Menteri Pariwisata Buka Sesi Perdana Wonderful Startup Academy Batch II

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya secara resmi membuka sesi perdana Wonderful Startup Academy (WSA) batch 2 dengan paparan berjudul ‘The Future of Tourism in Indonesia’ di Kolega x MarkPlus, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2019).

Wonderful Startup Academy merupakan program inkubasi startup pertama di bidang pariwisata di Indonesia, yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan yang batch pertama yang telah diselenggarakan pada 2017 silam. Jumlah pendaftar WSA batch II meningkat lebih dari 70 % yaitu sebanyak 309 Startup, dari sebelumnya 180 Startup pada batch I.

Dari 309 Startup tersebut berhasil dipilih 30 Startup terbaik yang akan mengikuti WSA batch II. Dean of Wonderful Startup Academy, Hiramsyah S Thaib mengatakan bahwa Wonderful Startup Academy juga mendukung salah satu program pemerintah, yaitu Program 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang bisa memberdayakan ekonomi masyarakat dan pada akhirnya menyejahterakan banyak masyarakat luas.

Siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu menulis, WSA batch II tahun 2019 memiliki durasi program yang lebih singkat, namun lebih padat dan terarah. Program akan berlangsung selama tiga bulan. Pada bulan pertama yang merupakan Creative Camp, peserta akan diberikan materi dengan topik Tourism Mindset yaitu seputar Startup dan pengetahuan kepariwisataan.

Selanjutnya pada bulan kedua, program inkubasi akan masuk ke dalam topik “Business Mindset” dengan materi seputar validasi pelanggan, produk, dan hingga marketing dan penjualan. Pada bulan kedua, peserta akan diseleksi kembali hingga terpilih 10 Startup.

Sementara pada bulan ketiga, materi akan lebih fokus tentang “Investment Mindset”, yang akan memperkenalkan peserta dengan materi seputar investasi, serta akan demo day, hingga nantinya akan terpilih 3 Startup terbaik. Selain mendapatkan materi dari para pembicara handal, peserta WSA batch II berkesempatan mendapatkan mentoring, networking hingga mendapatkan akses pendanaan. Wonderful Startup Academy juga mendapat dukungan penuh dari Telkom Indonesia, Google, Bank BNI, Bank BRI, dan Panorama.

Selain itu, program ini juga turut didukung oleh MDigi, Global Compact Network Indonesia, Marketeers, IMA, ICSME, Blibli, Kolega, Indigo Creative Nation, Goers, serta The 101 Hotels & Resort. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Kemenpar Bangga Putri Pariwisata 2016 Berjaya di Malaysia

Lois Merry Tangel (kedua dari kiri) (Ist) Kementerian Pariwisata menyampaikan apresiasi akan keberhasilan Putri Pariwisata 2016 Lois Merry Tangel yang berhasil mencetak prestasi membanggakan Indonesia di kancah internasional yang digelar

Tourism

Menikmati Pisang Janda Takalar

Ilustrasi Pisang Janda di Takalar (Ist) Indonesia memang kaya akan cita rasa kuliner yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Bahkan, kuliner Indonesia pun semakin

SightSeeing

Merawat Laut Indonesia, Permata Bahari yang Rentan Rusak

Taman Nasional Taka Bonerate Tidak ada yang meragukan kekayaan bahari Indonesia yang luar biasa indah. Deretan pantai berpasir putih, ikan dan spesies laut yang beragam, aneka jenis terumbu karang, bahkan

Slideshow

Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Hari Batik Nasional 2 Oktober (Ist) Batik, kain tradisional khas Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia pada masa lalu dan sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit.

Heritage

Ulos Diusulkan ke UNESCO sebagai World Intangible Cultural Heritage

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan mendukung Ulos, kain khas masyarakat Batak, Sumatera Utara (Sumut) untuk diusulkan

Destinations

Kolaborasi Tanjung Lesung dan Tex Saverio untuk Kemanusiaan

Model memeragakan hasil karya Tex Saverio di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten bersama Tex Saverio, desainer muda asli Indonesia ikut