Menteri Pariwisata Apresiasi Komitmen Provinsi Babel Jadikan Pariwisata Sektor Unggulan

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat acara Peluncuran Toboali City On Fire di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (17/7/2019) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi komitmen para kepala daerah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang ingin menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan.

Menpar Arief Yahya saat acara Peluncuran Toboali City On Fire di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (17/7/2019) mengatakan hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah event di Babel yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kemenpar serta adanya dua kawasan di Babel yang sedang proses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Menpar Arief juga mengatakan, dalam penyelenggaraan event harus menggunakan kriteria 3C seperti nilai kreatif (Creative Value), nilai komersil (Commercial Value), serta didukung oleh komitmen atau keseriusan kepala daerah (CEO Commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

“Tapi yang penting adalah Commitment CEO, Gubernur dan Bupati harus berkomitmen, anggaran, serta konsisten minimal 3 tahun berturut-turut. Bila kepala daerahnya punya komitmen, dua lainnya akan mengikuti,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (18/7/2019).

Menpar Arief Yahya juga menekankan pentingnya menghitung Commercial Value dari setiap events sehingga bisa meyakinkan para Gubernur dan Bupati bahwa events memberikan manfaat ekonomi bagi warganya.

Menpar Arief mencontohkan Bali yang sudah hebat dalam penyelenggaraan events, karena Bali memiliki Product, Process, Philosophy yang saling melengkapi. Sementara contoh lain adalah Banyuwangi yang menjadi Kota Festival Terbaik dengan jumlah event yang banyak.

“Hipotesis saya, Bali dan Banyuwangi memiliki pendapatan perkapita tinggi dan indeks kebahagiaannya tinggi. Saya berharap Babel akan seperti itu,” kata Menpar Arief Yahya.

Selain itu, kata Menpar Arief, Toboali City On Fire merupakan event kedua yang akan diselenggarakan tahun ini.

“Sebaiknya acara ini memperhatikan tiga hal yakni koreografer, desain baju, dan musik. Ketiga hal ini harus berasal dari nasional tanpa melupakan unsur lokal,” ujar Menpar Arief Yahya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata atas dukungan terhadap pariwisata Bangka Belitung dalam acara Launching Toboali City On Fire (TCOF) Season 4 Tahun 2019.

“Terbukti terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang drastis, pada 2018 tercatat kunjungan meningkat menjadi sekitar 2 juta. Melalui pariwisata, saya harap kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Babel bisa terus meningkat,” ujar Erzaldi Rosman.

Selain acara peluncuran TCOF, Menpar Arief Yahya juga meresmikan peluncuran El-John TV yang menjadi TV yang memiliki konten pariwisata.

“Untuk El-John TV saya ucapkan selamat. Klaimnya ini adalah TV pertama dan satu-satunya TV wisata di Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya, (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Festival Gurame Hadir di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Festival Gurame (Ist) Hotel Santika Premiere ICE BSD City menghadirkan “Festival Gurame” sebagai menu andalan utama. Berbagai olahan Ikan Gurame mulai dari Gurame Asam Manis, Gurame Asam Pedas, Gurame Sambal

SightSeeing

Pesona Cirebon Maret 2016

Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) 12 Maret 2016 Gelar seni pesanggrahan Taman Gua Sunyaragi Pkl 9.00 hingga 13.00 WIB Ada Tari Topeng, Tari Tayub, Sintren, dan lainnya 15 hingga 30 Maret

Festival

Gerakan Sadar Wisata di Labuan Bajo

Sadar Wisata di Labuan Bajo (Ist) Labuan Bajo, destinasi yang pernah dikunjungi Gwyneth Paltrow dan Valentino Rossi tak pernah sepi dari pemberitaan. Selain pembenahan infrastruktur fisik, ada juga Gerakan Sadar

Tourism

Pariwisata Jawa Tengah yang Beragam

Batik Tulis Lasem Hastadana (Ist) Jawa Tengah ternyata kaya akan beragam potensi wisata dan budaya sehingga wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara banyak yang tertarik untuk berkunjung ke kawasan ini. Berdasarkan

Tour Package

Tabel Kunjungan Wisman ke Indonesia 2016

Tabel Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia Sepanjang 2016 (Ist)

Tourism

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Helicity

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Whitesky Aviation yang mengelola Helicity yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com