natuna (Ist) Festival Senua 2018 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal pada Minggu (24/6/2018) berhasil menyedot ribuan pengunjung yang datang dari Pulau Natuna

Destinations

Kemenpar Promosikan Paket Asian Games 2018 di Natas Travel Fair

Kementerian Pariwisata bersama pelaku bisnis pariwisata berpartisipasi di pameran pariwisata internasional National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Fair di Singapore Expo (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama pelaku bisnis pariwisata

Destinations

Hotel Neo Samadikun Ikut Promosikan Pariwisata Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Pariwisata Cirebon kini semakin bergairah yang kunjungan wisatawan pun meningkat ke Kota Udang ini. Kendati demikian, pariwisata Cirebon tak berpuas diri. Sebut saja Hotel Neo Samadikun

Airlines

Bergabung dengan PATA, Poltekpar Lombok Gaungkan Lombok Bangkit

Wisatawan di Lombok (Ist) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok ambil bagian dalam forum internasional PATA Annual Summit di Radisson Blu, Cebu, Filipina pada 9 hingga 12 Mei 2019. Kehadiran Poltekpar Lombok

Destinations

Pariwisata Indonesia Semakin Percaya Diri

Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (Ist) Tanpa terasa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) telah sampai akhir penyelenggaraannya. Selama perjalanan penyelenggaraan kegiatan Anugerah Pesona Indonesia ternyata mendapat sambutan sangat baik

Hotel

Jangan Ragu Traveling Ketika Ramadan

Kuliner di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Berpuasa pada bulan suciRamadan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah, berpuasa memiliki banyak manfaat bagi