Menteri Pariwisata Manfaatkan Teknologi Pantau Wisatawan

pak AY

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Karenanya pemerintah memanfaatkan teknologi, seperti mengetahui posisi wisatawan melalui nomor ponsel untuk mengikuti pergerakan wisatawan Nusantara dan wisatawan asing selama mereka berkunjung ke berbagai destinasi yang ada di negeri ini.

“Kami menggunakan teknologi yang bisa mengetahu posisi wisatawan melalui nomor ponsel mereka,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam pemaparan kerja sama penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan dan Perjanjian Kerja Sama tentang Dukungan Data Keimigrasian dalam rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan di Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Ia menuturkan bahwa kini sudah masuk era digital sehingga pariwisata Indonesia juga memanfaatkan digitalisasi yang ada.

Sebelumnya AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata pun menggandeng Google untuk melakukan kerja sama guna mempromosikan pariwisata Indonesia di mancanegara.

Rencana itu dibahas dalam pertemuan Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan Co-Founder Google Sergey Brin di Jakarta (28/12/2015).

Kerja sama dilakukan dalam bentuk publikasi dan promosi ‘Wonderful Indonesia’ di media online internasional tersebut. Bagi AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, promosi dalam media digital memang menjadi kebutuhan masa kini seiring kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi. 

Belum lagi AY juga mendorong promosi melalui berbagai media sosial, seperi facebook dan twitter. AY juga dalam berbagai kesempatan menjelaskan kepada pers bahwa pentingnya melakukan promosi pariwisata nasional di berbagai jenis media massa nasional, termasuk media online.

Tak hany itu, AY menuturkan bahwa Kementerian Pariwisata mendukung Pokemon GO. Seperti diketahui, demam pokemon GO yang tengah melanda di masyarakat ternyata dianggap positif jika dilihat dari sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan mendukung jika permainan ini dimanfaatkan untuk mendorong gairah pariwisata Indonesia.

“Pemerintah umumnya normatif. Biasanya yang keterlaluan memang dilarang. Kalau saya biasa saja. Kalau main-main, ya main. Saya setuju dengan adanya pokemon. Dari segi Kemenpar ini menguntungkan,” urainya kepada pers di sela-sela Halal Bi Halal Kementerian Pariwisata di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Ia menjelaskan bahwa pokemon menguntungkan jika bisa menunjukkan destinasi pariwisata Indonesia. “Apalagi jika diberikan reward dan publikasi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Tour Package

Pameran Pariwisata pada Congress International D’Aesthetique and Spa

Pameran pariwisata pada Congress International D’Aesthetique and Spa (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Perancis, dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) untuk Perancis

Travel Operator

Jakarta Menyenangkan tapi Panas

Anis dan Iffa (kanan), dua turis asal Malaysia ketika traveling di Jakarta dan berpose di Monas (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia. Target Presiden Jokowi mendatangkan

Airlines

Bupati Karawang akan Buka Karawang Fashion Culture 2018

Karawang Fashion Culture 2018 (Ist) Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dipastikan akan membuka Karawang Fashion Culture 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Okih Hermawan dalam press

Heritage

AJTM 2017 Gencar Promosikan Pariwisata Indonesia

Suasana AJTM 2017 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta (Ist) ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) 2017 terbilang sukses karena secara serius mempromosikan pariwisata Indonesia. Industri pariwisata di negeri ini berkumpul di

Slideshow

Lidah Rendang, Nikmat Saat Ramadan

Ramadan memang bulan penuh berkah. Dan, bulan puasa memang mendatangkan rezeki bagi masyarakat penyuka kuliner lantaran hadir varian kuliner baru yang mengundang selera selama Ramadan. Dan, Chef Chrysansia Chitra pun

Slideshow

Tanjung Lesung, Destinasi Wisata Unggulan

Lapangan Golf di Tanjung Lesung direncanakan mulai akhir bulan ini sudah bisa dipakai (Ist) Indonesia memang tak terbantahkan kaya akan destinasi wisata. Bahkan, negeri ini memiliki kekayaan potensi wisata yang