Menteri Pariwisata Gencar Promosikan Wisata Bahari RI

tim

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja batik) (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mempromosikan 10 destinasi pariwisata bawah laut Indonesia kepada sekitar 200 pelaku industri marine tourism Asia dalam event ADEX –Asian Diving Expo 2016, di Singapura.

“Silakan menyelam ke Indonesia. Kami punya lebih dari 25 lokasi spesial untuk diving dengan 500 keunikan. Buktikan sendiri sensasi yang berbeda-beda di setiap site,” kata AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Adapun 10 destinasi marine tourism yang disebutkan Menteri Pariwista, terutama untuk under water world, yakni Bali, Lombok (NTB), Labuan Bajo (NTT), Alor (NTT), Derawan (Kaltim), Bunaken (Sulawesi Utara), Togean (Sulawesi Tengah), Wakatobi (Sulawesi Selatan), Ambon (Maluku), dan Raja Ampat (Papua Barat).  

Dalam agenda ADEX 2016 ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng 20 Industri Pariwisata dari tujuh destinasi, yaitu Aceh, DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

Mereka menampilkan paket-paket wisata bawah laut yang menjadi andalan kawasannya. Sedikitnya ada 20 sellers dari Indonesia, dan 40 buyers dari pasar Singapore dan negara Asia lain.

Tahun ini Kemenpar menargetkan 1,8 juta wisatawan mancanegara yang mengunjungi destinasi bahari. Selain promosi melalui berbagai saluran media, sales mission, festival dan mengikuti ajang travel mart, ada upaya deregulasi dan penyederhanaan aturan yang terkait dengan wisata bahari.

“Kami sudah memberlakukan Visa Free di 169 negara, lalu pencabutan CAIT –Clearance Approval for Indonesia Territory— untuk yacht dan penghapusan Cabotage, sehingga cruise bisa menaik turunkan penumpang melalui 5 pelabuhan di Indonesia,” katanya.

Dia menargetkan ada 5.000 yacht yang datang ke Tanah Air pada tahun ini. Dengan yacht itu, yachters bisa lebih banyak eksplorasi bawah laut di banyak spot di tanah air.

Lima pelabuhan yang boleh embark and disembark itu antara lain Belawan, Medan (Sumatera Utara), Tanjung Priok, Jakarta, Tanjung Perak, Surabaya (Jatim), Benoa, Bali, Soekarno-Hatta, Makassar (Sulawesi Selatan).

“Selain itu kami sedang membangun bandara di 15 kota dan akan akan menaikkan kapasitas 27 bandara, dan merenovasi 13 terminal penumpang bandara. Kami juga sedang merancang banyak marina baru, untuk pangkalan yacht,” tambahnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

PATA Mendukung Turis yang Peduli Kelestarian Lingkungan

Pariwisata kini semakin menarik sebab industri pariwisata semakin berkembang. Kendati demikian pariwisata mengharapkan wisatawan bisa ikut melestarikan lingkungan (Ist) Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pelancong yang ingin melangkah ringan. Turis

Cuisine

Chef Degan Promosikan Kuliner Khas Nusantara di Perancis

Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke Perancis (Ist) Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke mancanegara. Ini kali ke Paris yang dikenal sebagai pusar gastronomi dunia dalam

Slideshow

Batavia Fun Bike di Kota Tua

PATA Indonesia Chapter mendukung Batavia Fun Bike yang digelar majalah Sarasvati yang diadakan di kawasan Kota Tua Jakarta. Adapun Batavia Fun Bike dilakukan pada Minggu (20/3/2016) yang menjadi daya tarik

Hotel

Bus Apron Lower Deck yang Ramah terhadap Penyandang Disabilitas

Bus apron lower deck yang dioperasikan JAS Airport Services di Bandara Soekarno-Hatta Lima bus apron lower deck yang dioperasikan JAS Airport Services secara resnis sudah diluncurkan dalam menyambut penyelenggaraan ASIAN

World Heritage

Kemenpar Sabet Penghargaan Kehumasan di AMH 2018

Guntur Sakti (kedua dari kiri) (Ist) Kementerian  Pariwisata (Kemenpar) menyabet dua penghargaan di ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2018 dalam rangkaian Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 yang digelar

Nature

Kearifan Lokal Pahawang Pikat Wisatawan

Rumah-rumah di Pulau Pahawang sudah semakin jarang yang menggunakan blarak padahal daun kelapa berlimpah (Ist) Tangan kanan Sugiharti mengenggam celurit. Tangan kirinya memegang batang pohon kelapa. Sekali ayun, belasan daun