Menteri Pariwisata Undang Diver ke Banyuwangi

garuda AY 2
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengundang mereka yang suka menyelam dari mana saja untuk menyaksikan keindahan bawah laut Banyuwangi, Jawa Timur pada 21 hingga 22 Mei 2016.
“Anda punya sertifikat menyelam? Hobi fotografi bawah laut? Ada objek menarik di Banyuwangi, silakan hadir,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (20/5/2016).
Ada dua kegiatan yang digagas oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Yang pertama, ada Banyuwangi Underwater Festival yang siap menyapa.
Even ini akan digelar di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Satunya lagi, pemecahan rekor MURI dengan menyelam selama 28 jam.
“Even ini adalah edukasi bagi publik. Akan kami tunjukkan bagaimana masyarakat di Pantai Bangsring melakukan konservasi, berinisiatif menanam dan melestarikan terumbu karang di sana, hingga bagaimana ide cemerlang mereka kini bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru,” terang Bupati Banyuwangi Azwar Anas.
Bupati Banyuwangi ini sangat mengapresiasi dukungan nelayan Bumi Blambangan untuk menyukseskan even ini lantaran di Banyuwangi Underwater Festival 2016 sebanyak 56 nelayan Desa Bangsring sudah berkomitmen untuk memecahkan rekor MURI Ekspedisi Bawah Laut dengan menyelam selama 28 jam.
Menurut Humas Bangsring Underwater Shandi Sumarsono, ikut buka suara. Menurutnya, penyelaman akan dilakukan di wilayah perairan Bangsring sejak 21 Mei dan akan berakhir pada 22 Mei.
“Para nelayan sudah melakukan latihan selama satu bulan agar bisa beradaptasi dengan alat selam profesional,” jelas Shandi. Masyarakat umum pun bisa ikut terlibat di dalamnya. Syaratnya, harus memiliki sertifikat menyelam.
Jika ada sertifikat menyelam, masyarakat umum bisa dilibatkan sebagai  penyelam pendamping. “Jadi saat para nelayan menyelam, mereka akan melakukan monitoring pergerakan di bawah laut seperti jenis ikan yang ada, arus serta terumbu karang yang ditemukan dan nantinya akan dilaporkan ke darat. Laporan ini akan dijadikan data bagaimana kondisi underwater di perairan Bangsring yang menjadi tempat konservasi,” tambahnya.
Dan untuk lebih memberikan warna, di festival ini juga akan diadakan upacara pengibaran bendera bawah laut. “Akan ada juga penanaman 1.000 terumbu karang yang melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti Marine Education dan gerakan makan ikan,” urai Shandi. 
Lagi-lagi Arief Yahya menambahkan, Banyuwangi punya kalender event yang sangat bagus dan sustainable. Mereka sudah bisa membuat kalender event sejak awal tahun, dan dipublikasikan.
“CEO commitment sangat menentukan suatu daerah maju atau tidak! Kita lihat, belum habis memori orang untuk menikmati International Tour de Banyuwangi Ijen 2016, sudah disusul dengan Underwater Festival 2016 ini,” kata Arief Yahya. (Gabriel Bobby)


About author



You might also like

Heritage

Berharap Pentahelix Dukung Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Indonesia

Adji Gunawan, Direktur Utama JAS Airport Services tengah memberikan sambutan peluncuran 5 armada bus apron lower deck di Bandara Soekarno-Hatta Direktur Utama PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Adji Gunawan memberikan

Slideshow

Mei, PERMAPI akan Gelar Temu Bisnis di Lombok

Ninik Irawan (Ist) Perhimpuan Usaha Masyarakat Pertanian Indonesia (PERMAPI) merencanakan pada Mei mendatang akan menggelar temu bisnis di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rencananya temu bisnis bertemakan Swasembada Pangan dan Panen

World Heritage

Tour Guide Jadi Turis

Kegiatan tour guide jadi turis (Ist) Sebuah pengalaman langka bagi rmereka tour guide desa wisata Sade, Ende dan Setanggor, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika satu waktu mereka menjadi seorang wisatawan.

World Heritage

Tingkatkan Destinasi Digital, Pegiat Medsos Ramaikan Wonderful Noon 2018

Wonderful Noon (Ist) Era digital membuat generasi milenial masa kini tak pernah lepas dari gadget dalam aktivitas kesehariannya, termasuk dalam hal menyebarkan berita dan informasi yang dengan mudah dapat menjadi

SightSeeing

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

World Heritage

Agustus, Film Impian 1000 Pulau Tayang di Bioskop

Kuliner khas Kepulauan Seribu (Ist) Film Impian 1000 Pulau mengenai Kepulauan Seribu direncanakan tayang di bioskop mulai Agustus mendatang. Hal tersebut dikatakan oleh Ivonny Zakaria, Ketua Gerakan 1000 kepada patainanews.com