Menyelamatkan Jakarta dari Ancaman Tenggelam

susi dan darmono

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (keempat dari kiri) didampingi SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (ketiga dari kanan) (Ist)

Sebagai Ibukota Republik Indonesia, Jakarta kini tengah menghadapi ancaman tenggelam. Dengan memperhatikan ekologi lingkungan, maka Jakarta masih bisa diselamatkan.

Tak hanya itu, juga bisa menyelamatkan pulau-pulau lain di Indonesia yang juga menghadapi ancaman tenggelam. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  menyoroti kurangnya penghijauan di Jakarta.

Sebuah pulau, kata Susi, bisa tetap terapung karena memiliki banyak pohon yang berfungsi menyerap air layaknya spons. Penebangan yang bersifat masif membuat menurunnya permukaan tanah lantaran tak ada pohon yang menahan air.

“Semakin tinggi pohon-pohon di satu pulau, semakin besar daya apungnya,” katanya di diskusi ‘Penurunan Tanah & Kenaikan Air Laut, Ancaman Terhadap Jakarta’ di Gedung OLVEH di kawasan Kota Tua Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Pada kesempatan itu, SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta mendampingi Menteri Susi.

Darmono meminta dukungan kepada Menteri Susi untuk mengajak pengusaha nasional ikut memerhatikan Kota Tua.

Menteri Susi Resmikan Wajah Baru Gedung OLVEH

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan wajah baru gedung OLVEH (Onderlinge Levensverzekering Van Eigen Hulp) di seberang pintu selatan Stasiun Kota setelah direvitalisasi Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC).

Adapun peresmian tersebut dilakukan di Jakarta Kamis (17/3/2016). SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta hadir mendampingi Menteri Susi.

Keberadaan gedung yang dulunya merupakan salah satu kantor perusahaan asuransi Belanda ini menjadi sangat penting karena menjadi saksi permukaan tanah di Jakarta semakin turun.

Bahkan penurunan tanah di Gedung OLVEH sudah mencapai 95 cm. “Saya menyambut baik upaya merevitalisasi Gedung Olveh di kawasan Kota Tua ini. Karena sebagai bangsa yang baik, kita yang selama ini kurang awareseharusnya ikut merawat sejarah dengan merawat bangunan masa lalu,” ungkap Susi.

Saat melakukan proses eksekusi, tim Project Management JOTRC dan konsultan arsitektur dari Bhirawa Architects menemukan sejumlah temuan dan artefak menarik.

Salah satunya didapati di lantai dasar bangunan yang ternyata sudah turun 95 cm dari permukaan tanah sebagai tanda adanya ancaman besar di Jakarta akibat penurunan tanah dan kenaikan air laut. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Menanti Cerita Rakyat yang Menyertai GMT

Acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) selama ini yang terjadi di Indonesia selalu tak bisa dilepaskan dengan cerita rakyat. Bagi masyarakat negeri ini, cerita

Airlines

2019, Indonesia Siap Jadi Nomor Satu Wisata Halal

Wisatawan asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Tren wisata halal kian nyaring di industri pariwisata dunia. Karenanya Indonesia tak mau kalah dengan negara-negara lain, seperti Thailand,

Destinations

Jelang PATA Travel Mart 2016, Sky Lounge 15 Hotel Santika Premiere ICE BSD City Dibuka untuk Publik

Sky Lounge 15 Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Menjelang penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9

Tour Package

Trade Visitors Bisa Kunjungi PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) PATA membuka kesempatan bagi para trade visitor yang ingin melihat langsung PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten. Adapun event pariwisata

Nature

Pariwisata Flores Gencar Promosi

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyerahkan hadiah bagi juara umum lomba penulisan, foto, video, dan blog pariwisata Flores. AY, sapaan akrab Arief Yahya menyambut baik

Slideshow

Memotret Indonesia Saat Libur Lebaran 2016

Wisatawan menikmati destinasi wisata bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu (Ist) Pemerintah patut diacungi jempol lantaran berhasil dalam program Pesona Lebaran 2016. Kendati sempat menghadapi ancaman teror bom di Batam