Menteri ESDM Cek Kesiapan Terminal LNG Pelindo III

Pelindo III_Menteri ESDM Cek Terminal LNG di Pelabuhan Benoa_1
Menteri ESDM Sudirman Said meninjau kesiapan operasional Terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali (Ist)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meninjau kesiapan operasional Terminal LNG (liquefied natural gas) di Dermaga Selatan, Pelabuhan Benoa Bali yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III,  Jumat (1/4/2016) lalu.
Terminal LNG tersebut dioperasikan oleh PT Pelindo Energi Logistik (PEL), anak usaha Pelindo III, untuk menyalurkan LNG ke pembangkit listrik unit Pesanggaran di Denpasar Selatan.
Kedatangan Menteri ESDM di Terminal LNG disambut Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rahmat Satria dan Direktur Utama PT PEL Denny Hermanto.
Di hadapan Menteri ESDM berserta rombongan, Rahmat Satria menjelaskan proses penyaluran LNG hingga menjadi gas melalui tayangan video presentasi.
“Jika penyaluran gas untuk wilayah Denpasar dan sekitarnya berjalan lancar maka ke depannya kita bisa bangun hub storage di Pelabuhan Celukan Bawang yang juga dikelola oleh Pelindo III,” ujar Rahmat Satria dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (4/4/2016).
Menteri ESDM dan tim langsung melakukan site visit untuk melihat fasilitas kapal FRU (Floating Regasification Unit) yang telah sandar di dermaga selatan.
FRU bernama Lumbung Dewata tersebut dibuat di Korea Selatan dan telah tiba di Pelabuhan Benoa sejak Rabu (30/3/2016). FRU merupakan fasilitas kapal yang berfungsi untuk mengubah LNG menjadi gas siap pakai yang akan disalurkan ke pembangkit listrik di Pesanggaran milik PT Indonesia Power.
“Kalau kapal seperti ini belum bisa kita buat tidak mengapa, tapi SDM yang mengoperasikannya nanti harus orang kita, semuanya harus anak dalam negeri,” ujar Sudirman.
Hal senada diungkapkan oleh Rahmat Satria. “Semuanya dikerjakan oleh Pelindo Energi Logistik yang diperkuat dengan SDM anak dalam negeri”, tegasnya.
Kesiapan Terminal LNG yang dikelola PEL saat ini sudah 90% tinggal menunggu kedatangan kapal FSU (Floating Storage Unit) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan LNG sementara, sebelum masuk ke kapal FRU.
Nantinya setelah seluruh jaringan pipa telah terkoneksi, Terminal LNG di Pelabuhan Benoa siap dioperasikan dan memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar untuk pembangkut listrik PLN senilai hingga Rp 4 miliar setiap harinya.
Selain itu penggunaan bahan bakar gas juga menurunkan tingkat kebisingan, getaran, dan pelepasan emisi gas buang. “Sehingga sejalan dengan mengoperasikan Terminal LNG, Pelindo III mendukung Program Bali Clean and Green Province. Dengan kesiapan pasokan energi yang bersih, pembangunan di Bali akan semakin berkembang agar dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Bali dan Indonesia,” pungkas Rahmat Satria. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Akhir Tahun, Kereta Wisata ke Surabaya

Kereta wisata (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun ini merencanakan melengkapi layanan wisata kereta wisata Priority ke destinasi wisata Joglosemar, yakni ke Semarang, Jawa Tengah dan terus

Destinations

Turis Asing Suka Budaya Indonesia

Hermawan Kartajaya (Ist) Indonesia tidak hanya kaya akan destinasi wisata yang menarik lantaran negeri ini juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik turis asing ketika mereka

Nature

Menanti Visit Wonderful Indonesia di 2018

Prof Dr I Gde Pitana MSi selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah terus berupaya mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, termasuk 10 Bali baru hingga ke

World Heritage

Mengemas Acara Pariwisata Agar Ditonton Wisatawan

Jembatan Kuning di Palu (Ist) Mengemas acara pariwisata di destinasi yang tersebar di Indonesia sudah seharusnya tidak hanya ditonton masyarakat setempat, namun juga bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung

Travel Operator

Wisman Peduli Lingkungan Hidup di Destinasi Wisata Indonesia

 Jazzy Anastassia Kinsky (Ist) Indonesia memang sudah lama dikenal kaya akan beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Lingkungan hidup selama ini selalu menjadi isu yang seksi di dunia dan

Travel Operator

Tanjung Lesung Diminati Korsel

  Menteri Pariwisata Arief Yahya (batik) (Ist) Hanya dua minggu berselang setelah Presiden Joko Widodo bertemu muka dengan Presiden Korea Selatan di Seoul, 15 Mei 2016 lalu, Menteri Pariwisata Arief