Menpar Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon II Hingga IV di Kementerian Pariwisata

Menpar Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Pejabat Administrator (Eselon III) , dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kepala Divisi Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan Pejabat Fungsional yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (25/5/2018).

Menpar Arief Yahya mengatakan, pelantikan pejabat pada hari ini sebagai kelanjutan dari pelantikan pada 28 Februari 2018 lalu terkait adanya perubahan struktur organisasi Kemenpar yang mulai dilaksanakan sejak 4 Januari 2018.

“Acara pelantikan hari ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai Kemenpar agar siap meningkatkan budaya kerja, WIN Way menjadi jurus atau cara untuk memenangkan kompetisi, yaitu dengan solid, speed, dan smart (3S),” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, misi terbesar saya dalam kesempatan memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan yang berkarakter dan memiliki daya saing global. The corporate culture, kata Arief Yahya, menjadi pilar pembentuk karakter sehingga kuncinya untuk menjadi pemenang adalah seorang pemimpin harus memiliki dua elemen dasar yaitu; great spirit dan grand strategy.

Great spirit berkaitan dengan semangat tinggi yang terbentuk oleh keyakinan (belief), nilai-nilai (values), dan perilaku (behaviour) yang utama dan mulia, sedangkan grand strategy berkaitan dengan visi, strategi, model bisnis, atau eksekusi yang terbangun dari analisis dan daya pikir yang mumpuni. Spritualisme merupakan unsur terpenting dalam proses membangun daya saing perusahaan.

Elemen yang pertama, kata Arief Yahya, menyangkut heart (hati) berkaitan dengan karakter sebagai hasil olah ruh dan olah rasa, sedangkan elemen kedua menyangkut head (pikiran) berkaitan dengan kompetensi sebagai hasil dari olah rasio dan olah raga.

Spirit dan strategy merupakan dua elemen dasar yang saling melengkapi dan mengisi sehingga tidak bisa dipisahkan satu dari yang lain. Itu sebabnya kunci kesuksesan pemimpin ditentukan oleh kemampuannya menyeimbangkan dan mengharmonikan keduanya.

“Saya berpesan agar setiap pegawai Kemenpar menjadi seorang agen perubahan dan pemenang atau culture champions. Saudara-saudara sekalian, pada hari ini adalah momentum yang strategis dengan dilantiknya para pejabat yang memiliki kompetensi di bidangnya, sehingga jajaran pimpinan di lingkungan Kemenpar siap untuk melaksanakan program dan kegiatan dalam rangka mempresentasikan upaya pencapaian kinerja utama yakni tercapainya kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya.

Para pejabat yang dilantik terdiri 4 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 21 Pejabat Administrator (eselon III), 30 Pejabat Pengawas (eselon IV) dan 1 Kepala Divisi Badan Otorita Danau Toba serta 29 orang Pejabat Fungsional. Penetapan dan penilaian pejabat yang baru dilantik tersebut berdasarkan unsur 3C (character, competence,dan collaboration) dan ini diterapkan pada semua pejabat di lingkungan Kemenpar yang kinerjanya terus dievaluasi setiap enam bulan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Enaknya Jagung Rebus Terasi Takalar

Ilustrasi Sarabba, sejenis wedang Jahe khas Takalar (Ist) Kabupaten Takalar memiliki beragam potensi wisata kuliner yang beda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Pemerintah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini

Airlines

Imlek 2569 Bintan Diserbu 5000 Wisman Tiongkok

Asdep Greater China Kemenpar Vinsensius Jemadu (kiri) (Ist) Imlek dan Cap Go Meh ikut membawa berkah bagi Bintan. Tak tanggung-tanggung, sekitar 5000 wisatawan mancanegara asal Tiongkok menyerbu Bintan pada Februari

Tour Package

Menteri Pariwisata Dinobatkan Menteri Berprestasi Tinggi Kabinet Kerja

Penghargaan untuk Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dinobatkan sebagai menteri yang berprestasi tinggi dalam Kabinet Kerja 2014-2019 dalam ajang Penghargaan Prestasi Tinggi Kabinet Kerja. Acara

Destinations

Destinasi Halal Indonesia Kian Diminati Pasar Global

Menteri Pariwisata Arief Yahya di booth Muslim Travel Pavilion ITB Asia 2018 (Ist) Wisata Halal Indonesia semakin berkibar dalam ajang Internationale Torismus-Borse (ITB) Asia 2018 Singapura. Kegiatan travel expo terbesar

SightSeeing

Bus Apron Lower Deck yang Ramah terhadap Penyandang Disabilitas

Bus apron lower deck yang dioperasikan JAS Airport Services di Bandara Soekarno-Hatta Lima bus apron lower deck yang dioperasikan JAS Airport Services secara resnis sudah diluncurkan dalam menyambut penyelenggaraan ASIAN

Festival

Miss Earth Indonesia 2017, Duta Lingkungan Hidup yang Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani (Ist) Michelle Victoria Alriani resmi terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2017 pada malam puncak grand final Miss Earth Indonesia 2017. Keberhasilan Michelle, begitu