Menteri Pariwisata Undang Diver ke Banyuwangi

garuda AY 2
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist)
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengundang mereka yang suka menyelam dari mana saja untuk menyaksikan keindahan bawah laut Banyuwangi, Jawa Timur pada 21 hingga 22 Mei 2016.
“Anda punya sertifikat menyelam? Hobi fotografi bawah laut? Ada objek menarik di Banyuwangi, silakan hadir,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (20/5/2016).
Ada dua kegiatan yang digagas oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Yang pertama, ada Banyuwangi Underwater Festival yang siap menyapa.
Even ini akan digelar di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Satunya lagi, pemecahan rekor MURI dengan menyelam selama 28 jam.
“Even ini adalah edukasi bagi publik. Akan kami tunjukkan bagaimana masyarakat di Pantai Bangsring melakukan konservasi, berinisiatif menanam dan melestarikan terumbu karang di sana, hingga bagaimana ide cemerlang mereka kini bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru,” terang Bupati Banyuwangi Azwar Anas.
Bupati Banyuwangi ini sangat mengapresiasi dukungan nelayan Bumi Blambangan untuk menyukseskan even ini lantaran di Banyuwangi Underwater Festival 2016 sebanyak 56 nelayan Desa Bangsring sudah berkomitmen untuk memecahkan rekor MURI Ekspedisi Bawah Laut dengan menyelam selama 28 jam.
Menurut Humas Bangsring Underwater Shandi Sumarsono, ikut buka suara. Menurutnya, penyelaman akan dilakukan di wilayah perairan Bangsring sejak 21 Mei dan akan berakhir pada 22 Mei.
“Para nelayan sudah melakukan latihan selama satu bulan agar bisa beradaptasi dengan alat selam profesional,” jelas Shandi. Masyarakat umum pun bisa ikut terlibat di dalamnya. Syaratnya, harus memiliki sertifikat menyelam.
Jika ada sertifikat menyelam, masyarakat umum bisa dilibatkan sebagai  penyelam pendamping. “Jadi saat para nelayan menyelam, mereka akan melakukan monitoring pergerakan di bawah laut seperti jenis ikan yang ada, arus serta terumbu karang yang ditemukan dan nantinya akan dilaporkan ke darat. Laporan ini akan dijadikan data bagaimana kondisi underwater di perairan Bangsring yang menjadi tempat konservasi,” tambahnya.
Dan untuk lebih memberikan warna, di festival ini juga akan diadakan upacara pengibaran bendera bawah laut. “Akan ada juga penanaman 1.000 terumbu karang yang melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti Marine Education dan gerakan makan ikan,” urai Shandi. 
Lagi-lagi Arief Yahya menambahkan, Banyuwangi punya kalender event yang sangat bagus dan sustainable. Mereka sudah bisa membuat kalender event sejak awal tahun, dan dipublikasikan.
“CEO commitment sangat menentukan suatu daerah maju atau tidak! Kita lihat, belum habis memori orang untuk menikmati International Tour de Banyuwangi Ijen 2016, sudah disusul dengan Underwater Festival 2016 ini,” kata Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

Turis Jepang Suka ke Yogyakarta

Candi Borobudur (Ist) Wisatawan asal Jepang mengaku menikmati negeri ini ketika jalan-jalan ke Indonesia. Turis asal Negeri Matahari Terbit itu mengaku ketika berkunjung ke negeri ini tak lupa berkunjung ke

Airlines

Membanggakan, Wonderful Indonesia Tembus Gunung Aconcagua

Sabar Gorky (ketiga dari kiri) (Ist) Tim Ekspedisi Indonesia Raya membanggakan negeri ini yang membawa country branding, ‘Wonderful Indonesia’ telah menuntaskan misi pendakian Gunung Aconcagua di Mendoza, Argentina. Para pendaki

Festival

Es Bone Tank ala Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Es Bone Tank (Ist) Mentimun atau Bonteng dalam istilah bahasa Sunda merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dengan olahan tertentu. Menurut berbagai sumber, mentimun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan

Tour Package

Rayakan Tahun Baru di Hotel Santika Premiere ICE BSD City Berhadiah ke Bali

 TOTALLY 80’S (Ist) Tahun 2018 kini sudah di depan mata dan seperti biasa di berbagai tempat selalu menawarkan acara dengan tema yang berbeda-beda dan menarik untuk dikunjungi. Masih bingung menentukan

Tour Package

Temukan Cinta di Tahun Ayam Api

Sambut Valentine’s Day di grandkemang Jakarta (Ist) Tahun Baru 2017 sudah berjalan disertai dengan harapan dan resolusi baru. Karenanya grandkemang Jakarta telah menyiapkan beberapa perayaan spesial seperti Chinese New Year

Tour Package

PT Pelni Tawarkan Ship Xperience Destinasi Wisata Indonesia

Komodo di Indonesia (Ist) Gairah bisnis pariwisata bahari yang semakin moncer rupanya ditangkap PT Pelni. BUMN yang bergerak di sektor pelayaran ini menawarkan mimpi indah untuk eksplorasi alam laut Indonesia