Menteri Pariwisata Puji F8 Makassar

WhatsApp Image 2017-05-10 at 09.33.55

Suasana launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) (Ist)

Kreatif, unik, terbaik! Tiga kesan itu sangat terasa saat launching Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) di Balairung Soesilo Soedarman, Selasa (9/5/2017).

Promosi Kota Makassar yang menampilkan 8 unsur pertunjukan, yakni fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer & font, diiringi dengan live teaser sekitar 30 detik hingga 1 menit.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun langsung memverikan kode dua jempol untuk Makassar. Arief Yahya pun tertegun dan mengapresiasi kreatif Makassar dalam mengemas acara itu.

Dia tak segan mengekspresikan rasa kagum dan puasnya saat mengikuti launching Makassar International Eight Festival & Forum. Kemasannya sangat atraktif. Ada teasers-nya, ke-8 F yang akan difestivalkan di Makassar Sulsel itu.

Beberapa perwakilan Duta Besar, seperti Amerika Serikat, Duta Besar Venezuela Duta Besar Maroko, Duta Besar Myanmar, Duta Besar Germany dan Duta Besar Georgia menambah asyik acara launching itu. Semua dibuat takjub dengan live teaser yang mengiringi fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer & font.

Sambutan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang mengenakan pakaian tradisional khas Makassar jadi terasa tidak membosankan. Langsung mengena ke sasaran. Semua audience serasa sudah berpetualang ke sepanjang Pantai Losari, Makassar pada 6 hingga 10 September mendatang.

“Launchingnya sangat kreatif, dan sangat bagus. Setiap pemaparannya terdapat live teasernya itu saya sangat puas sekali, semoga nanti bisa dicontoh ke yang lain,” ujar Menpar Arief Yahya yang juga mengenakan pakaian tradisional khas Makassar, Selasa (9/5/2017).

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung mengacungkan dua jempol untuk kreativitas launching Makassar International Eight Festival & Forum 2017. Bagi dia, inilah launching paling kreatif dan terbaik sepanjang launching-launching yang pernah ada.

Kesan spektakuler sangat terasa. Semua yang berbau wah, wow, benar-benar dipertunjukkan ke publik. Makassar betul-betul ingin menunjukkan bahwa kalau dipersiapkan serius, mereka juga bisa menampilkan show spektakuler seperti yang kerap digelar di Singapura.

Agenda berskala internasional atau yang terkenal dengan sebutan F8 itu akhirnya menjadi bahan perbincangan di tengah audience yang hadir di Balairung Soesilo Soedarman. Semua langsung mencari tahu seputar fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, hingga fiction writer & font yang akan digelar di Makassar, 6-10 September itu.

“Tahun lalu Festival F8 melebihi target. Target 60 ribu menjadi 300 ribu. Dan untuk event kali ini targetnya 1 juta pengunjung. Ini sangat mungkin didapat,” ucap Arief Yahya.

Jurus sakti pun tak segan di share ke Makassar. Dari 8 unsur pertunjukan yang akan ditampilkan di F8, Menpar Arief Yahya mengusulkan agar dicari top 3 yang paling menonjol. “Nomor satu food paling besar yaitu 32 persen. Nomor duanya Fashion 30 persen. Satunya lagi Craft. Jadi kalau mengambil top 3 itu food fashion dan Craft ini udah lebih dari 80%. Yang lain bukan berarti tak penting, tapi komersial value nya kurang. Dan dari top 3 ini bisa untuk mensubsidi yang lainnya,” ujar mantan Dirut Telkom itu.

Guberbur Sulawesi Selatan juga seirama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengatakan jika Sulawesi Selatan dan Makassar merupakan Center Point of Indonesia. “Sulawesi Selatan adalah pilar utama Pak Menteri, yaitu pilar pariwisata. Pariwisata di Makassar menjadi utama bagi kami untuk mengkoneksikan segalanya. Ke depannya kami ingin menjadikan Makassar sebagai interkoneksi pariwisata laut yang indah dan mengagumkan,” papar Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, melalui penyelenggaraan event F8 ini pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan mancanegara. Bahwa Makassar atau Sulsel merupakan destinasi menarik. Wilayahnya sangat kaya dengan daya tarik alam, budaya, serta daya tarik wisata buatan.

“F8 ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia umumnya dan warga Makassar. Event yang menargetkan 1 juta pengunjung dan 100 kota dunia merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata karena serta direct impact ekonomi pariwisata yang tinggi,” ucapnya.

Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berterima kasih terhadap dukungan dari Menteri Pariwisata. “Kami sangat bersyukur pada peluncuran yang kedua kali ini kita dipimpin oleh seorang menteri yang bagus di bidang pariwisata Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu.

Seperti diketahui, lanjut Danny Pomanto, kesuksesan F8 tahun lalu akan dilanjutkan dan ditingkatkan pada penyelenggaraan pada tahun ini. Nah, untuk edisi 2017, evennya di set lebih wow dari 2016. Ada 10 ikon kuliner yang akan ditampilkan. Jumlah pesertaya, 100 kota dunia.
Sementara shownya akan dibalut 1.000 pertunjukan musik, 10.000 atraksi budaya serta 100.000 pagelaran seni dan pertunjukan. “Untuk itu target penyelenggaraan MIEFF 2017 kita tingkatkan. Jumlah pengunjung yang dibidik sekarang 1 juta orang,” kata Mohammad Ramdhan Pomanto.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo juga hadir dan memberikan sambutannya. Dia menyebut Makassar dan Sulsel adalah pintu masuk Indonesia di wilayah Tengah dan Timur. Karena itu kegiatan 8-F yang digagas Walikota Makassar untuk pariwisata itu harus disukseskan bersama-sama.

Andre Hehanusa, penyanyi yang ngetop di era 90-an itu juga tampil di launching itu. Mengenakan baju putih dengan topi tradisional Makassar, pelantun lagu “Kuta Bali” itu pun menyanyikan lagu daerah ‘Angin Mamiri’. Walikota dan Gubernur pun ikut bernyanyi di depan audience. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Menikmati Malam di Oasis Heritage Restaurant

Appetizer yang ada di Oasis Heritage Restaurant Kuliner asal Indonesia memang mengundang semua orang untuk menikmati, termasuk wisatawan asing. Namun, tak hanya sebatas makan saja, tapi menikmati budaya asli negeri

Hotel

RI Menang World Halal Travel Awards 2015, Turis Asing ke Lombok bukan ke Malaysia

LA Hadi Faishal (Ist) Ditetapkannya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi halal terbaik dunia telah mengubah peta pasar pariwisata di Asia. Diyakini kini wisatawan mancanegara akan lebih datang ke

World Heritage

Wonderful Indonesia Eksis di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) dan Presiden Direktur PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo di ITB Berlin (Ist) Wonderful Indonesia kembali tampil di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Pameran

Slideshow

Pariwisata Bergerak, Ekonomi Nasional Tumbuh

Negeri ini sudah lama dikenal memiliki keanekaragaman hayati dan non hayati terbesar di dunia. Potensi tersebut menjadi alasan mengapa Indonesia diminati wisatawan asing. Para pelancong dari berbagai negara kagum dengan

Tourism

30 Maret, Budi Daya Salak Birus di Tanjung Lesung

Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Banten West Java (BWJ) Tourism Development merencanakan pada 30 Maret mendatang melakukan budi daya Salak Birus kepada masyarakat di Tanjung Lesung, Banten. Senior Event Manager

Slideshow

Mengenal Indonesia di Museum

Museum Nasional (Ist) Berkunjung ke museum ketika akhir pekan sepertinya menjadi hal menarik bagi sebagian orang di kota-kota besar, seperti Jakarta. Tak salah memang mencoba jalan-jalan ke museum untuk mengetahui