Menteri Pariwisata Dukung Event Lokal Pariwisata di Selat Sunda

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjanjikan dukungan dalam penyelenggaraan event lokal pariwisata yang berlangsung di Selat Sunda.

Menteri Pariwisata Arief saat dialog terkait pariwisata pada event Jambore Pokdarwis & HPI di Provinsi Banten, yang dilaksanakan Selasa (12/2/2019) di Mutiara Carita Cottage, Pandeglang, Banten menjanjikan dukungan tersebut tidak hanya pada event yang termasuk dalam 100 Calendar of Event, tapi juga pada “local event” yang berlangsung di Selat Sunda.

“Bila biasanya Kemenpar hanya mendukung event yang termasuk ke dalam 100 CoE, maka khusus untuk Selat Sunda, kami juga akan mendukung ‘local event’,” jelas Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Dukungan Kemenpar tersebut untuk mempercepat kebangkitan pariwisata di Selat Sunda serta memberikan kepastian keamanan kepada wisatawan. Tagline ‘Selat Sunda Aman’ bahkan diminta untuk digunakan secara konsisten pada program-program pariwisata. “Saya minta untuk program kita konsisten menggunakan tagline Selat Sunda Aman,” ujar Menpar Arief.

Belajar dari erupsi Gunung Agung dan Gempa Lombok, status destinasi Banten pasca-tsunami juga tidak ditetapkan sebagai darurat. Penetapan status darurat di tempat wisata yg terkena dampak bencana, diakui Menpar memiliki pengaruh yang tidak baik. Pasalnya, negara-negara asing dapat memberikan “travel advice” kepada warganya.

Penetapan status darurat sempat dilakukan di Bali pasca-erupsi Gunung Agung. Saat itu, Bali kehilangan pemasukan hingga 1 miliar dolar AS dan 1 juta wisatawan mancanegara (wisman). “Hal serupa juga terjadi di Banten. ‘Occupancy rate’ hotel di sini rata-rata 50-60%. Pasca-tsunami, dalam 2 bulan ‘occupancy rate’ di Banten kurang dari 10%. Maka dari itu, saya minta Banten tidak ditetapkan status darurat tapi bantuan harus tetap mengalir ke sana,” ujar Menpar Arief.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita menjelaskan tsunami Selat Sunda memiliki dampak besar pada tiga sektor ekonomi Pandeglang.

“Ada 3 sektor yang lumpuh di Pandeglang pasca-tsunami yaitu pariwisata, maritim, dan agrobisnis. Walaupun belum pulih seratus persen tapi semua sudah kembali berjalan. Kami hanya mengeluarkan SK 14 hari darurat karena kerja sama pemerintah pusat dan daerah sangat baik dalam menangani bencana ini. Kami juga telah berkordinasi dengan stakeholder dan pemilik usaha pariwisata untuk kembali bangkit,” ujar Irna.

Pelarangan pengadaan acara di hotel serta mahalnya tiket pesawat juga menjadi bahasan dalam dialog Jambore Pokdarwis dan HPI. Menpar mengaku sempat mendiskusikan permasalahan yang dialami para pelaku industri pariwisata tersebut kepada Presiden Jokowi.

“Saya sempat berdiskusi dengan Presiden Jokowi mengenai beberapa hal. Yang pertama adalah ucapan seorang menteri tentang larangan mengadakan acara di hotel. Larangan ini telah dicabut Presiden Jokowi, hotel-hotel bisa menjadi lokasi acara serta rapat. Lalu yang kedua, saya juga berdiskusi soal harga tiket pesawat yang mahal. Harga tiket naik karena avtur di Indonesia 30% lebih mahal daripada di luar. Mahal karena avtur dimonopoli di Indonesia. Lalu, apa solusinya? Hari ini Presiden akan memanggil Dirut perusahaan tersebut untuk memintanya menurunkan harga avtur atau muncul saingan dalam penjualan avtur di Indonesia, ” jelas Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

patainanews.com Mendukung PATA Travel Mart 2016 di ICE

PATA Travel Mart 2016 (Ist) patainanews.com mendukung penuh penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September 2016 demi

Destinations

Persiapan PATA Travel Mart 2016 di ICE

Berita Foto: Booth PATA Indonesia Chapter di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016, Selasa (6/9/2016) (Ist) Berita Foto: Booth Tanjung Lesung di

Tour Package

Turis Malaysia Suka Traveling ke Indonesia

Anis dan Iffa (kanan), dua turis asal Malaysia ketika traveling di Jakarta dan berpose di Monas (Ist) Wisatawan mancanegara, termasuk turis asal negeri jiran, Malaysia semakin banyak yang tertarik untuk

Tourism

PATA Indonesia akan Bantu Promosikan Tanjung Lesung

PATA Indonesia Chapter akan membantu upaya manajemen PT Jababeka Tbk untuk mempromosikan kawasan wisata Tanjung Lesung ke mancanegara sehingga bisa menarik minat wisatawan asing berkunjung ke kawasan wisata yang terletak

Slideshow

GSP Bukber di Hotel Horison NJ Semarang

Suasana Bukber GSP di Hotel Horison NJ Semaang (Ist) Dalam Ramadan 1438 H, Gerakan Semarang Peduli (GSP) mengadakan acara buka bersama yang bertempat di Point 8 Horison NJ Semarang pada

Slideshow

Doa Bersama untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Doa bersama untuk korban bencana tsunami di Selat Sunda Pasca tsunami yang  menghantam Selat Sunda dan pesisir Banten pada 22 Desember 2018 lalu telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan rusaknya