Menteri Pariwisata Pastikan Atraksi Wisata Indonesia Miliki Kualitas Terbaik

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memastikan atraksi wisata Indonesia dalam 100 Calender of Event (CoE) yang telah ditetapkan setiap tahunnya sudah memiliki kualitas terbaik untuk ditawarkan kepada wisatawan.

Adapun kualitas yang dimaksud meliputi koreografi, tata panggung, desain, hingga busana yang akan dipertunjukkan. Menpar Arief Yahya saat Coaching Clinic Penyelenggaraan Calendar of Events di Sparks Luxe Hotel Jakarta, Rabu (17/7/2019) memastikan event pariwisata 2019 memenuhi standar yang diarahkan Presiden Joko Widodo bahwa setiap events harus memiliki kualitas tingkat nasional.

Standarisasi yang dimaksud yakni memiliki nilai kreativitas (Creative Value), nilai komersial (Commercial Value), nilai komunikasi (Communication Value), serta didukung oleh komitmen/keseriusan kepala daerah (CEO Commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

“Yang paling penting itu adalah komitmen dan keseriusan kepala daerah dalam suatu event. Sebab hipotesis saya, setiap daerah yang menyelenggarakan banyak event pendapatan perkapita daerah dan indeks kebahagiaan daerahnya akan tinggi. Seperti Banyuwangi pendapatan perkapitanya paling tinggi atau nomor dua di Jawa Timur,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief juga mengingatkan para penyelenggara untuk membuat event sesuai pasar dan harus mengikuti petunjuk teknis dari kurator sehingga atraksi wisata yang digelar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Melalui coaching clinic ini, para penyelenggara event di daerah mampu menyelenggarakan event dengan kualitas dunia yang mampu menarik wisatawan asing dan domestik, tidak hanya show bagi penduduk lokal,” katanya.

Menpar Arief juga menekankan jika Indonesia harus memiliki event dimana marketnya adalah para milenial. Sebab tidak bisa dipungkiri, jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia sebanyak 51 persennya adalah generasi milenial.

“Wisatawan yang datang ke Indonesia 51 persennya adalah milenial. Untuk itu, kita tidak hanya memiliki 100 CoE Nasional tetapi juga memiliki 10 yang dipilih langsung oleh para generasi milenial,” katanya.

Di Indonesia, Millennial Events yang paling disukai adalah Soundrenalin, Djakarta Warehouse Project (DWP), Indonesia Color Run, Jogja Air Show, We The Fest, Hodge Podge, Super Adventure Monster Road, The 90s Festivals, Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo, dan SOUNDSATIONS.

Dalam coaching clinic event turut hadir berbagi narasumber seperti Tenaga Ahli Menteri Bidang Management Calendar Of Events Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esty Reko Astuti, Denny Malik profesional di bidang koreografer dan music arrangement yang juga sebagai Kurator Bidang Festival dalam TIM CoE.

Ada pula, Danny M Noeranto “Ceper” yang ahli di bidang panggung, tata suara, dan tata panggung sekaligus show director.

Lalu ada Dewi Gontha (Dirut Java Festival Production) yang memiliki kompetensi di bidang musik skala nasional dan internasional, Jamaludin Mahmood (International Commissaire UCI) di bidang sport tourism, dan Intan Ayundavira (Event Director JFC) berkompeten di bidang fashion desainer. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Kawasan Nusa Dua Jadi Contoh Membangun 10 Bali Baru

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) 10 Bali Baru yang merupakan 10 destinasi pariwisata prioritas tengah dikembangkan pemerintah. Kawasan Nusa Dua, Bali yang telah populer itu menjadi contoh untuk mengembangkan Bali

Festival

Peringati Hari Kartini, EL JOHN Indonesia Gelar EL JOHN Kartini Week 2019

  Ibu Kartini Indonesia 2019 (Ist) Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Yayasan EL JOHN Indonesia kembali menyelenggarakan EL JOHN Kartini Week (EKW) 2019 yang dilangsungkan  di Mosaic Walk, Kota Kasablanka,

Nature

Camerons Tea, Budaya Ngeteh yang Memberdayakan Masyarakat Lokal

Camerons Tea (Ist) Camerons Tea yang ada di Pulau Dewata, Bali diketahui berupaya mengembalikan budaya ngeteh sambil happy. “Semoga budaya ngeteh bisa berkembang kembali,” kata Peni Cameron, seorang inspirational guide

SightSeeing

Helicity Dukung Digital Tourism

Berita Foto: CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakor Kemenpar tentang Digital Tourism di Bali (Ist) Berita Foto: CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja menjadi pembicara

Culture

Kepulauan Seribu, Islands of Love Siap Sambut ASIAN GAMES 2018

Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah (tengah) (Ist) Kepulauan Seribu yang termasuk dalam DKI Jakarta siap menyambut penyelenggaraan event prestisius ASIAN GAMES 2018 yang digelar di dua kota, yakni DKI Jakarta dan

Slideshow

CC Terbesar di Tanjung Perak Siap Beroperasi

Twinlift petikemas di TPS (Ist) Container Crane baru PT Terminal Petikemas Surabaya nomor 14 di dermaga internasional, Selasa (4/4/2017) telah resmi memberikan layanan bongkar muat penuh untuk kapal CSCL Santiago