Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon II Hingga IV di Kementerian Pariwisata

Menpar Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III) , dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kepala Divisi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan Pejabat Fungsional yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (25/5/2018).

Menpar Arief Yahya mengatakan, pelantikan pejabat pada hari ini sebagai kelanjutan dari pelantikan pada 28 Februari 2018 lalu terkait adanya perubahan struktur organisasi Kemenpar yang mulai dilaksanakan sejak 4 Januari 2018.

“Acara pelantikan hari ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai Kemenpar agar siap meningkatkan budaya kerja, WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan solid, speed, dan smart (3S),” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, misi terbesar saya dalam kesempatan memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The corporate culture, kata Arief Yahya, menjadi pilar pembentuk karakter sehingga kuncinya untuk menjadi pemenang adalah seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar yaitu; great spirit dan grand strategy.

Great spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behaviour) yang utama dan mulia, sedangkan grand strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni. Spritualisme merupakan unsur terpenting dalam proses membangun daya saing perusahaan.

Elemen yang pertama, kata Arief Yahya, menyangkut heart (hati) berkaitan dengan karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, sedangkan elemen kedua menyangkut head (pikiran) berkaitan dengan kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

“Saya berpesan agar setiap pegawai Kemenpar menjadi seorang agen perubahan dan pemenang atau culture champions. Saudara-saudara sekalian, pada hari ini adalah momentum yang strategis dengan dilantiknya para pejabat yang memiliki kompetensi di bidangnya, sehingga jajaran pimpinan di lingkungan Kemenpar siap untuk melaksanakan program dan kegiatan dalam rangka mempresentasikan upaya pencapaian kinerja utama yakni tercapainya kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya.

Para pejabat yang dilantik terdiri 4 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 21 Pejabat Administrator (eselon III), 30 Pejabat Pengawas (eselon IV) dan 1 Kepala Divisi Badan Otorita Danau Toba serta 29 orang Pejabat Fungsional. Penetapan dan penilaian pejabat yang baru dilantik tersebut berdasarkan unsur 3C (character, competence,dan collaboration) dan ini diterapkan pada semua pejabat di lingkungan Kemenpar yang kinerjanya terus dievaluasi setiap enam bulan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Kereta Wisata Serius Kembangkan Joglosemar, 20 September ke Surabaya

Kereta wisata Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata memastikan mulai 20 September mendatang kereta wisata Priority resmi ke Surabaya, Jawa Timut lewat Semarang, Jawa Tengah. Hal tersebut dikatakan President

All About Indonesia

Menyelamatkan Jakarta Tanpa Harus Membangun Gedung Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan  Susi Pudjiastuti (ketiga dari kanan) tengah berbincang dengan SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia tengah

SightSeeing

Orang Indonesia Pemegang Paspor Asing tak Bebas Visa?

Wisatawan Australia di Bali (Ist) Orang Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk yang menetap di negeri orang yang sudah tidak memegang paspor RI, namun menggunakan paspor negara setempat tengah

Airlines

Promosi Pariwisata Indonesia Lewat Foto

Pemerintah bisa memanfaatkan foto-foto mengenai pariwisata dan budaya Indonesia hasil karya berbagai fotografer negeri ini untuk mempromosikan pariwisata Nusantara hingga ke mancanegara. Demikian disampaikan kurator buku Magnificent Indonesia Risman Marah

Tour Package

Sekjen UNWTO Dukung RI Capai Target 20 Juta Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Duta Besar RI di Madrid Yuli Mumpuni memenuhi Undangan HE Dr Taleb Rifai, Sekjen UNWTO di Madrid, Spanyol (Ist)  Sinyal yang dilempar Presiden Joko Widodo

World Heritage

ICE Kebanggaan Indonesia

Siti Karmila (Ist) Presiden Jokowi diketahui telah meresmikan ICE (Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berdiri di atas lahan seluas 22 hektare di Bumi Serpong Damai, Banten, Selasa (4/8/2015). Ya, ICE