Menteri Pariwisata Minta Sail Sabang 2017 Tingkatkan Perekonomian

WhatsApp Image 2017-11-09 at 21.58.07

Launching Sail Sabang 2017 (Ist)

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf dan Walikota Sabang Nazaruddin telah memperkenalkan Sail Sabang 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kamis (9/11/2017).

Sail Sabang 2017 yang pembukaan dan acara puncaknya akan dihadiri Presiden Jokowi akan berlangsung di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3 pada 28 November hingga 5 Desember mendatang. Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’ ini sebagai event tahunan Sail Indonesia lantaran dimulai dari Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016) dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari dengan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Sabang yang berada di kepulauan terdepan Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

Ia berharap penyelenggaraan Sail Sabang 2017 bisa mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sehingga memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat Aceh. “Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveler bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, tahun lalu kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman per November 2016 serta 37 yacht membawa 82 wisman per Juni 2016 dengan total kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) per November 2016 mencapai 9,763 wisman.

“Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang,” kata Arief Yahya. Ia mengatakan, promosi Sail Sabang 2017 dilakukan melalui media online dan offline diantaranya promosi melalui media dalam dan luar ruang di tempat-tempat strategis di mancanegara antara lain di Changi Airport Singapura dan Kuala Lumpur International Airpor (KLIA) serta melalui tayangkan di CNN, BBC, dan FOX.

Selain itu promosi juga dilakukan lewat komunitas yachter internasional dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa. Sementara Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menjelaskan, dengan mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’, penyelenggaraan event Sail Sabang 2017 untuk mengingatkan kembali kepada dunia bahwa Sabang pernah menjadi titik temu peradaban berbagai bangsa, yakni Arab, China, Eropa, dan India, dan ini telah diceritakan dalam perjalanan Perahu Borobudur Samudraraksa menjelajahi hingga Afrika,

“Sabang juga pernah sebagai titik tolak peziarah haji ke Mekkah, dan dalam perjalannnya akan menjadi pelabuhan singgah masa perdagangan dunia hingga poros maritim dunia,” kata Irwandi Yusuf. Menurutnya, sebagai poros maritim dunia Sabang segera memiliki pelabuhan peti kemas modern (Pelabuhan CT-3) yang pada kesempatan itu lokasinya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Irwandi menjelaskan, Presiden Jokowi juga akan meresmikan Sabang sebagai International Marine Tourism Hub karena lokasinya strategis dekat dengan Langkawi, Phuket, dan Singapura sebagai tempat berkumpulnya para komunitas yachter.

Walikota Sabang Nazaruddin menjelaskan, untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 telah dipersiapkan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan diantaranya dipersiapkan penginapan apung kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

World Heritage

Presiden Jokowi Promosikan Indonesia di Inggris

Presiden Jokowi (batik) (Ist) Pidato Presiden Jokowi di depan Parlemen Kerajaan Inggris, 19 April 2016 menarik perhatian Bangsa Great Britania itu. Mulai dari soal komitmen Republik Indonesia terhadap demokrasi, nilai-nilai

Nature

Wartawan Jepang Terpukau Banyuwangi

Wartawan Jepang menyusuri destinasi wisata Banyuwangi (Ist) Banyuwangi di Jawa Timur kembali menjadi sorotan dunia. Ada 18 media massa Jepang yang sedang mengarahkan liputannya ke kabupaten berjuluk Sunrise of Java

Destinations

Minat Wisman ke Lombok Tinggi

Wisman dari Republik Czech (kanan) dan LA Hadi Faishal (kiri) Minat wisatawan asing ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) rupanya cukup tinggi. Wisatawan mancanegara (wisman) sepertinya tak pernah bosan datang ke

Culture

Peran Pers Besar dalam Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Media massa dinilai memiliki peran besar dalam ikut memajukan pariwisata Indonesia, utamanya di segi promosi pariwisata Indonesia sehingga bisa dikenal hingga ke mancanegara. Karenanya pemerintah

Slideshow

Mutiara Indonesia Green Canyon-Pangandaran

Mutiara Indonesia Green Canyon-Pangandaran (Ist)

All About Indonesia

Metranet Luncurkan Perangkat Monetisasi Media Digital

patainanews.com (memakai topi) hadir dalam acara Metranet (Ist) Masyarakat kini semakin mudah mengakses internet. Dunia digital bergerak cepat dan terus tumbuh, termasuk industri media dan periklanan.   Dewan Pers pada