Menteri Pariwisata Kembali Aktifkan Tim Crisis Center Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung aktivasi Tim Crisis Center Kemenpar untuk memantau perkembangan terkini bencana gempa bumi Minggu 5 Agustus 2018. Sasarannya memantau 3A yakni Akses, Amenitas dan Atraksi yang terkait langsung dengan wisman dan wisnus di Lombok dan Bali.

Crisis Center itu adalah Manajemen Krisis Kepariwisataan yang dipimpin Guntur Sakti, Karokomblik. Minggu malam tim ini langsung memantau semua hal yang terjadi di Lombok dan Bali, terkait bencana gempa tersebut. Akses hingga pukul 21.50 WIB dilaporkan bahwa situasi bandara Lombok International Airport (LIA) dalam kondisi normal dan tetap beroperasi. Begitu pun di Bali, Ngurah Rai International Airport, juga beroperasi dengan aman dan normal.

“Alhamdulillah semoga semua aman dan terkendali,” kata Menpar Arief Yahya di Jakarta. Atas kejadian bencana alam gempa bumi, Minggu, 5 Agustus 2018, pada pukul 18:46:35 WIB, yang berdasarkan informasi BMKG berpusat pada koordinat 8,37° LS dan 116,48° BT, dengan magnitudo 7,0 SR, di kedalaman 15 Km, berjarak 27 Km timur laut Lombok Utara itu, maka Menpar Arief Yahya langsung membuka semua akses informasi terkait Lombok dan Bali.

“Pertama, kami turun prihatin dan berduka yang mendalam atas musibah bencana alam, gempa bumi susulan di NTB dan Bali,” ucap Menpar Arief Yahya. Kedua, Menpar Arief mengajak seluruh masyarakat Indonesia membantu berdoa agar situasi dan kondisi di lapangan, baik di Lombok maupun Bali agar benar-benar normal kembali, dan aman terkendali.

Ketiga, Menpar Arief Yahya juga akan terus memberikan informasi yang terkini, tentang segala situasi yang terjadi, terkait 3A. Akses, Amenitas dan Atraksi di Destinasi Lombok dan Bali. Lebih lanjut, Menpar Arief Yahya meminta sesuai informasi dari BMKG agar masyarakat tetap tenang.

Dia juga berterima kasih kepada Genpi (Generasi Pesona Indonesia), yang langsung aktif membantu menyebar luaskan informasi yang terkini dengan hastag #GenpiPeduliGempa. “Mudah-mudahan, itu semua akan membuat situasi semakin terang. Tidak banyak hoax, tidak menciptakan kepanikan, dan semua bisa melewati situasi ini dengan baik,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Para netizen GenWi (Generasi Wonderful Indonesia) yang berada di luar negeri juga diminta untuk stand by, memviralkan kabar terkini dari Lombok dan Bali. “Terima kasih atas kerja sama, kerelaan hati, dan bantuan kalian semua. Negara sedang membutuhkan kalian untuk menyampaikan kepada wisatawan dan keluarganya yang sedang berlibur di Lombok dan Bali,” tambah Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Pastikan Ikut Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata mengajak arsitek Indonesia untuk ikut Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Jadi, peluang terbuka untuk desainer rancang bangun interior desain mengikuti sayembara dalam

Tourism

Menanti Menteri Pariwisata Arief Yahya Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Berharap adanya dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam International Expo Coffee (Ist) Peran pemerintah memang tak pernah bisa dilepaskan dalam pengembangan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Kendati demikian,

Nature

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Semakin Siap Sambut PATA Travel Mart 2016

Sky Lounge 15 di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Hotel Santika Premiere ICE BSD City merupakan hotel berbintang 4 satu-satunya yang berada di area Indonesia Convention Exhibition (ICE)

World Heritage

Kotabaru akan Gelar Festival Katir Race

Terumbu Karang di Samber Gelap, Kotabaru  Kotabaru di Kalimantan Selatan memang memiliki beragam pesona wisata. Tak hanya Samber Gelap yang menjadi andalan wisata bahari dan Wahana Hutan Meranti untuk menarik

Travel Operator

Turis Tiongkok Banyak yang ke Bali

Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Bali (Ist) Wisatawan asal Tiongkok masih menjadi wisatawan terbanyak ke Bali sehingga turis asal China harus terus mendapat informasi yang poisitif mengenai Pulau Dewata. Hal

Nature

Medali Kehormatan untuk Chef William Wongso di Paris

Chef William Wongso (Ist) Chef William Wongso mendapat Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) dari Academie du Pain Indonesia di Paris, Perancis menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi member Elite de la