Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Dirkeu Pelindo III Menerima Penghargaan dari Menpan RB

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist) 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan apresiasi atas karya inovasi publik yang dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Kedua karya inovasi tersebut adalah Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya serta Sistem Polder dan Drainase di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan, kedua karya inovasi tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara kalau kita perhatikan sudah seperti terminal penumpang yang ada di bandara. Ada pendingin udaranya, tempat pelaporan tiket dan bagasi, jembatan penghubung terminal dengan kapal (fasilitas garbarata). Ini memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kapal laut,” jelas Saefudin di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Selasa (5/4/2016) dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Untuk karya inovasi Sistem Polder dan Drainase yang berhasil mengatasi air limpasan saat laut pasang (rob), Saefudin mengungkapkan dengan adanya inovasi tersebut Pelabuhan Tanjung Emas sudah terbebas dari genangan air rob dan banjir.

Sebelum adanya Sistem Polder, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan kawasan langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut.

Hal itu terjadi akibat terjadinya penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang Utara. Penurunan permukaan tanah yang terjadi di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas berkisar antara 5-8 cm setiap tahunnya.

Alhasil, sewaktu-waktu air laut dapat meluap ke dermaga dan daratan yang mengakibatkan genangan dan banjir di kawasan pelabuhan.

Akibatnya operasional pelabuhan sering terganggu bahkan tak jarang berhenti beroperasi. “Sebelum adanya Sistem Polder dan Drainase sering dijumpai para calon penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Sesampainya di sana, terminal penumpang juga tergenang oleh air laut. Tapi sekarang hal itu sudah tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara serta Sistem Polder dan Drainase menjadi bagian dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Khusus kategori BUMN, Kementerian PAN dan RB menetapkan lima karya inovasi terbaik BUMN yakni Inovasi Pelayanan Prima Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali (PT Angkasa Pura I), Transformasi Pelabuhan Pontianak melalui Pembenahan Terminal Peti Kemas (Pelindo II).

Selanjutnya, Implementasi Sistem Polder dan Drainase untuk Mengurangi Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Pelindo III), Gapura Surya Nusantara Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional (Pelindo III), Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia (PT PLN). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Festival Unik di Lembah Baliem

Indonesia memang kaya akan pesona, baik destinasi wisata dan keragaman budaya asli Nusantara yang membentang mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini. Dan, Festival Budaya Lembah Baliem 2015 akan

Investments

Menteri Pariwisata Arief Yahya Hadiri Rakor Insentif Investasi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya hadir pada rapat pembahasan insentif investasi untuk mendorong minat berinvestasi di Indonesia. Rapat tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin

Nature

Batik tak Akan Pernah Dilupakan

Batik Putra Fakhrudin (Ist) Batik merupakan kain khas Nusantara yang menjadi bagian budaya Indonesia yang beragam dan telah lama berkembang dan dikenal masyarakat negeri ini. Batik adalah ekspresi budaya yang

Travel Operator

Ketum FSKN Ajak Keluarga Besar Keraton Nusantara Cegah Terorisme

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat (Ist) Ketua Umum FSKN Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat Keraton Kasepuhan Cirebon mengutuk teror bom yang terjadi di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur telah memakan

Heritage

‘Aceh Harus Rebut Best Halal Destination 2016’

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri dan melakukan launching pagelaran Aceh Internasional Rapa’i Festival bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji Reza Pahlevi,

Travel Operator

Presiden Jokowi Naik Kereta Wisata akan Tingkatkan Wisatawan Gunakan Kereta Wisata

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata mengaku mendapat berkah dari Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta