Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon II Hingga IV di Kementerian Pariwisata

Menpar Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III) , dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kepala Divisi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan Pejabat Fungsional yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (25/5/2018).

Menpar Arief Yahya mengatakan, pelantikan pejabat pada hari ini sebagai kelanjutan dari pelantikan pada 28 Februari 2018 lalu terkait adanya perubahan struktur organisasi Kemenpar yang mulai dilaksanakan sejak 4 Januari 2018.

“Acara pelantikan hari ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai Kemenpar agar siap meningkatkan budaya kerja, WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan solid, speed, dan smart (3S),” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, misi terbesar saya dalam kesempatan memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The corporate culture, kata Arief Yahya, menjadi pilar pembentuk karakter sehingga kuncinya untuk menjadi pemenang adalah seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar yaitu; great spirit dan grand strategy.

Great spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behaviour) yang utama dan mulia, sedangkan grand strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni. Spritualisme merupakan unsur terpenting dalam proses membangun daya saing perusahaan.

Elemen yang pertama, kata Arief Yahya, menyangkut heart (hati) berkaitan dengan karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, sedangkan elemen kedua menyangkut head (pikiran) berkaitan dengan kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

“Saya berpesan agar setiap pegawai Kemenpar menjadi seorang agen perubahan dan pemenang atau culture champions. Saudara-saudara sekalian, pada hari ini adalah momentum yang strategis dengan dilantiknya para pejabat yang memiliki kompetensi di bidangnya, sehingga jajaran pimpinan di lingkungan Kemenpar siap untuk melaksanakan program dan kegiatan dalam rangka mempresentasikan upaya pencapaian kinerja utama yakni tercapainya kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya.

Para pejabat yang dilantik terdiri 4 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 21 Pejabat Administrator (eselon III), 30 Pejabat Pengawas (eselon IV) dan 1 Kepala Divisi Badan Otorita Danau Toba serta 29 orang Pejabat Fungsional. Penetapan dan penilaian pejabat yang baru dilantik tersebut berdasarkan unsur 3C (character, competence,dan collaboration) dan ini diterapkan pada semua pejabat di lingkungan Kemenpar yang kinerjanya terus dievaluasi setiap enam bulan. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

All About Indonesia

PT Pelindo III Serius Permudah Layanan Pengguna Jasa

MoU Pelindo III dengan BPD Jatim dan BPD NTB (Ist) Sebagai upaya memberikan kemudahan layanan transaksi para pengguna jasa kepelabuhanan, PT Pelindo III menggandeng dua Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu

Hotel

Memandang Laut dari Bintang Galesong Takalar

Sunset di Bintang Galesong (Ist) Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis

Tourism

Surabaya North Quay Dipadati Pengunjung

Cruise MS Rotterdam sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Ist) Masyarakat Surabaya, Jawa Timur menyambut positif destinasi wisata bahari baru. Arek-arek Suroboyo merayakan suka cita hadirnya Surabaya North Quay. Sekitar 10.000

Slideshow

Gervasius Pilih President University Ketimbang ITB

Gervasius Patar Haryowibowo Samosir (Ist) Nama lengkapnya Gervasius Patar Haryowibowo Samosir, blasteran Jawa dan Batak ini dalam usia yang relatif muda sekitar 30 tahun sudah menjadi salah satu owner di

Airlines

BPPD Soppeng Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan di Sulsel

Kepala BPPD Soppeng Farouk Adam (kedua dari kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) BPPD Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kesempatan menghadiri Rakernas ASITA II sebagai ‘peninjau’ atas undangan

Cuisine

Bank Indonesia Majukan Tenun Ikat Kediri

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Bank Indonesia (BI) ternyata sudah sekitar tiga tahun memberikan perhatian