Menteri Pariwisata Arief Yahya Hadiri Rakor Insentif Investasi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya hadir pada rapat pembahasan insentif investasi untuk mendorong minat berinvestasi di Indonesia. Rapat tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang berlangsung di Gedung Ali Wardhana, Jl. Lapangan Banteng Jakarta, Rabu (16/5/2018).  

Pemerintah memutuskan menambah kebijakan insentif fiskal untuk mendorong investasi dan ekspor. Sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan tentang libur bayar pajak penghasilan atau tax holiday. Sedangkan insentif fiskal yang akan dikeluarkan adalah diskon bayar pajak atau tax allowance bagi para pelaku usaha, namun besarannya diskon pajak masih dalam tahap pembahasan. 

“Kita saat ini akan membuat tiga kelompok, tidak banyak dan lebih disederhanakan. Targetnya pada akhir bulan ini penyusunan peraturannya semua selesai termasuk, single submision,” kata Menko Darmin Nasution dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembebasan pajak untuk 17 industri pionir. Kebijakan ini berlaku untuk investasi baru dan perusahaan exisiting yang melakukan ekspansi usaha baru. Terhadap penanam modal sebesar Rp500 miliar hingga Rp1 triliun akan mendapat tax holiday sampai 5 tahun.

Sedangkan penanaman modal Rp1 triliun hingga Rp5 triliun memperoleh tax holiday 7 tahun, untuk nilai Rp5 triliun hingga Rp15 triliun diberikan tax holiday 10 tahun, dan Rp15 triliun hingga Rp30 triliun tax holiday 15 tahun, dan minimal Rp30 triliun diberikan tax holiday sampai 20 tahun.

Masa transisi diberikan ketika tax holiday habis akan mendapat kemudahan pembayaran hanya 50% selama 2 tahun. Menpar Arief Yahya dalam setiap kesempatan mengatakan, para investor di sektor pariwisata diberi berbagai kemudahan dalam berinvestasi, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP), diantaranya dalam bentuk insentif fiskal serta pembangunan fasilitas infrastruktur jalan, air bersih, listrik, pelabuhan, dan bandara internasional.

“Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’, dan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan dalam mengembangkan 10 DPP kita akan fokus pada 4 DPP yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo,” kata Menpar Arief Yahya.

Pada kesempatan rapat pembahasan bersama Menko Perekonomian, Menpar Arief didampingi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Asdep Investasi Pariwisata Henky Manurung, dan Asdep Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Indra Ni Tua. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

120 Tour Operator ASEAN Jelajah Samosir

Jelajah wisata budaya Sumatera Utara di Samosir (Ist) 120 tour operator dari Indonesia dan negara-negara di ASEAN diketahui menikmati menjelajah Samosir di Sumatera Utara. “Amazing dan luar biasa. Itulah kata-kata

Festival

Wisata Bahari di Lombok Menjanjikan

Turis asing melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok Wisatawan Nusantara maupun turis asing dinilai mulai melirik Lombok, Nusa Tenggara Barat lantaran wisata bahari di Pulau Seribu Masjid ini sangat menjanjikan.

Airlines

Es Bone Tank ala Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Es Bone Tank (Ist) Mentimun atau Bonteng dalam istilah bahasa Sunda merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dengan olahan tertentu. Menurut berbagai sumber, mentimun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan

Cuisine

‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di ITB Berlin

Wonderful Indonesia berjaya di ITB Berlin (Ist) Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman dikenal sebagai pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.

Travel Operator

Kalong, Daya Tarik Wisata di Soppeng

Berita Foto: Kalong dalam jumlah besar ternyata ada di Soppeng, Sulawesi Selatan. Kalong hinggap di pohon-pohon yang ada di pusat kota Soppeng. Menarik melihat kalong terbang di langit Soppeng sehingga

Nature

Pemandu Wisata Selam di Manado Dilatih Layani Wisatawan

Pemandu wisata selam di Manado (Ist) Sejumlah pemandu wisata selam di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), diberi pelatihan khusus untuk memperluas pemahaman sekaligus peningkatan kompetensi sehingga pelayanan kepada wisatawan semakin