Menteri Pariwisata Ajak Kaum Milenial Ikut Lomba Foto Pesona Mudik 2019

Lomba foto Kementerian Pariwisata (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial untuk mengikuti dan meramaikan lomba foto bertema Pesona Mudik 2019 dengan mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur Lebaran 2019.

Melalui perlombaan ini, pihaknya menantang warganet yang mayoritas milenial untuk mengeksplorasi kuliner hingga atraksi di destinasi dan agenda selama Ramadan dan Lebaran 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjabarkan hal tersebut dalam Rapat Sinkronisasi Acara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Hari Lahir Pancasila, HUT ke-74 RI, dan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Rapat sinkronisasi tersebut sebagai bentuk kordinasi dan sinergi berbagai pihak untuk memperlancar penyelenggaraan sejumlah hari besar yang akan digelar, salah satunya Hari Raya Idul Fitri 1440H.

Pesona Mudik 2019 (Ist)

“Ada 31 Kegiatan yang berupa event-event dan ada lomba melalui media sosial Instagram, dengan Lomba Foto bertajuk #PesonaMudik2019. Total hadiahnya Rp300 juta, untuk 300 pemenang,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (9/5/2019).

Menpar Arief menjelaskan, lomba ini dibagi dalam 2 periode dan beberapa kategori. Periode 1 (1 – 26 Mei 2019) dengan Tema: Ramadhan Penuh Pesona, Kategori: Kuliner dan Destinasi. Periode 2 (27 Mei – 10 Juni 2019) dengan Tema: Lebaran Penuh Pesona, Kategori: Kuliner – Destinasi – Event.

Dalam lomba ini obyek yang dinilai adalah Pesona Kuliner, Pesona Event dan Pesona Destinasi di seluruh Pulau Jawa yang menjadi salah satu tujuan mudik Lebaran.

“Netizen dapat mengeksplorasi aneka ragam kuliner di seluruh Pulau Jawa, dari mulai Banten sampai Jawa Timur. Yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga bisa mengeksplorasi obyek foto yang bagus, baik kuliner, event maupun destinasi. Nanti Kemenpar juga akan menyiapkan Peta Mudik,” kata Menpar Arief Yahya.

Dalam kesempatan yang sama, Menpar Arief juga menanggapi terkait harga tiket pesawat jelang libur lebaran. Menpar Arief mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mencari solusi terbaik atas fenomena melonjaknya harga tiket pesawat.

“Kita tetap kordinasi dan saya akan ke Kemenhub dalam waktu dekat. Penurunan tarif batas atas akan berpengaruh positif terutama menjelang lebaran,” kata Menpar.

Karena, lanjut Menpar Arief Yahya, saat Lebaran dengan sendirinya ada 10 juta orang mudik. Dalam bahasa pariwisata, pergerakan mudik ini disebut wisata. Karena ada orang dalam jumlah besar, bergerak bersama-sama, dari satu originasi ke destinasi untuk berlebaran.

“Bila wisman otomatis turun. Tapi kalau wisatawan nusantaranya naik 10 juta. Terlebih kalau sekarang harga tarif batas atas pesawat diturunkan diharapkan ada koreksi positif,” jelas Menpar Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

UKM Pariwisata di Labuan Bajo Didorong Naik Kelas

Workshop Digitalisasi UKM Pariwisata (Ist) Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Flores mendorong para pelaku UMKM yang bergerak di bidang pariwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), bisa naik

Hotel

‘PR 101 Series’ H3 Jakarta

Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) (Ist) Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) pada 30 September lalu baru saja selesai menyelenggarakan acara PR 101 series ‘Hospitality PR: Optimizing Competence’ di THE

Heritage

Sambut ASIAN GAMES 2018, Palembang Siapkan Homestay

Logo ASIAN GaMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan membawa nama baik Indonesia di pentas internasional. Karenanya peran pentahelix, yakni pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas,

Slideshow

Sultan Tidore Menjaga Presiden Jokowi dari Kepentingan yang Merusak Citra

Sultan Tidore Husain Sjah (kemeja putih) menerima piagam penghargaan dari Ketua Dewan Penasihat Komite Nasional Pembela Kedaulatan NKRI dan Martabat Bangsa (PKNMB) Laksamana (Purn) Tedjo E Purdijatno, disaksikan Ketua Umum

Slideshow

Zecky Alatas Mundur dari Kuasa Hukum Dhawiya

Zecky Alatas Kendati Dhawiya tetap ingin Zecky Alatas menjadi kuasa hukumnya namun pengacara Zecky Alatas telah mengambil sikap tegas, yakni memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Dhawiya. Hal tersebut

Festival

Pariwisata Pilar Utama Bangkitkan Ekonomi Daerah

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam diskusi Pariwisata Pilar Utama Bangkitkan Ekonomi Daerah (Ist) Daya tarik wisata bisa jadi modal awal untuk kerjasama antarnegara yang bernilai ekonomi serta kedepannya dapat membuka kesempatan