Menpar Arief Yahya Promosikan Kopi Indonesia di ITB Berlin

WhatsApp Image 2018-03-09 at 10.49.47

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist)

Kenikmatan kopi Indonesia turut dipromosikan dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman.

Promosi dilakukan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya di Paviliun Wonderful Indonesia. Kopi Indonesia memang paling banyak diburu pengunjung di acara yang berlangsung sejak 7 hingga 11 Maret 2018. “Saya berada di salah satu sudut kopi Wonderful Indonesia di arena ITB Berlin, kopi kita paling banyak diburu pengunjung di ITB Berlin,” tulis Menpar Arief di akun Instagramnya, @menpar.ariefyahya, Kamis (8/3/2018).

Menteri Arief tidak lupa ngevlog lewat Instagram di coffee corner. Dalam video itu dia mengatakan, karena Indonesia itu tidak memiliki minuman nasional, maka Kemenpar sepakat memilih kopi untuk dipopulerkan. Menurutnya, setiap tahun, Indonesia selalu diminta menghadirkan stand kopi dalam acara pameran.

“Temanya adalah kopi dari setiap daerah, yang hari ini adalah kopi Bali, Kintamani. Populer sekali di sini, stan yang lebih ramai adalah stand kopi Bali banyak diserbu pelanggan terutama orang-orang Eropa,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Namun, tak hanya kopi Kintamani yang disukai orang Eropa. Kopi Toraja juga disukai. Menurut Menpar Arief Yahya, banyak yang mengatakan, kualitas kopi Toraja berbeda dengan kopi di tempat lain. “Rasa kopi Toraja identik dengan kecokelatan, tembakau, atau caramel. Kopi berwarna hitam dan tidak begitu pekat. Kopi ini memiliki tekstur halus. Saat menyeduh kopi hitam ini dengan air panas, tercium bau khas kopi Toraja yang harum dan tidak berbau keras,” tuturnya.

Dalam ITB Berlin tahun ini, Indonesia mengusung tema ‘Maritim, Keanekaragaman Bali dan Budaya’. Wonderful Indonesia hadir membawa industri pariwisata. Termasuk 130 agen perjalanan, hotel, resort, dan enam kantor pariwisata pemerintah daerah, serta maskapai nasional, Garuda Indonesia.

Mereka mempromosikan berbagai objek wisata, termasuk rute penerbangan. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia karena acara B2B pariwisata terbesar di dunia,” ujar Menpar Arief.

Menurut pria asal Banyuwangi ini, Paviliun Indonesia mengusung sejumlah tema pariwisata Indonesia. Namun, diintegrasikan dalam desain Paviliun Indonesia ITB 2018. Maritim masih menjadi pilihan bagi Indonesia. Karena Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau sepanjang garis khatulistiwa. Untuk menarik minat pengunjung, paviliun Indonesia menampilkan berbagai atraksi budaya dan kesenian. Paviliun Wonderful Indonesia menampilkan esensi ‘Wonderful Indonesia’ dengan hiasan khas Phinisi, kapal kayu tradisional dari Sulawesi.

“Maritim menjadi pusat identitas nasional selama berabad-abad bersama dengan keragaman budaya. Dan Kapal Phinisi juga telah membawa Wonderful Indonesia menjadi juara di ITB Berlin tahun lalu,” pungkas Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Merawat Adat Leluhur, Presiden Jokowi Dukung Pelestarian Kerajaan dan Kesultanan Nusantara

Presiden Jokowi ketika ada di Bali (Ist) Sejumlah raja dan sultan se-Nusantara hadir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018). Kedatangan mereka atas undangan langsung Presiden Jokowi. Sebelumnya dalam

Airlines

Pertamina Dukung Pelestarian Ekosistem Kepulauan Seribu

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 26 hinnga 27 September 2017. Dalam Rakornas ini, salah satu agenda adalah semangat Indonesia Incorporated dalam

Airlines

Menjual Destinasi Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Manajemen PT Petrada Widya Radahasa sebagai holding company dari Capa Resort Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak pengusaha tour dan travel agent untuk ikut memperkenalkan

Travel Operator

Upaya Australian Backpacker Hotel di Banyuwangi Berkembang

Australian Backpacker Hotel di Banyuwangi Manajemen Australian Backpacker (AB) Hotel yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur sadar potensi pariwisata di Bumi Blambangan, julukan Banyuwangi, yang semakin dikenal hingga ke mancanegara.

Cuisine

‘Ada Marina, Tanjung Lesung Bakal ‘Gila’ Bagusnya’

Ketua Indonesia Jet sport Boating Association (IJBA) Syaiful Ihsan (Ist)   Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menempatkan marina dalam masterplan-nya. Rencana pembangunan marina akan dilakukan pada tahun ini guna

Airlines

Pemprov DKI Jakarta Jeli Manfaatkan Pokemon GO Promosikan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pokemon GO, game aplikasi yang saat ini tengah populer dimanfaatkan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai peluang memasarkan pariwisata. Ya, bisa dibilang Pemprov DKI Jakarta