Menteri Pariwisata Berkomitmen Bangun Sinergi Rampungkan Pembangunan Infrastruktur 4 Destinasi Wisata Super Prioritas

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berkomitmen membangun sinergi dengan berbagai pihak terkait untuk merampungkan pembangunan infrastruktur di empat destinasi wisata super prioritas hingga 2020.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menginstruksikan pengembangan infrastruktur 10 destinasi prioritas terutama di 4 destinasi super prioritas pariwisata seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo diselesaikan pada 2020 mendatang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya seusai Rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019) mengatakan, Presiden Jokowi meminta pembangunan infrastruktur dasar penunjang sektor pariwisata harus diselesaikan pada 2020.

“Yang diinginkan Presiden Jokowi pada 2020 semua infrastruktur dan utilitas dasar seperti Atraksi, Akses, dan Amenitas (3A) harus selesai,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (16/7/2019).

Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas Menteri Kabinet Kerja (Ist)

Menpar Arief mencontohkan, pada salah satu destinasi super prioritas yaitu Danau Toba. Dari sisi atraksi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia itu harus mendapatkan sertifikat Unesco Global Geopark (UGG) pada 2019.

“Dalam framework, pengembangan destinasi itu selalu menggunakan konsep 3A jika ingin menjadi global player maka harus menggunakan global standar. Dengan masuknya geopark di Indonesia dalam daftar UGG, berarti meningkatkan promosi destinasi wisata bahkan hingga ke level dunia,” katanya.

Kedua dari sisi akses yaitu bandara Silangit pembangunannya harus selesai dan menjadi bandara Internasional. Sementara pembangunan jalan tol dari Kualanamu – Tebing Tinggi juga harus selesai pada 2020.

“Dari sisi Amenitas sudah ada investasi di Danau Toba sebesar Rp6 triliun yang nantinya akan dibangun salah satu contoh adalah pembangunan hotel. Pada 2020 harus sudah selesai dan sudah beroperasi,” kata Menpar Arief.

“Dampaknya, selain dapat mendongkrak jumlah wisatawan asing atau turis, juga mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sekitar obyek wisata serta pemerintah asli daerah dan pendapatan negara,” kata Menpar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat Rapat terbatas bersama para Menteri Kabinet Kerja melihat permasalahan dalam hal tata ruang di daerah atau wilayah tujuan wisata. Ia berharap agar permasalahan itu dapat segera diatasi oleh jajarannya.

Ada enam hal yang ditekankan Presiden di 4 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yang pertama terkait infrastruktur. Yang kedua, yang berkaitan dengan akses konektivitas menuju ke kawasan destinasi wisata.

Yang ketiga, Presiden Jokowi meminta agar fasilitas yang tersedia di lokasi wisata, Keempat berkaitan dengan sumber daya manusia disekitar destinasi wisata.

Kelima, terkait atraksi dan produk-produk yang ada di tempat wisata terkait dengan pasar, pasar seni kemudian budaya yang perlu ditampilkan. Terakhir, Presiden menekankan perlunya dilakukan promosi secara besar-besaran, secara integrasi sehingga betul-betul mendapatkan manfaat dan memberikan efek pertumbuhan pada ekonomi daerah maupun ekonomi nasional. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Menyusuri Tanjung Lesung di Sore Hari

Sore hari di Tanjung Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung seakan memanjakan wisatawan ketika mereka berkunjung ke destinasi wisata yang terletak di Pandeglang, Banten. Ya, traveler selama ada di destinasi

Tourism

‘Potensi Wisata Bahari Indonesia Tinggi’

Nawang Wulan (Ist) Putri Pariwisata Indonesia Nawang Wulan memunyai pandangan menarik mengenai wisata bahari Indonesia. Baginya, potensi wisata bahari Nusantara sangat tinggi sehingga harus terus dipromosikan sebagai upaya meningkatkan kunjungan

Slideshow

President University Gelar President Univesity Archery Championship 2019

President University Archery Club (PUAC) (Ist) President University Archery Club (PUAC) atau Klub Panahan President University adalah salah satu dari 32 klub dan komunitas dilingkungan kampus President University yang telah

Slideshow

Imlek di Indonesia Diminati Wisatawan Tiongkok

Ilustrasi perayaan Imlek di Indonesia (Ist) Imlek di Indonesia diminati wisatawan asing asal Tiongkok. Itu terbukti dari situs perjananan terbesar Tiongkok, Ctrip.com menempatkan Indonesia sebagai satu dari sepuluh destinasi favorit

Festival

Industri Spa Terbaik di Indonesia Akan Dianugerahi Spa & Wellness Tourism Award 2019

Perlengkapan untuk spa (Ist) Industri Spa terbaik di Tanah Air akan diiberi penghargaan melalui “Spa & Wellness Tourism Award 2019 Indonesia” pada 9 Septermber 2019 di Grand Ballroom Fairmont Hotel,

Culture

Kemenpar “Goes To Campus” Gelar Pelatihan SDM Kepariwisataan

Kemenpar ‘Goes to Campus’ di Pekalongan (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) “goes to campus” menggelar pelatihan SDM kepariwisataan di berbagai kampus di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang