Menteri Pariwisata Undang Diver ke Banyuwangi

garuda AY 2
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengundang mereka yang suka menyelam dari mana saja untuk menyaksikan keindahan bawah laut Banyuwangi, Jawa Timur pada 21 hingga 22 Mei 2016.
“Anda punya sertifikat menyelam? Hobi fotografi bawah laut? Ada objek menarik di Banyuwangi, silakan hadir,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (20/5/2016).
Ada dua kegiatan yang digagas oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Yang pertama, ada Banyuwangi Underwater Festival yang siap menyapa.
Even ini akan digelar di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Satunya lagi, pemecahan rekor MURI dengan menyelam selama 28 jam.
“Even ini adalah edukasi bagi publik. Akan kami tunjukkan bagaimana masyarakat di Pantai Bangsring melakukan konservasi, berinisiatif menanam dan melestarikan terumbu karang di sana, hingga bagaimana ide cemerlang mereka kini bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru,” terang Bupati Banyuwangi Azwar Anas.
Bupati Banyuwangi ini sangat mengapresiasi dukungan nelayan Bumi Blambangan untuk menyukseskan even ini lantaran di Banyuwangi Underwater Festival 2016 sebanyak 56 nelayan Desa Bangsring sudah berkomitmen untuk memecahkan rekor MURI Ekspedisi Bawah Laut dengan menyelam selama 28 jam.
Menurut Humas Bangsring Underwater Shandi Sumarsono, ikut buka suara. Menurutnya, penyelaman akan dilakukan di wilayah perairan Bangsring sejak 21 Mei dan akan berakhir pada 22 Mei.
“Para nelayan sudah melakukan latihan selama satu bulan agar bisa beradaptasi dengan alat selam profesional,” jelas Shandi. Masyarakat umum pun bisa ikut terlibat di dalamnya. Syaratnya, harus memiliki sertifikat menyelam.
Jika ada sertifikat menyelam, masyarakat umum bisa dilibatkan sebagai  penyelam pendamping. “Jadi saat para nelayan menyelam, mereka akan melakukan monitoring pergerakan di bawah laut seperti jenis ikan yang ada, arus serta terumbu karang yang ditemukan dan nantinya akan dilaporkan ke darat. Laporan ini akan dijadikan data bagaimana kondisi underwater di perairan Bangsring yang menjadi tempat konservasi,” tambahnya.
Dan untuk lebih memberikan warna, di festival ini juga akan diadakan upacara pengibaran bendera bawah laut. “Akan ada juga penanaman 1.000 terumbu karang yang melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti Marine Education dan gerakan makan ikan,” urai Shandi. 
Lagi-lagi Arief Yahya menambahkan, Banyuwangi punya kalender event yang sangat bagus dan sustainable. Mereka sudah bisa membuat kalender event sejak awal tahun, dan dipublikasikan.
“CEO commitment sangat menentukan suatu daerah maju atau tidak! Kita lihat, belum habis memori orang untuk menikmati International Tour de Banyuwangi Ijen 2016, sudah disusul dengan Underwater Festival 2016 ini,” kata Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Indonesiaku

Pelindo III Efisienkan Biaya Pemeriksaan Peti Kemas Impor

Pemeriksaan peti kemas impor di TPKS (Ist) Tahap pemeriksaan peti kemas impor di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) yang dikelola Pelindo III di Semarang, Jawa Tengah mulai 18 Maret 2016

Nature

Pariwisata Nasional Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Indonesia

Wisatawan menikmati snorkeling di Karang Anjir, kawasan Pantai Angsana di Tanah Bumbu Gairah wisata bahari dimulai dari Presiden Jokowi ketika menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya setelah bersumpah sebagai Presiden Indonesia periode

SightSeeing

‘ICE, Venue MICE di Banten Cocok untuk PATA Travel Mart’

Putri Pariwisata Indonesia Nawang Wulan (Ist) Putri Pariwisata Indonesia Nawang Wulan menyampaikan apresiasi kepada ICE (Indonesia Convention Exhibition) yang merupakan venue untuk MICE terbaik di Banten sehingga ICE cocok sebagai

Slideshow

Pinky Promise, Kisah Perempuan Hebat

Pinky Promise (Ist) Film Pinky Promise bercerita tentang kehebatan perempuan dan kekuatan persahabatan dalam menghadapi kehidupan. Dan, film ini telah premiere di Jakarta, Rabu (5/10/2016) dan rencana film yang disutradarai

Slideshow

GrandKemang Jakarta Ajak Anak Yatim Bukber

Manajemen grandkemang Jakarta rupanya tak hanya sebatas mengejar profit semata. Di bulan penuh rahmat ini, hotel ini pun ikut berbagi dengan sesama, yakni mengajak anak-anak yatim piatu menikmati makanan yang

World Heritage

Batik RI, dari Keraton hingga Rakyat Biasa yang Digemari Warga Dunia

Proses membatik (Ist) 2 Oktober 2009 menjadi bagian yang penting dalam sejarah perjalanan negeri ini. Ya, lembaga dunia, PBB mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya. Menarik memang mengenal batik Indonesia