Menteri Pariwisata Resmikan TIC Palembang

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan CeO deRegant selaku pengelola TIC Palembang Syamsudin Hadi Sutarto meresmikan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Rabu (8/8/2018).

Peresmian ITC menjelang perhelatan Asian Games 2018 itu diharapkan akan membantu wisatawan, atlet, dan official dalam mengeksplorasi pariwisata di Sumsel dan, khususnya Kota Palembang. “Kehadiran TIC di Palembang merupakan yang kedua setelah Jakarta. Kita menargetkan 21 TIC di seluruh bandara di Tanah Air pada 2019. TIC ini sudah fix untuk selama-lamanya dan tidak hanya untuk Asian Games 2018 saja,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Kamis (9/8/2018).

Menpar Arief menjelaskan, bandara memiliki lokasi strategis dan menjadi pintu gerbang utama wisman datang sehingga keberadaan TIC akan menjadi sumber informasi sebelum mereka traveling. “Bandara itu titik sentuh pertama wisatawan atau sebagai moments of truth, kita ingin menghadirkan kesan pertama smart dengan layanan TIC yang menggunakan teknologi digital,” jelas Menpar Arief Yahya.

Menurut Menpar Arief Yahya, Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 media value-nya besar yakni rule of thumb-nya 2 kali lipat dari direct impact atau 3 kali lipat dari advertising expenses (ADEX).

“Kita dorong pelaku bisnis agar menggunakan momen Asian Games 2018 untuk melakukan promosi,” kata Menpar Arief Yahya. Kemenpar sendiri telah memasang Branding Wonderful Indonesia pada 100 bus Transjakarta, Damri, dan Blue Bird di Jakarta selama berlangsung Asian Games 2018.

Menurut BAPPENAS, selama Asian Games 2018, wisman yang ke Palembang sekitar 30 persen atau sekitar 50.000 wisman. Bila dihitung akan ada Direct Impact untuk menyumbang pada perekonomian Palembang sebesar USD 65 Juta atau Rp1 Triliun.

Untuk itu, TIC ini sangat penting, sebagai pusat segala informasi bagi wisatawan yang datang nanti, baik mancanegara maupun lokal yang berkunjung selama perhelatan Asian Games 2018. Syamsudin Hadi Sutarto selaku pengelola TIC Palembang turut menjelaskan bahwa informasi yang akan disajikan tidak hanya tentang wisata Palembang tapi juga Indonesia.

“Di TIC terdapat seluruh informasi mengenai destinasi. Baik mengenai konten lokal sebanyak 60 persen dan 40 persen konten wisata indonesia,” ujarnya. TIC di Bandara Palembang dengan luas 72 meter persegi memiliki berbagai konten penunjang untuk memudahkan wisatawan dalam mencari informasi mengenai wisata yang ada di Sumsel dan Kota Palembang seperti penyediaan peta, buku informasi, maupun tempat bertanya seperti pelaksanaan event-event wisata yang sedang atau akan berlangsung.

“Konten lokal disajikan dalam bentuk mini booklet, dan video pariwisata Palembang. Sedangkan untuk bagian yang masih kurang yakni souvernir, kerajinan, aneka kopi Sumsel, jumputan dll. Pokoknya sentuhan lokal akan diberikan pada TIC ini,” ujar Syamsudin Hadi Sutarto.

Adapun fasilitas yang terdapat di dalam TIC berupa, video trone, dan tv berukuran 43 inci, dua layar sentuh untuk melihat destinasi wisata, makanan, hotel, event yang ada. Nanti dilayar sentuh itu wisatawan bisa melihat destinasi wisata, hotel, makanan serta event apa aja yang ada setiap waktunya. “Harapan kita dapat terbantu dengan adanya TIC sehingga mereka terbantu dengan adanya tempat informasi publik tersebut,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Gerakan #2019 Jokowi Tetap Presiden

Prof Dr Paiman Raharjo bersama Sedulur Jokowi (Ist) Sedulur Jokowi yang merupakan salah satu relawan pendukung Presiden Joko Widodo akhir akhir ini sangat getol mengkampayekan gerakan 2019 Jokowi Tetap Presiden.

Slideshow

HPN 2016 Harus Lambungkan Wisata Halal

  Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Salah satu upaya pemerintah Indonesia mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada 2019 mendatang adalah dengan mempromosikan konsep wisata

Tourism

Jakarta Layak Sejajar dengan Kota Besar di Dunia

Suasana welcome dinner AJTM 2018 Pemerintah provisi DKI Jakarta bersama ASITA Jakarta menyelenggarakan jamuan makan malam bagi peserta Asita Jakarta Travel Mart ( AJTM) 2018 dari berbagai daerah di Balaikota

Destinations

Kemenpar Hasilkan Transaksi Rp117,51 Miliar di Travex ATV 2019

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kanan) (Ist) Travel Exchange (Travex) yang merupakan rangkaian Asean Tourism Forum (ATF) 2019 sukses dikuti Kementerian Pariwisata. Bertempat di Ha Long Bay Vietnam selama 14-18 Januari

World Heritage

Turis Perancis Suka Surfing Ombak Bono

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman Turis dari Perancis rupanya juga suka surfing Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Bahkan, turis dari Perancis menjadi orang yang pertama surfing di Bono

World Heritage

Media Massa Berperan Besar Sebarkan Selat Sunda Aman

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjung Lesung (Ist) Status daerah pasca bencana seperti Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten yang terdampak tsunami Selat Sunda rupanya memiliki pengaruh besar terhadap