Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Dirkeu Pelindo III Menerima Penghargaan dari Menpan RB

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist) 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan apresiasi atas karya inovasi publik yang dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Kedua karya inovasi tersebut adalah Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya serta Sistem Polder dan Drainase di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan, kedua karya inovasi tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara kalau kita perhatikan sudah seperti terminal penumpang yang ada di bandara. Ada pendingin udaranya, tempat pelaporan tiket dan bagasi, jembatan penghubung terminal dengan kapal (fasilitas garbarata). Ini memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kapal laut,” jelas Saefudin di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Selasa (5/4/2016) dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Untuk karya inovasi Sistem Polder dan Drainase yang berhasil mengatasi air limpasan saat laut pasang (rob), Saefudin mengungkapkan dengan adanya inovasi tersebut Pelabuhan Tanjung Emas sudah terbebas dari genangan air rob dan banjir.

Sebelum adanya Sistem Polder, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan kawasan langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut.

Hal itu terjadi akibat terjadinya penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang Utara. Penurunan permukaan tanah yang terjadi di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas berkisar antara 5-8 cm setiap tahunnya.

Alhasil, sewaktu-waktu air laut dapat meluap ke dermaga dan daratan yang mengakibatkan genangan dan banjir di kawasan pelabuhan.

Akibatnya operasional pelabuhan sering terganggu bahkan tak jarang berhenti beroperasi. “Sebelum adanya Sistem Polder dan Drainase sering dijumpai para calon penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Sesampainya di sana, terminal penumpang juga tergenang oleh air laut. Tapi sekarang hal itu sudah tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara serta Sistem Polder dan Drainase menjadi bagian dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Khusus kategori BUMN, Kementerian PAN dan RB menetapkan lima karya inovasi terbaik BUMN yakni Inovasi Pelayanan Prima Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali (PT Angkasa Pura I), Transformasi Pelabuhan Pontianak melalui Pembenahan Terminal Peti Kemas (Pelindo II).

Selanjutnya, Implementasi Sistem Polder dan Drainase untuk Mengurangi Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Pelindo III), Gapura Surya Nusantara Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional (Pelindo III), Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia (PT PLN). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Menanti UKM Perempuan Indonesia Promosi di Inggris

Press conference SheTrades Global 2018 di Sarinah, Jakarta (Ist) Womanpreneur Community (WPC) mendorong UKM perempuan yang tersebar di Indonesia yang memiliki orientasi ekspor untuk ikut partisipasi dalam ajang SheTrades Global

Culture

Sulut Sambut Turis Tiongkok

Putra Putri Sulut menyambut wisman Tiongkok kloter pertama pada 4 Juli 2016 lalu di Bandara Sam Ratulangi Manado (Ist) Sulawesi Utara (Sulut) mulai rutin dikunjungi wisatawan Tiongkok. Setelah 4 Juli

Culture

Menikmati Pisang Janda Takalar

Ilustrasi Pisang Janda di Takalar (Ist) Indonesia memang kaya akan cita rasa kuliner yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini. Bahkan, kuliner Indonesia pun semakin

SightSeeing

Nancy Margried Wakil RI dalam Asia 21 Young Leaders Class 2015

CEO Batik Fractal Nancy Margried menjadi wakil Indonesia dalam Asia 21 Young Leaders Class 2015 (Ist) Sosok satu ini mampu mendulang prestasi yang membanggakan Indonesia dalam pentas dunia. Ikut melestarikan

Culture

Parade 1001 Kuda Sandelwood Penuhi Pantai Walakiri

Parade 1001 Kuda Sandelwood (Ist) Pulau Sumba menunjukkan keeksotisannya, Wisatawan tumpah ruah. Mereka menyaksikan Parade 1001 Kuda Sandelwood. Event ini dipusatkan di Pantai Walakiri, Sumba Timur. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran

All About Indonesia

Ayi Putri Tjakrawedana Mengajar Menulis Indonesia-AS

Pelatihan menulis terbuka untuk publik dibuat oleh Ayi Putri Tjakrawedana dalam GESS (Global Educational Supplies and Solutions) 2016 yang dilanjutkan pelatihan menulis online bagi yang bergabung dalam kelasnya (Ist) Pelatihan