Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon II Hingga IV di Kementerian Pariwisata

Menpar Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III) , dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kepala Divisi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan Pejabat Fungsional yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (25/5/2018).

Menpar Arief Yahya mengatakan, pelantikan pejabat pada hari ini sebagai kelanjutan dari pelantikan pada 28 Februari 2018 lalu terkait adanya perubahan struktur organisasi Kemenpar yang mulai dilaksanakan sejak 4 Januari 2018.

“Acara pelantikan hari ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai Kemenpar agar siap meningkatkan budaya kerja, WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan solid, speed, dan smart (3S),” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, misi terbesar saya dalam kesempatan memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The corporate culture, kata Arief Yahya, menjadi pilar pembentuk karakter sehingga kuncinya untuk menjadi pemenang adalah seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar yaitu; great spirit dan grand strategy.

Great spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behaviour) yang utama dan mulia, sedangkan grand strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni. Spritualisme merupakan unsur terpenting dalam proses membangun daya saing perusahaan.

Elemen yang pertama, kata Arief Yahya, menyangkut heart (hati) berkaitan dengan karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, sedangkan elemen kedua menyangkut head (pikiran) berkaitan dengan kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

“Saya berpesan agar setiap pegawai Kemenpar menjadi seorang agen perubahan dan pemenang atau culture champions. Saudara-saudara sekalian, pada hari ini adalah momentum yang strategis dengan dilantiknya para pejabat yang memiliki kompetensi di bidangnya, sehingga jajaran pimpinan di lingkungan Kemenpar siap untuk melaksanakan program dan kegiatan dalam rangka mempresentasikan upaya pencapaian kinerja utama yakni tercapainya kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya.

Para pejabat yang dilantik terdiri 4 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 21 Pejabat Administrator (eselon III), 30 Pejabat Pengawas (eselon IV) dan 1 Kepala Divisi Badan Otorita Danau Toba serta 29 orang Pejabat Fungsional. Penetapan dan penilaian pejabat yang baru dilantik tersebut berdasarkan unsur 3C (character, competence,dan collaboration) dan ini diterapkan pada semua pejabat di lingkungan Kemenpar yang kinerjanya terus dievaluasi setiap enam bulan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Turis Belanda Suka Menginap di Hotel Horison NJ

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist) Wisatawan

Culture

Indonesia Negara Paling Aman Nomor 9 di Dunia

Kapolri Tito Karnavian dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU berlangsung di

Hotel

Kidung Volendam Angkat Pariwisata Banyuwangi

Buku Kidung Volendam Buku Kidung Volendam karya Halimah Munawir ternyata juga mengulas Kawah Ijen, salah satu potensi pariwisata yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Halimah dalam peluncuran

SightSeeing

Warga Dunia Menanti GMT 2016 dengan Budaya Lokal

Press Conference GMT 2016 di Jakarta (Ist) Fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang akan terjadi pada 9 Maret memang ditunggu masyarakat Indonesia, namun juga warga dunia. Karenanya agar

Culture

Wisatawan Australia Suka Lampung

Launching Lampung Krakatau Festival 2017 (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan  yang meningkat ke Lampung. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, jumlah wisatawan yang berkunjung

Tour Package

Pemerintah Siap Promosikan ASIAN GAMES 2018

Prof Dr I Gde Pitana MSi selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah memastikan siap menyambut dan mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang digelar di