Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Dirkeu Pelindo III Menerima Penghargaan dari Menpan RB

Direktur Keuangan PT Pelindo III U Saefudin Noer (kiri) menerima penghargaan dari Mepan RB Yuddy Chrisnandi (kemeja putih) (Ist) 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan apresiasi atas karya inovasi publik yang dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Kedua karya inovasi tersebut adalah Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya serta Sistem Polder dan Drainase di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan, kedua karya inovasi tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara kalau kita perhatikan sudah seperti terminal penumpang yang ada di bandara. Ada pendingin udaranya, tempat pelaporan tiket dan bagasi, jembatan penghubung terminal dengan kapal (fasilitas garbarata). Ini memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kapal laut,” jelas Saefudin di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Selasa (5/4/2016) dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Untuk karya inovasi Sistem Polder dan Drainase yang berhasil mengatasi air limpasan saat laut pasang (rob), Saefudin mengungkapkan dengan adanya inovasi tersebut Pelabuhan Tanjung Emas sudah terbebas dari genangan air rob dan banjir.

Sebelum adanya Sistem Polder, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan kawasan langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut.

Hal itu terjadi akibat terjadinya penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang Utara. Penurunan permukaan tanah yang terjadi di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas berkisar antara 5-8 cm setiap tahunnya.

Alhasil, sewaktu-waktu air laut dapat meluap ke dermaga dan daratan yang mengakibatkan genangan dan banjir di kawasan pelabuhan.

Akibatnya operasional pelabuhan sering terganggu bahkan tak jarang berhenti beroperasi. “Sebelum adanya Sistem Polder dan Drainase sering dijumpai para calon penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Sesampainya di sana, terminal penumpang juga tergenang oleh air laut. Tapi sekarang hal itu sudah tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara serta Sistem Polder dan Drainase menjadi bagian dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Khusus kategori BUMN, Kementerian PAN dan RB menetapkan lima karya inovasi terbaik BUMN yakni Inovasi Pelayanan Prima Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali (PT Angkasa Pura I), Transformasi Pelabuhan Pontianak melalui Pembenahan Terminal Peti Kemas (Pelindo II).

Selanjutnya, Implementasi Sistem Polder dan Drainase untuk Mengurangi Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Pelindo III), Gapura Surya Nusantara Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional (Pelindo III), Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia (PT PLN). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Menteri Pariwisata Puji Palembang Siap Sambut GMT 2016

Jadwal Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan pujian kepada sejumlah daerah, termasuk Palembang, Sumatera Selatan yang telah siap menyambut fenomena alam langka, gerhana matahari total

Nature

Kuliner Nusantara Disajikan di Kereta Wisata

President Director PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) didampingi direksi lainnya dalam press conference kereta wisata kelas Priority (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata berupaya melestarikan kuliner khas

Culture

Sering Traveling Jadi Punya Bisnis Ransel Anak yang Masuk Malaysia

Ayu Hermanu (kiri) (Ist) Bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis. Sosok satu ini jeli melihat peluang bisnis yang ada sehingga dirinya

Nature

Incar Wisman, Sumsel Siap Gelar BBTF 2017

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap menjadi pelaksana Bali and Beyond Travel Fair (BBTF)

Slideshow

Halimah Munawir Anwar Ikut Melestarikan Budaya Betawi

Pementasan Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’ (Ist) Halimah Munawir Anwar patut diberikan acungan jempol sebab ia dikenal begitu aktif terlibat melestarikan budaya Betawi. Itu terbukti ketika Halimah mempersembahkan Lenong Denes

Nature

Sambut GMT 2016, Gubernur Sumsel Promosikan Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Menyambut fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin begitu percaya diri mempromosikan potensi wisata yang