Menteri Pariwisata Ajak Kaum Milenial Ikut Lomba Foto Pesona Mudik 2019

Lomba foto Kementerian Pariwisata (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial untuk mengikuti dan meramaikan lomba foto bertema Pesona Mudik 2019 dengan mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur Lebaran 2019.

Melalui perlombaan ini, pihaknya menantang warganet yang mayoritas milenial untuk mengeksplorasi kuliner hingga atraksi di destinasi dan agenda selama Ramadan dan Lebaran 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjabarkan hal tersebut dalam Rapat Sinkronisasi Acara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Hari Lahir Pancasila, HUT ke-74 RI, dan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Rapat sinkronisasi tersebut sebagai bentuk kordinasi dan sinergi berbagai pihak untuk memperlancar penyelenggaraan sejumlah hari besar yang akan digelar, salah satunya Hari Raya Idul Fitri 1440H.

Pesona Mudik 2019 (Ist)

“Ada 31 Kegiatan yang berupa event-event dan ada lomba melalui media sosial Instagram, dengan Lomba Foto bertajuk #PesonaMudik2019. Total hadiahnya Rp300 juta, untuk 300 pemenang,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (9/5/2019).

Menpar Arief menjelaskan, lomba ini dibagi dalam 2 periode dan beberapa kategori. Periode 1 (1 – 26 Mei 2019) dengan Tema: Ramadhan Penuh Pesona, Kategori: Kuliner dan Destinasi. Periode 2 (27 Mei – 10 Juni 2019) dengan Tema: Lebaran Penuh Pesona, Kategori: Kuliner – Destinasi – Event.

Dalam lomba ini obyek yang dinilai adalah Pesona Kuliner, Pesona Event dan Pesona Destinasi di seluruh Pulau Jawa yang menjadi salah satu tujuan mudik Lebaran.

“Netizen dapat mengeksplorasi aneka ragam kuliner di seluruh Pulau Jawa, dari mulai Banten sampai Jawa Timur. Yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga bisa mengeksplorasi obyek foto yang bagus, baik kuliner, event maupun destinasi. Nanti Kemenpar juga akan menyiapkan Peta Mudik,” kata Menpar Arief Yahya.

Dalam kesempatan yang sama, Menpar Arief juga menanggapi terkait harga tiket pesawat jelang libur lebaran. Menpar Arief mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mencari solusi terbaik atas fenomena melonjaknya harga tiket pesawat.

“Kita tetap kordinasi dan saya akan ke Kemenhub dalam waktu dekat. Penurunan tarif batas atas akan berpengaruh positif terutama menjelang lebaran,” kata Menpar.

Karena, lanjut Menpar Arief Yahya, saat Lebaran dengan sendirinya ada 10 juta orang mudik. Dalam bahasa pariwisata, pergerakan mudik ini disebut wisata. Karena ada orang dalam jumlah besar, bergerak bersama-sama, dari satu originasi ke destinasi untuk berlebaran.

“Bila wisman otomatis turun. Tapi kalau wisatawan nusantaranya naik 10 juta. Terlebih kalau sekarang harga tarif batas atas pesawat diturunkan diharapkan ada koreksi positif,” jelas Menpar Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Trinity: The Nekad Traveler Promosikan Pariwisata Lampung

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mendukung hasil karya anak bangsa. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu mendorong film berjudul Trinity:

Cuisine

Samosir Andalkan Pariwisata

Launching event Grand Launching Kalender Event Pariwisata Samosir 2018 Horas Samosir Fiesta di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Ist) Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan di Balairung

Tour Package

Tour de Kepri 2019 Beri Dampak Positif Branding Pariwisata Kepri

Tour de Kepri 2019 (Ist) Ratusan pebalap dari 28 negara terpesona dengan suasana alam di setiap track Tour de Kepri 2019 sehingga akan berdampak positif terhadap branding pariwisata di Kepulauan

Indonesiaku

Tito Dukung Komnas HAM Monitor Kasus Novel Baswedan

Tito Hananta Kusuma (Ist) Pengacara Tito Hananta Kusuma mendukung Komnas HAM dan Polri untuk mengusut kasus Novel Baswedan. Adapun dengan kepulangan Novel ke Indonesia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit

Tourism

Sambut Imlek di Tanjung Lesung

Promo Tanjung Lesung di Tanjung Lesung (Ist) Imlek 2017 sudah di depan mata. Perayaan Tahun Baru masyarakat keturunan Tionghoa ini semakin semarak di Indonesia. Dan, destinasi wisata Tanjung Lesung di

Heritage

Turis India Penting untuk Pariwisata Indonesia

Seminar bertajuk The Power of Guerilla Tourism & Hospitality Networking yang diselenggarakan TTC Travel Mart di Jakarta, Sabtu (10/12/2016) (Ist) Wisatawan asal India dinilai punya penting bersama turis asal Tiongkok