Menjelajah Wisata Bahari Indonesia

kotabaru

Samber Gelap, destinasi wisata bahari di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist)

Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata, termasuk wisata bahari yang memang diminati wisatawan mancanegara (wisman) pun tertarik berkunjung ke detinasi wisata bahari yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Sebut saja Raja Ampat di Papua Barat yang kini semakin dikenal di dunia. Belum lagi Pulau Dewata, Bali, dan Lombok di Nusa Tenggara Barat yang banyak didatangi turis asing.

Kendati demikian, masih ada sejumlah destinasi di Tanah Air yang punya potensi wisata bahari yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Berdasarkan pantauan patainanews.com, ada Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Pantai Galesong, Takalar di Sulawesi Selatan, dan Pantai Tanjung Pesona, Bangka di Bangka Belitung.

Tak hanya itu, ada juga Tanjung Lesung, Banten. Wisman di Samber Gelap bisa mencoba diving dan snorkeling. Menumpang speedboat dari Siring Laut, turis menikmati perjalanan sekitar dua jam menuju gugusan empat pulau di Samber Gelap.

Picture4 TL

Wisatawan juga bisa menikmati diving di Tanjung Lesung, Banten (Ist)

Cipratan air laut yang terasa asin menerpa kulit dan sinar matahari menyapa hangat selama perjalanan menuju Samber Gelap yang terletak di Laut Makassar membuat wisata bahari ini semakin seru.

Jika beruntung, traveler saat perjalanan bisa melihat hiu. Menariknya selama perjalanan tidak terlihat sampah di perairan sehingga petualangan wisata bahari ke Samber Gelap tidak membosankan.

Menjelang tiba di pantai Samber Gelap, speedboat berada di atas gugusan terumbu karang yang memikat hati. Dan, di pantai terbentang pasir yang lembut dan putih.

Gelombang pun tidak terlalu besar sehingga untuk berenang dan berjemut pas untuk dicoba sehingga Samber Gelap tak salah menjadi pilihan saat berlibur.

Tak hanya itu, wisata memancing juga bisa dilakukan di Samber Gelap karena di sana banyak ditemukan spot ikan, terutama ikan Tenggiri dengan bobot yang cukup besar.

Belum lagi konservasi penyu yang merupakan alternatif pengembangan wisata sehingga diharapkan kelestarian penyu bisa terjaga lantaran wisatawan akan tertarik dengan aktivitas penyu yang sedang bertelur dan populasi penyu yang ada.

Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan ini memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing untuk datang ke Takalar.

Ya, Pantai Galesong adalah salah satu wisata bahari yang ada di Takalar. Menariknya di Pantai Galesong ada Wisata Pantai Bintang Galesong.

Ketika patainanews.com berkunjung ke Takalar, sempat melihat destinasi ini. Memang menarik lantaran dari Wisata Pantai Bintang Galesong sehingga wisatawan bisa memandang laut dan menikmati sunset.

Dari Wisata Pantai Bintang Galesong juga bisa menyeberang ke Pulau Sanrobengi. Wisatawan asal Jepang dan turis dari Tiongkok suka mengunjungi Pulau Sanrobengi di Takalar.

Mereka datang untuk melihat pasir putih dan sumur jodoh yang ada di pulau itu. Tak hanya dari kawasan Asia, turis dari Eropa, seperti dari Jerman suka ke Pulau Sanrobengi.

Wisatawan harus menyeberang dari Pantai Galesong ke Pulau Sanrobengi dengan menggunakan perahu sekitar lima menit. Di Pulau Sanrobengi ada sumur air tawar yang dikenal dengan nama Sumur Jodoh.

Padahal, Pulau Sanrobengi sekelilingnya adalah laut sehingga seharusnya air asin, namun ternyata ada satu sumur yang keluar air tawar.

Adapun air tawar dari Sumur Jodoh itu konon bisa menyembuhkan penyakit kulit yang dialami orang dengan cara menyiram badannya sendiri.

Traveler yang ingin menyeberang ke Pulau Sanrobengi harus memerhatikan kondisi alam agar tidak terjadi hal yang merugikan dirinya.

Sementara di Pantai Tanjung Pesona dijadikan lomba triathlon yang terdiri dari olahraga renang, sepeda, dan lari. Meski begitu, Bangka juga punya pantai lain, seperti Pantai Tikus.

Dan, di Tanjung Lesung wisatawan juga bisa diving. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

SightSeeing

Parade 1001 Kuda Sandelwood Penuhi Pantai Walakiri

Parade 1001 Kuda Sandelwood (Ist) Pulau Sumba menunjukkan keeksotisannya, Wisatawan tumpah ruah. Mereka menyaksikan Parade 1001 Kuda Sandelwood. Event ini dipusatkan di Pantai Walakiri, Sumba Timur. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran

SightSeeing

Kunjungan Wisman Januari-November 2016 Tumbuh 10,46%

Wisatawan mancanegara di Indonesia (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada November 2016 mencapai 1.002.333 atau mengalami peningkatan sebesar 19,98% dibandingkan November 2015 berjumlah 835.408 wisman. Sementara secara

Cuisine

Wonderful Indonesia Rebut 2 Awards di Johannesburg

2 penghargaan untuk Wonderful Indonesia (Ist) Wonderful Indonesia rupanya tak hanya moncer di kawasan Asia Pasik dan Asia Tenggara saja. Di Afrika, kepak sayap national brand pariwsata Indonesia ini juga

Heritage

9 September, Penyerahan Penghargaan PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 CEO PATA Mario Hardy mengucapkan selamat kepada pemenang PATA Gold Awards 2016. “Atas nama PATA, selamat kepada peraih Gold Award dan mengucapkan terima kasih kepada semua

SightSeeing

Menikmati Experience Baru Traveling Keliling Jakarta dengan Helicity

Helicity Tak bisa dipungkiri transportasi menjadi andalan wisatawan menuju destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. PT Whitesky Aviation rupanya jeli menangkap peluang yang ada dalam sektor pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan

Festival

Tanjung Lesung, Destinasi Wisata yang Menyatukan Bumi Nusantara

Managing Director pengelola KEK Tanjung Lesung, PT Banten West Java Rully Lasahido (tengah) (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten memang menarik bagi wisatawan sebab destinasi wisata yang termasuk