Menteri Pariwisata Manfaatkan Teknologi Pantau Wisatawan

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Karenanya pemerintah memanfaatkan teknologi, seperti mengetahui posisi wisatawan melalui nomor ponsel untuk mengikuti pergerakan wisatawan Nusantara dan wisatawan asing selama mereka berkunjung ke berbagai destinasi yang ada di negeri ini.

“Kami menggunakan teknologi yang bisa mengetahu posisi wisatawan melalui nomor ponsel mereka,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pemaparan kerja sama penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan dan Perjanjian Kerja Sama tentang Dukungan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan di Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Ia menuturkan bahwa kini sudah masuk era digital sehingga pariwisata Indonesia juga memanfaatkan digitalisasi yang ada.

Sebelumnya AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata pun menggandeng Google untuk melakukan kerja sama guna mempromosikan pariwisata Indonesia di mancanegara.

Rencana itu dibahas dalam pertemuan Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan Co-Founder Google Sergey Brin di Jakarta (28/12/2015).

Kerja sama dilakukan dalam bentuk publikasi dan promosi ‘Wonderful Indonesia’ di media online internasional tersebut. Bagi AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, promosi dalam media digital memang menjadi kebutuhan masa kini seiring kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi. 

Belum lagi AY juga mendorong promosi melalui berbagai media sosial, seperi facebook dan twitter. AY juga dalam berbagai kesempatan menjelaskan kepada pers bahwa pentingnya melakukan promosi pariwisata nasional di berbagai jenis media massa nasional, termasuk media online.

Tak hany itu, AY menuturkan bahwa Kementerian Pariwisata mendukung Pokemon GO. Seperti diketahui, demam pokemon GO yang tengah melanda di masyarakat ternyata dianggap positif jika dilihat dari sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan mendukung jika permainan ini dimanfaatkan untuk mendorong gairah pariwisata Indonesia.

“Pemerintah umumnya normatif. Biasanya yang keterlaluan memang dilarang. Kalau saya biasa saja. Kalau main-main, ya main. Saya setuju dengan adanya pokemon. Dari segi Kemenpar ini menguntungkan,” urainya kepada pers di sela-sela Halal Bi Halal Kementerian Pariwisata di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Ia menjelaskan bahwa pokemon menguntungkan jika bisa menunjukkan destinasi pariwisata Indonesia. “Apalagi jika diberikan reward dan publikasi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

Tiga Negara Potensial PATA Travel Mart 2016 di ICE

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing ICE Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Messe Venue Operations Aage Hansen (Ist) Tiga negara

Airlines

Hotel Santika Premiere ICE BSD City Siap Sambut PATA Travel Mart 2016

Hotel Santika Premiere ICE BSD City memastikan siap ikut mensukseskan PATA Travel Mart 2016 yang akan digelar di ICE BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang. Hal tersebut

SightSeeing

Perkuat Branding Pariwisata NTB, BPPD Rangkul Media Massa Nasional

Wakil Ketua BPPD NTB Lalu Abdul Hadi Faishal (kiri) tengah mengisi acara talk show di studio Jawa Pos TV di Graha Pena Jakarta, Rabu (25/7/2018) (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah

Hotel

Arief Yahya Paparkan Sukses Pariwisata Indonesia di Forum Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri WTTC/UNWTO Ministerial Dialogue with Private Sectors CEO’s Investments and Partnerships for Sustainable Tourism Development, yang diselenggarakan di Grand Hyatt Erawan, Bangkok Thailand (25 April 2017)

Tour Package

Ketika Mahasiswa UMB Belajar Pariwisata di PATA Indonesia Chapter

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Tujuh mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi D III Manajemen Konsentrasi MICE berkunjung langsung ke kantor PATA

Airlines

Walikota Ramlan Siapkan 20 Persen Anggaran untuk Majukan Pariwisata Bukittinggi

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias (Ist) Pemerintah Kota Bukittinggi yang ada di Sumatera Barat serius mempromosikan pariwisata di kota kelahiran Sang Proklamator Bung Hatta. Keseriusan Pemkot Bukittinggi itu diperlihatkan Walikota Bukittinggi